Strategi Penjualan yang Efektif Menarik Minat Pelanggan

Ingin sukses berjualan?

10 teknik menjual yang baik pada artikel ini akan membantu Anda menarik minat pelanggan sehingga akan mampu meningkatkan penjualan produk Anda.

Sebelum mulai, simak dulu penjelasan di bawah ini agar Anda lebih memahami dan yakin atas apa yang akan dilakukan.

Sebenarnya kita semua memiliki “bakat menjual” karena pada dasarnya Tuhan telah memberikan kita hidup dengan “business of selling”, terlepas apakah kita pengusaha, sales marketing ataupun orang biasa.

Apapun job title yang Anda sandang saat ini, sebenarnya Anda adalah seorang penjual. Yang mana setiap keputusan yang diambil maka Andalah yang akan merasakan untung ruginya.

Karena itulah kita harus bisa menyikapi pemberian Tuhan tadi dengan cara bertanggung jawab atas resiko dari setiap keputusan yang diambil serta menerima resiko sebagai pemilik bakat tersebut.

Nah untuk tidak mengalami kerugian dalam pengambilan setiap keputusan itu, sangat diperlukan jiwa dan mental entrepreneurship dalam memanfaatkan bakat Anda.

Bagi seorang entrepreneur, mempunyai bakat menjual saja tidaklah cukup. Namun Anda dituntut untuk ahli dalam menjual. Menjual apapun yang bisa menguntungkan bisnis Anda.

Itulah yang harus Anda pelajari.

Teknik berjualan atau gaya berjualan setiap orang berbeda-beda. Tidak ada teori khusus yang dapat menggaransi teknik atau strategi tertentu pasti lebih sukses dalam menjual.

Namun yang harus Anda ingat adalah Anda akan menjual kepada manusia.

Jadi, tugas Anda adalah meyakinkan pelanggan atas apa yang Anda jual.

Ini lebih ke people skill.

teknik menjual yang efektif

Karena setiap manusia mempunyai kepribadian yang berbeda, maka Anda harus bisa mempelajari kemampuan Anda sendiri bagaimana menjadi seorang penjual yang handal.

Atau,

Anda bisa melakukan 10 cara ini agar mampu mempengaruhi pelanggan sehingga bisa meningkatkan penjualan Anda.

Strategi, Cara dan Teknik Menjual yang Efektif

1. Terpercaya

Emang ada yang mau membeli produk Anda jika Anda sendiri tidak dipercaya?

Mustahil.

Jika ingin penjualan Anda sukses, buat orang percaya atas diri Anda dan siapa Anda. Karena tanpa itu, siapapun tidak akan jadi pembeli produk Anda.

Lakukan 5 hal ini untuk membuat orang percaya kepada Anda.

  1. Ramah/baik
  2. Menghormati
  3. Memberi perhatian
  4. Menolong
  5. Memuaskan pelanggannya

Lihat uraiannya pada tab berikut ini :

[su_tabs][su_tab title=”Ramah dan baik” disabled=”no” anchor=”” url=”” target=”blank” class=””]Bersikap sopan saat berkomunikasi dengan bahasa dan etika yang benar. Awali pembicaraan dengan cara memperkenalkan diri dan tujuan Anda. [/su_tab] [su_tab title=”Menghormati” disabled=”no” anchor=”” url=”” target=”blank” class=””]Mendengarkan pelanggan berbicara merupakan cara Anda menghormati mereka. Dengarkan dan berusaha fokus atas apa yang mereka bicarakan atau mungkin keluhannya[/su_tab] [su_tab title=”Memberi perhatian” disabled=”no” anchor=”” url=”” target=”blank” class=””]Ketika pelanggan mengeluh tentang produk yang Anda jual, berikan mereka solusi dan perhatian dengan menjawab semua keluhannya dengan baik.[/su_tab] [su_tab title=”Menolong” disabled=”no” anchor=”” url=”” target=”blank” class=””]Bantu pelanggan agar bisa keluar dari masalah yang dialaminya mengenai produk Anda.[/su_tab] [su_tab title=”Memuaskan pelanggan” disabled=”no” anchor=”” url=”” target=”blank” class=””]Layani mereka sebaik mungkin dengan memberikan penjelasan mendetail mengenai apa yang mereka peroleh ketika membeli produk yang Anda tawarkan.[/su_tab][/su_tabs]

Anda harus mampu “menjual diri” Anda sendiri.

Profil Anda akan menjadi penentu saat Anda mulai menemukan relasi.

[su_quote]Jika pelayanan Anda tidak memuaskan, pelanggan Anda tidak akan memberitahukannya kepada 5 teman mereka, tetapi mungkin kepada 5000 orang temannya. (Jeffrey Bozes)[/su_quote]

Jadi Anda perlu mencurahkan segala hal yang diperlukan pelanggan untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap Anda.

2. Bersikap baik

Usahakan mereka tertarik pada Anda agar mereka bisa nyaman saat berbicara dengan Anda.

Jika Anda bertemu pelanggan langsung, gestur tubuh, sikap duduk dan bahasa tubuh akan sangat berpengaruh.

Duduklah dengan tegap, sedikit condongkan badan Anda ke arah mereka sebagai tanda Anda siap mendengarkan mereka.



Tatap matanya saat berbicara. Perlihatkan sikap santai, antusias dan bersemangat.

Buatlah pelanggan merasa yakin bahwa Anda adalah orang yang tepat bagi mereka.

