Tool SEO Gratis Ini Bisa Mendukung Memaksimalkan Website Anda

Mengenali tool seo gratis untuk memaksimalkan sebuah situs web.

Dengan perubahan algoritma Google saat ini, sebaiknya Anda harus lebih pandai dalam memilih tool-tool yang diperlukan dalam persaingan SEO masa kini.

Ada beberapa tool yang selama ini mungkin tidak Anda sadari jika kehadirannya sangat membantu bahkan berperan sekali dalam urusan SEO.

Hebatnya lagi, semuanya bisa didapatkan secara gratis.

Tool dari Google ini memang bisa dibilang sangat familiar karena hampir semua praktisi SEO menggunakannya.

Nah, apakah Anda seorang pakar SEO? atau Anda justru belum sepenuhnya memahami SEO?

Jika Anda selalu memiliki kepentingan dalam optimasi mesin pencari, bukan saatnya untuk berdiam diri dalam menghadapai kompetisi yang semakin hari semakin banyak persaingan ini.

Bayangkan, ada 2 juta konten yang tiap hari diterbitkan. Lalu, bagaimana cara Anda agar bisa lebih unggul dari begitu banyak pesaing?

Tool pendukung SEO inilah yang kerap dilibatkan banyak blogger dalam mengoptimalkan situs webnya.

Tentu saja, Artikel SEO dan Berkualitas selalu menjadi andalan untuk dapat menjaring dan meningkatkan pengunjung blog hingga mereka benar-benar merasa terbantu menuntaskan semua masalahnya.

Ada beberapa tool gratis yang justru sering dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang dalam mengurus SEO.

Sangat disayangkan, karena ternyata tool-tool ini kurang menjadi perhatian bahkan cenderung dilupakan.

Sebagaimana sering dijumpai, kebanyakan artikel di internet hanya membahas tentang Google Analytics, Google Keyword Planer atau Google Search Console. Sementara tool pendukung lainnya sepertinya tidak dianggap.

Dalam hal ini, saya merangkum ada 5 tool gratis Google untuk SEO yang sering digunakan namun justru diabaikan.

5 Tool SEO Gratis Google yang Populer

1. Google Chrome

Pernahkah Anda berpikir bahwa kehadiran Google Chrome dapat membantu Anda dalam melakukan SEO?

Sudah pasti.

Jika saja Anda berpikiran bahwa Google Chrome mempunyai kesamaan dengan browser lainnya, itu salah besar. Google Chrome lebih baik dibanding yang lainnya untuk mendukung SEO.

Ini alasannya : Google Chrome memiliki berbagai ekstensi SEO yang dapat membantu Anda dalam membuat keputusan yang lebih baik tentang strategi SEO atau bisnis online.

Misalnya dengan adanya ekstensi SEO & Web Analisis adalah salah satu yang terbaik yang dapat ditemukan pada Google Chrome.

Dengan adanya ekstensi tersebut akan sangat membantu dalam melihat dampak dari strategi SEO yang Anda lakukan.

Bukan hanya itu, pada akhirnya Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik sehingga bisa melakukan perbaikan-perbaikan SEO.

Inilah salah satu ekstensi yang berkaitan dengan SEO.

tool seo gratis
SEO & Website Analysis

Mulai sekarang, pertimbangkan untuk ,menggunakan Google Chrome sebagai browser default Anda,sehingga dapat membantu dalam melakukan SEO.

2. Google PageSpeed Insights

Meningkatkan kecepatan loading pada sebuah situs merupakan satu tantangan bagi semua pemilik website dalam memanjakan setiap pengunjung yang datang.

Tentunya hal ini menjadi sangat penting dalam membangun sebuah blog yang baik.

Mungkin Anda pernah merasakan ketika mengunjungi sebuah situs namun loading terasa berat saat mencoba mengaksesnya.

Kira-kira apa yang lantas Anda lakukan ?

Tentu saja pergi dan mencari situs lain yang lebih mudah diakses.

Sama halnya dengan pengunjung lainnya saat berkunjung ke blog Anda dan mereka menginginkan sesuatu yang mudah dan sesuai seperti yang mereka harapkan.

Sekali lagi, kecepatan loading blog begitu penting perannya, dan itu akan menentukan kreadibilitas Anda sebagai pemilik website. Semua tergantung apa yang sudah Anda upayakan, seberapa besar usaha Anda agar bisa memanjakan semua visitor Anda sehingga mereka merasa nyaman.

Satu hal,

Seberapa cepat konten pada website Anda ketika diakses akan berdampak pada peringkat Anda di mata Google dan bagaimana pengguna dapat berinteraksi dengan nyaman ketika berada di blog Anda. Kecepatan loading website selalu berkaitan dengan SEO.

Untuk itu, Anda harus bisa memastikannya bahwa website Anda sangat cepat ketika diakses, setiap saat.

Ya, setiap saat.

Tidak ada kompromi untuk hal ini. Karena ini sangat menentukan kualitas blog bahkan kualitas pemiliknya.

Tool Google PageSpeed Insight ini akan menjadi penolong Anda mengatasi masalah ini.

