Ingin Tahu Cara Berjualan di Marketplace? Baca Dulu Tips Ampuh Ini!

Suka berjualan di marketplace? saya punya satu rahasia untuk Anda bagaimana bisa sukses berjualan online di semua marketplace serta mendapatkan pelanggan tetap setia pada Anda.

Mau tahu? silahkan lanjut membacanya hingga tuntas, karena Anda akan mendapatkan satu pelajaran berharga yang saya yakin sebelumnya belum pernah Anda dapatkan.

Pada artikel lalu, saya sudah menulis tentang cara jenius berjualan di Tokopedia sebagai salah satu marketplace Indonesia terkenal saat ini.

Mudah-mudahan secara umum, Anda telah memahami apa yang saya maksudkan dari artikel tersebut.

Harusnya sih langsung bisa Anda terapkan. Kalaupun belum, coba Anda baca ulang lebih seksama.

Sebelum saya membagi rahasianya untuk Anda, ada baiknya saya jelaskan terlebih dahulu pengertian marketplace. Karena mungkin saja sebagian dari Anda belum mengetahuinya.

Pengertian Marketplace

Marketplace arti paling sederhananya adalah pasar online. Tempat bertemunya antara pembeli dengan penjual disebuah tempat di internet.

Penyedia tempat itulah yang sekarang kita kenal dengan beragam nama, seperti:

Di atas adalah beberapa marketplace besar saat ini yang menjadi media dan memfasilitasi penjual serta pembeli melakukan transaksi online.

Tentu saja, tiap marketplace mempunyai strategi dan cara yang berbeda dalam mengembangkan bisnisnya.

Setiap marketplace memiliki karakter dan target yang berbeda. Misalkan OLX untuk barang bekas, Tokopedia dan bukalapak untuk jualan produk baru secara retail, sementara ada marketplace lainnya yang khusus bagi Anda yang menjual produk secara grosir atau wholeseller.

Untuk itu penting bagi Anda memilih marketplace yang paling tepat untuk produk yang Anda jual. Pahami juga sistem dan ketentuan yang diterapkan dalam marketplace tersebut.

Tapi ada hal sama yang mereka lakukan, yaitu :

Kebanyakan perusahaan marketplace tidak menjual produknya sendiri, mereka tidak punya stok produk, mereka hanya menyediakan fasilitas dan sistem agar transaksi antara penjual dengan pembeli bisa mudah dan aman dilakukan.

Jadi inti berjualan di marketplace berarti berjualan di pasar online.

Sudah paham?

Ada orang yang bilang jika jualan di marketplace itu enak, namun tidak sedikit yang justru mengeluh karena tidak merasakan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.

Yang banyak mengeluh itulah mungkin yang tidak mengetahui strateginya untuk berjualan cerdas di marketplace.

Karena itulah pada kesempatan yang baik ini saya ingin berbagi dengan Anda sebuah rahasia sukses berjualan di marketplace.

Cara Berjualan di Marketplace Agar Menarik Pembeli

Berjualan tapi tidak cukup menarik bagi pembeli, PERCUMA!. Saya jamin, toko Anda akan sepi.

Masih gak percaya?

Saya kasih contoh,

Saya buka toko, tapi saya tidak pernah memberi nama toko saya. Barang yang saya jual juga tidak lengkap. Banyak model produk tapi tidak jelas.

Tokonya tidak tertata dengan baik.

Kira-kira, jika Anda sebagai pembeli apa yang Anda lakukan, tetap berbelanja atau cari lagi toko lain?

Bisa saja Anda tetap berbelanja, tapi bisa jadi besok-besok tidak bakal datang lagi. Kebanyakan orang sih akan memilih pergi dan mencari toko lain yang lebih jelas (lebih baik).

Pembeli jelas saja akan berpindah ke toko lain. Toko saingan Anda sangat banyak di sekeliling Anda. Parahnya lagi, toko lain lebih baik dari toko Anda.

Itulah sebabnya, berjualan itu harus bisa menarik minat pembeli. Salah satunya dengan menampilkan toko Anda yang menarik.

Jualan online ataupun offline pada dasarnya sama saja, harus bisa menarik minat pembeli! Begitu juga saat Anda berjualan di marketplace.

berjualan di marketplace
Pembeli akan berpindah ke toko saingan Anda.

Apa hanya cukup toko saja yang harus dibuat menarik?

Tentu jawabannya TIDAK.

Masih banyak hal yang harus Anda persiapkan untuk berjualan di marketplace agar suskes. Inilah selengkapnya:

1. Lihat Siapa Diri Anda

Seperti halnya memulai usaha sendiri, saat Anda berjualan di marketplace-pun baiknya bisa disesuaikan dengan passion Anda. Sebetulnya ini tidak wajib dilakukan, namun hal ini menurut saya harus menjadi pertimbangan.

Begini,

Banyak orang sukses cenderung percaya bahwa apa yang menjadi passion kita akan lebih mudah dikembangkan dalam bisnis.

Sebetulnya ini bukan sebuah rumus, tapi ini juga bisa menjadi rumus.

Saat Anda ingin memulai berjualan, coba perhatikan diri Anda, hobi Anda, kesukaan Anda atau mungkin cita-cita Anda.

Kaitkan dengan rencana produk/barang yang akan Anda jual di marketplace.

Semakin Anda menyukai produk yang Anda jual, biasanya akan semakin bertambah semangat untuk mempelajari lebih tentang produk-produk tersebut.

Semakin Anda pintar, maka semakin Anda menguasai produk yang Anda jual berarti semakin cerdas Anda menentukan target pembeli sehingga lebih mudah menarik minat mereka.

Dan itulah salah satu strategi cerdas berjualan.

2. Kenali Produk Anda

Sudah dijelaskan di poin pertama bahwa jika Anda menyukai dan mengenali produk Anda, maka Anda akan mudah menjelaskan secara detail produk yang dijual dan membaca trend pasar.

Dengan begitu, Andapun bisa meningkatkan penjualan lebih dahsyat lagi dengan mengembangkan produk sebaik mungkin melebihi kompetitor atau saingan-saingan Anda.

3. Kenali Saingan Anda

Ibarat berperang, ada pepatah mengatakan:

Kenali musuhmu, maka kemenangan berada ditanganmu.

Ini tidak ada bedanya dengan Anda berjualan. Mengenali pesaing Anda untuk bisa mengalahkan mereka dan menarik perhatian pembeli ke tempat Anda.

Jelas saja ini tidak mudah. Lagi-lagi butuh strategi.

Lalu, strategi seperti apa?

Buat pembeda dari pesaing Anda! Caranya?

A. Toko harus lebih baik dari pesaing Anda

  • Menggunakan nama toko dan tagline yang mudah diingat
  • Memasang fhoto real dan menarik
  • Menulis judul produk yang informatif dan menarik
  • Deskripsi produk lengkap dan jelas

B. Jual produk dengan harga terbaik

Ingat, harga terbaik bukan sekedar murah. Tidak selalu dengan Anda memberi harga termurah lantas diserbu banyak pembeli.

Belum tentu! Justru seringkali malah menimbulkan kecurigaan di benak pembeli tentang barang yang Anda jual.

Jadi hati-hati dalam memberikan harga.

C. Berikan sesekali harga promo

Karena begitu ketatnya persaingan di pasar online ini, tidak ada salahnya jika Anda memberikan sesekali promosi harga serta kalimat penawaran yang menarik sehingga dapat menjadikan pengunjung membeli produk di toko Anda.

Anda bisa melakukannya setiap minggu di akhir pekan.

4. Perhatikan dan Kenali Pelanggan Anda

Karena target utama Anda adalah untuk mendapatkan pelanggan setia, maka faktor terpenting berjualan di marketplace adalah mengenali dan memperhatikan pelanggan.

Sejak awal Anda berjualan, wajib bagi Anda untuk menargetkan siapa calon pembeli dari produk yang Anda jual. Ini sangat penting karena pembeli adalah raja buat Anda.

Makanya, untuk menentukan produk yang dijual hendaknya perhatikan selalu targetnya.

Pilih demografi yang spesifik sebagai target market

Anda harus menganalisa target market Anda berdasarkan kebutuhan mereka akan sebuah produk atau service yang Anda jual. Berikut beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan target market:

  • Umur
  • Lokasi
  • Gender
  • Pendapatan Perbulan
  • Tingkat Pendidikan
  • Status
  • Pekerjaan
  • Latar Belakang Etnis

Ketika Anda sudah bisa menentukan dan mengenali karakter target pembeli, itu akan membuat Anda lebih mudah mengetahui kapan waktu mereka biasa online dan berbelanja.

Contoh,

Anda menjual produk kecantikan. Target Anda adalah wanita mulai usia 20-40 tahun. Mulai dari mahasiswi sampai ibu-ibu rumah tangga.

Sering kali mereka online antara pukul 15.00-17.00 sore hari dan 19.00-22.00 di malam hari.

Di saat-saat itulah Anda harus selalu siap.

Kalau sudah niat untuk jualan online, Anda harus fokus dan serius. Nggak ada alasan untuk lelet menanggapi respon pelanggan Anda. Jangan sampai mereka berpaling ke saingan Anda cuma karena Anda telat menanggapi pesanan mereka.

Buatlah semua pembeli bahkan pelanggan Anda nyaman dengan toko dan semua pelayanan Anda.

5. Aktif di Media Sosial untuk Promo

Bagi Anda yang sedang berjualan online, adanya media sosial seharusnya dijadikan kesempatan baik untuk mempromosikan produk atau toko Anda di marketplace.

Jangan buang-buang waktu hanya dengan update status yang tidak bermanfaat.

Jalin komunikasi yang baik dengan teman-teman Anda di media sosial. Atau Anda bisa lakukan ini:

  • Optimalkan “Bio” pada sosial media Anda
  • Bergabunglah dengan Google Plus dan aktiflah pada media tersebut
  • Berinteraksi lewat “Google Plus Hangouts”
  • Gunakan “Twitter Lists”
  • Gunakan LinkedIn agar terhubung dengan para ahli dalam bidang produk yang sama dengan yang Anda jual
  • Mulai (atau bergabung) dengan grup-grup Facebook
  • Promosi via Instagram
  • Berbicara dengan orang-orang yang “punya kesamaan” dengan Anda
  • Memberi komentar di Blog

Ingat, lakukan dengan sebaik mungkin. Ada etika-etika yang harus Anda terapkan dalam promosi di media sosial. Jangan melakukan spam dengan terlalu membabi buta membagikan link toko marketplace Anda.

Menciptakan keajaiban pada media sosial adalah dengan tetap konsisten.

6. Database Pelanggan adalah Aset

Bonus++

Database pelanggan adalah Rahasia Hebat Berjualan di Marketplace yang ingin saya jelaskan untuk Anda.

Masih banyak pebisnis online tidak menyadari bahkan sama sekali tidak mengetahui bahwa database pelanggan adalah kekuatan yang dahsyat untuk bisa selalu menjadikan pelanggan-pelanggan Anda tetap setia pada Anda.

Saya ada sedikit cerita,

Saya agak terkejut ketika mendengarkan beberapa teman saya yang selama ini ikut meramaikan berjualan di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan ada beberapa yang lainnya membiarkan database pelanggan yang telah mereka dapatkan.

Lah kok bisa? Database pelanggan itu adalah aset.

Saya harap Anda tidak seperti mereka. Namun jika iya sekalipun, saya ingin Anda mulai saat ini coba buka kembali data-data penjualan Anda dan segera catat ulang data-data pembeli Anda, seperti:  nama, alamat email, dan terutama nomor telepon mereka.

Atau hal lainnya yang berkaitan dengan data mereka, nomor WA atau PIN BB dan Line.

Memangnya untuk apa?

Begini,

Berjualan di marketplace bisa dibilang enak karena traffik atau pengunjungnya yang sangat luar biasa banyak setiap harinya.

Tapi jika pengunjung yang sudah menjadi pembeli bahkan sudah menjadi pelanggan tidak Anda ‘jaga’, maka sangat disayangkan sekali.

Dengan database itulah semuanya bisa dilakukan. Anda dapat selalu menjalin komunikasi yang baik dengan mereka. Membangun relasi serta memberikan informasi yang menarik untuk mereka dengan mengirimkan konten yang bermanfaat.

Sesekali promosi toko dan produk terbaru Anda.

INGAT! SESEKALI SAJA PROMOSINYA jika Anda tidak ingin diblok!

Mungkin Anda bertanya, caranya seperti apa?

Anda bisa sapa mereka lewat telepon, SMS, WA, email atau apapun dari data mereka yang Anda ketahui. Selalu pergunakan kata-kata yang sopan namun menarik.

Jalin kedekatan antara Anda dan semua pelanggan Anda, sehingga mereka akan selalu ingat Anda jika satu waktu mereka ingin berbelanja online.

Inilah yang disebut pelanggan setia. Anda peduli dan mereka akan membalasnya dengan membeli. Itulah prinsip berjualan.

Bayangkan, jika Anda punya 100, 200 atau 500 pelanggan dan mereka ingat Anda sehingga mereka kembali berbelanja ke toko Anda.

Hmm.. dahsyat!

Jika cara ini diterapkan, saya yakin pelanggan Anda akan selalu setia pada Anda, mereka akan merasa dihargai dan lebih mempercayai Anda karena Anda sangat profesional.

Dan satu hal, strategi ini sangat POWERFULL untuk meningkatkan penjualan di toko Anda.

Mulai saat ini, simpan database pelanggan Anda lalu segera sapa mereka!

Itulah beberapa cara berjualan di marketplace yang bisa saya jelaskan.

Sebelum menutup artikel ini kembali saya uraikan sedikit tentang kelebihan dan kekurangan berjualan di marketplace agar Anda bisa memahami lebih dalam tentang marketplace atau pasar online.

Saya mulai dari :

Kelebihan Berjualan di Marketplace

Gratis

Saat ini, marketplace di Indonesia masih memberikan akses gratis bagi siapapun yang ingin mendaftar dan bergabung di marketplace.

Mudah dan Simple

Tentu saja berjualan di marketplace sangat mudah dilakukan, hanya dengan modal nomor handphone dan email untuk mendaftar.

Bahkan Anda bisa langsung upload produk Anda dan berjualan.

Baiknya lagi Anda tidak perlu repot menghitung ongkos kirim karena sistem telah menghitung secara otomatis.

Support Mobile Shopping 

Kemudahan lain yang didapat adalah dengan adanya mobile apps yang support dengan semua marketplace.

Sehingga semua kegiatan buyer atau seller bisa diakses melalui aplikasi mobile.

Bahkan beberapa survey telah menyatakan bahwa transaksi online melalui mobile phone menempati urutan tertinggi dibandingkan dengan menggunakan komputer/desktop.

Aman dalam Pembayaran

Dulu, orang banyak merasa khawatir saat transaksi online. Dan itu sangat wajar karena begitu banyaknya kejadian penipuan di internet.

Namun saat ini pihak marketplace telah merubah pandangan itu semua.

Dengan menggunakan rekening bersama sangat bermanfaat baik bagi pembeli maupun pedagang karena akan lebih menjamin dari sisi keamanan bahkan dengan hadirnya rekening bersama bisa membuat konsumen lebih nyaman dalam berbelanja.

Banyak Produk Tersedia

Banyak produk tersedia di marketplace sehingga memudahkan pembeli untuk memilih berbagai macam pilihan produk dan membuat konsumen menjadi semakin betah berbelanja di marketplace.

Tentu saja karena hal demikian, peluang untuk produk Anda terjual semakin besar.

Kekurangan Berjualan di Marketplace

Ketatnya Persaingan

Karena ini adalah pasar online maka produk Anda bisa mudah dijangkau oleh jutaan calon pembeli potensial, tapi disana juga ada jutaan penjual lain yang menawarkan produknya.

Persaingan kualitas dan harga yang ketat seperti ini biasanya membuat Anda harus sedikit mengorbankan margin keuntungan.

Atau, Anda bisa mempelajari beberapa strategi lain untuk bisa mengatasi ketatnya kompetisi ini.

Lebih Berorientasi Pada Pembeli

Marketplace sangat berorientasi pada pembeli, dan penjual hanya diberikan hak terbatas untuk beberapa situasi berbeda.

Saya kasih contoh,

  • Pembeli bisa menulis review positif dan negatif tanpa persetujuan seller
  • Aturan return barang yang lebih mempermudah pembeli dibandingkan penjual
  • Pihak marketplace bisa langsung menutup akun penjual yang banyak di-complain, tanpa mendengar pembelaan dari sisi penjual.

Bergantung pada Situs Marketplace

Karena yang Anda gunakan adalah situs dari penyedia marketplace, maka semua aturan ditetapkan pihak marketplace.

Bahkan sekalipun mereka ingin menutupnya, Anda tidak punya wewenang apapun untuk membantahnya.

Pada akhirnya, jika Anda ingin memulai berjualan di marketplace bahkan untuk seorang pemula sekalipun, selalu ingat akan komitmen berjualan di bawah ini:

Ketika konsumen datang dan membeli di toko Anda, berikan produk yang bagus, kemasan rapi, dan pelayanan cepat sehingga mereka berminat untuk balik lagi ke toko Anda berikutnya.

Kepercayaan adalah hal yang penting dibangun dalam bisnis online.

Beri sentuhan personal dan buat pelanggan Anda nyaman bersama Anda saat bertransaksi.

[alert-note]

Baca : Cara Meningkatkan Omzet Penjualan di Tokopedia

[/alert-note]

Demikian akhir dari artikel ini tentang cara berjualan di marketplace. Semoga bermanfaat.

8 thoughts on “Ingin Tahu Cara Berjualan di Marketplace? Baca Dulu Tips Ampuh Ini!”

  1. Artikelnya sangat bermanfaat bagi saya yang mempunyai usaha sebagai agen tunggal sandal sancu.

    semoga info artikelnya bermanfaat buat usaha sandal sancu saya dan usaha pembaca lainnya.

    terimakasih

    Reply

Leave a Comment