[su_quote]Ketika Anda menyapa seseorang, tatap mata mereka dan sebutkan nama mereka. Itu tanda Anda menghormatinya. (Dave Thomas)[/su_quote]

Dalam berjualan, sikap yang baik dari Anda akan berpengaruh terhadap meningkatnya penjualan.

3. Siapkan Pertanyaan

Pertanyaan yang tepat akan menjadi cara untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, solusi yang dapat kita berikan dan menutup suatu transaksi.

Ajukan pertanyaan menarik bisa tentang hobi, keluarga atau apapun pembicaraan yang akan membuat pelanggan merasa rileks.

Galilah apa sebenarnya yang paling dibutuhkan mereka.

Setelah Anda mengetahui pasti tentang kebutuhannya, barulah Anda memperkenalkan produk yang akan dijual.

4. Mendengar

Kembangkan kemampuan untuk mendengarkan orang lain dan fokus pada pembicaraan yang pelanggan Anda lakukan.

Berikan komentar sedikit karena hal itu menunjukan bahwa Anda  mengikuti pembicaraannya.

Penjual yang baik akan selalu mendengarkan apapun keluhan dan kritik dari calon pelanggan.

Mendengar juga merupakan satu teknik menjual yang baik untuk menarik perhatian dan simpati pelanggan.

5. Benefit

Anda sebagai penjual, harus bisa menjelaskan dan memberi gambaran tentang apa saja yang diperoleh pelanggan nantinya setelah membeli produk Anda.

Buatlah pelanggan Anda sebagai seorang pahlawan.

Jangan pernah sia-siakan mereka.

Pelanggan adalah orang yang bisa berpengaruh besar terhadap kelangsungan bisnis Anda.

Ketika Anda membuat satu orang pelanggan merasa senang, maka Anda akan dengan mudah mendapatkan puluhan pelanggan lain.

Sebaliknya, ketika Anda membuat seorang pelanggan kecewa, maka Anda juga berpotensi untuk kehilangan puluhan pelanggan yang lain.

Untuk itu, jelaskan detail keuntungan buat mereka dari produk Anda, karena kita tahu bahwa semua konsumen hanya ingin diuntungkan.

6. Emosi

Ada kalanya membeli bukan berdasarkan perhitungan logika tetapi perasaan yang mempengaruhi pelanggan Anda sekarang.

Misalnya Anda menjual peralatan scurity, hanya akan berhasil apabila memang pelanggan mempunyai keinginan untuk memperoleh rasa aman.

7. Knowledge

Anda harus ditunjang oleh pengetahuan produk yang baik.

Ini dapat meningkatkan kreadibilitas Anda dan mempercepat proses closing.

Oleh karena itu terus meneruslah belajar dan kuasai produk Anda. Sehingga ketika pelanggan membutuhkan produk yang sejenis dengan yang Anda miliki, Anda mejadi orang pertama yang dipanggil mereka.

[su_quote]Kerjakan tugas  Anda dan kenali bisnis Anda lebih baik daripada siapapun. Kalau tidak, orang yang lebih mengenalnya dan bekerja lebih keras akan menyingkirkan Anda. (Mark Cuban Pendiri Broadcast.com)[/su_quote]

8. Diferensiasi

Anda harus berusaha membuat sesuatu yang istimewa dibanding kompetitor (saingan bisnis) Anda. Baik produk maupun diri Anda sendiri.

Anita Roddick sang pendiri The Body Shop menyatakan: “Apapun yang Anda kerjakan, kerjakanlah secara berbeda. Jika Anda berbeda, Anda akan menonjol.

Tentu saja kata-kata tersebut sangat berguna bagi seorang pengusaha. Itu adalah salah satu nasihat terbaik dalam rangka  memotivasi diri disaat membangun bisnis.

9. Menjadi Solusi

Jadikanlah solusi dan profesionalits Anda sebagai sesuatu yang lebih layak untuk dihargai dengan nilai tinggi.

Identifikasikan kebutuhan pelanggan Anda dan buktikan bahwa pekerjaan yang dipercayakan kepada Anda dapat Anda kerjakan dengan baik dan menjawab masalah mereka. Itulah solusi yang selalu dibutuhkan pelanggan.

Ketika Anda telah melakukannya dengan benar untuk pelanggan atau calon pelanggan Anda, maka kesuksesan akan mudah Anda raih.

10. Berikan Service

Memberikan service merupakan layanan purnajual yang dapat diberikan oleh Anda dalam rangka meningkatkan kepuasan pembeli.

Ingat satu hal,

Pelayanan purnajual akan memicu terjadinya penjualan yang berkelanjutan.

Menarik perhatian pelanggan dan memikat hatinya untuk terus membeli produk kita merupakan sesuatu yang susah-susah gampang.

Pelayanan yang baik bisa membuat perhatian pelanggan menjadi terarah langsung ke produk kita, namun sedikit saja kesalahan yang kita lakukan bisa menjadi bom waktu untuk bisnis kita.

Karena itulah jangan pernah lakukan kesalahan dalam menjual. Gunakan strategi yang tepat, diantaranya adalah 10 cara menjual yang sudah saya jelaskan di atas.

Semoga bermanfaat.

[clickToTweet tweet=”Pelanggan adalah satu-satunya atasan. Dan dia dapat memecat siapapun di perusahaan mulai dari ketua hingga karyawan, hanya dengan membelanjakan uangnya di tempat lain. ‘Sam Walton'” quote=”Pelanggan adalah satu-satunya atasan. Dan dia dapat memecat siapapun di perusahaan mulai dari ketua hingga karyawan, hanya dengan membelanjakan uangnya di tempat lain. ‘Sam Walton'” theme=”style3″]

Leave a Comment