Anda akan diberikan kemudahan dalam mendeteksi kecepatan loading situs web sehingga Anda dapat selalu melakukan perbaikan-perbaikan untuk selalu menjaga kestabilan kecepatan website Anda.

Bahkan untuk semua perangkat.
tool seo gratis googlePastikan untuk memeriksa kedua tab tersebut yaitu tab desktop dan tab mobile karena hal ini akan menentukan kecepatan blog atau website Anda.

Selain itu, tool Google PageSpeed Insight memberikan saran pada hal-hal yang harus memperbaiki. Dengan saran ini, Anda mungkin akan lebih mudah menemukan beberapa cara cepat untuk meningkatkan kecepatan situs web Anda.

Beberapa hal di bawah ini berpengaruh terhadap kecepatan situs, diantaranya:

  • Theme atau template blog. Anda bisa memilih template blog yang baik dan tentu saja responsive.
  • Hosting yang Anda gunakan. Coba pelajari beberapa cara memilih hosting untuk website Anda.

3. Google Mobile-Friendly Test

Ketika kita semua mengetahui, bahwa hampir 60% pengguna melakukan pencarian dengan menggunakan perangkat mobile.

Untuk itu sudah seharusnya Anda sebagai seorang yang memahami SEO menghindari dampak negatif saat website Anda belum mobile friendly.

Seperti yang Google jelaskan bahwa saat ini semua website diharuskan mobile friendly yang artinya mudah dan mengikuti sistem yang ada pada perangkat mobile.

Untungnya, raksasa mesin pencari (Google) memberikan kemudahan dengan menghadirkan sebuah tool.

Dengan bantuan alat Uji Google Mobile-Friendly ini, Anda hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk menentukan apakah website Anda adalah mobile friendly atau tidak.

Silahkan masukan URL blog Anda lalu klik “Analyze,” seperti pada gambar di bawah ini,

tool seo gratis google

Jika ternyata website Anda gagal dalam tes ini, segera lakukan perubahan secepatnya.

Jangan buang-buang waktu lagi karena dengan website versi mobile friendly akan berdampak pada peringkat Anda di mesin pencari bahkan jumlah lalu lintas organik pada blog Anda.

4. Google Trends

Menurut saya, alat ini cukup bagus untuk bisnis online. Namun justru kehadirannya jarang dilirik oleh pemasar online itu sendiri.

Google Trends dapat membantu Anda melihat topik yang sedang populer, sekarang. Bukan hanya itu, google trends dapat membantu Anda menemukan kata kunci. Silahkan baca bagaimana cara Anda Mencari kata kunci populer Menggunakan Google Trends

tool seo gratis googleDengan Anda memasukkan topik yang Anda incar, maka dengan lebih mudah Anda mendapatkan ide-ide untuk posting pada website.

Google Trends tidak selalu memberikan data yang langsung digunakan untuk mendapat keuntungan. Tapi dari perspektif SEO, tool ini bisa membantu Anda dalam mewujudkan langkah-langkah bisnis Anda.

Dengan menggunakan topik yang tepat maka tidak mustahil akan membawa banyak pengunjung organik ke website Anda.

5.YouTube

Siapa yang tidak kenal YouTube ?

Sepertinya terdengar aneh jika pada saat ini masih belum mengenal tentang YouTube.

saya masih ingat, ketika lebih dari 10 tahun yang lalu Google mengakuisisi YouTube dengan nilai satu miliar dolar. Wow.. Namun ternyata Google mampu memberikan jawaban dari banyak keraguan.

Bayangkan, saat ini Google telah berhasil menjadi Raksasa pemilik situs berbagi video terbesar di seluruh penjuru bumi. Kita bisa dengan mudah mencari dan melihat video tentang apapun yang Anda inginkan. Sangat mudah.

Nah, jika Anda menjadi salah seorang yang mulai mengerti SEO, tentu saja dengan adanya YouTube bisa menjadi salah satu yang dapat mendukung pekerjaan Anda dalam membangun blog.

Ada banyak manfaat untuk mendedikasikan bisnis online Anda dengan menggunakan video Youtube.

tool seo gratis googleBahkan salah satu yang dapat memanjakan pengunjung blog adalah dengan adanya konten yang lengkap.

Maksudnya begini,

Artikel yang baik adalah artikel yang kumplit, ada tulisan, gambar dan bahkan video. Ketika Anda bisa memberikan banyak hal bermanfaat untuk pengunjung, otomatis mereka betah dan akan kembali datang.

Tentu saja jika hal ini dikaitkan, maka Youtube menjadi salah satu yang dapat mendukung Anda dalam melakukan SEO. Bahkan jika jeli melihat peluang yang ada, saya yakin Anda bisa mendapatkan penghasilan uang dari Youtube.

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai tool SEO gratis milik Google.

Dengan memahami dan mendalami beberapa tool tersebut saya bisa pastikan bahwa Anda akan menjadi lebih baik dalam melakukan SEO.

Mulailah dari sekarang untuk segera membenahi strategi SEO agar dapat memastikan blog atau website meraih posisi halaman pertama Google serta pengembangan bisnis online Anda ke depan menjadi lebih terarah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment