“Istri Idaman” Adalah Makhluk yang Didamba Insan Pria.

Istri idaman adalah mahluk yang sangat didamba banyak pria di dunia.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki istri yang baik untuk pasangan hidup? Semua pria pasti merindukannya.

Istri yang baik dan bisa membahagiakan suaminya merupakan impian suami sekaligus harapan semua semua laki-laki normal.

Yang kerap menjadi persoalan, untuk mendapatkan calon istri idaman ternyata tidaklah mudah. Bahkan bisa dibilang sangat sulit.

Ini bukan tanpa alasan,

Seorang istri merupakan pasangan, bagian dan teman dalam hidup untuk waktu yang tidak sebentar. Bisa bertahun-tahun atau mungkin seumur hidup hingga maut memisahkan.

Karena itulah, pandai-pandailah dalam mencari calon istri.

Berusahalah sebisa dan selektif mungkin saat memilih dan menentukan calon istri untuk teman hidup Anda.

Jika saja Anda salah memilih dan tidak jeli dalam menentukan siapa calon istri Anda, maka bisa dipastikan kalau Anda akan menyesalinya nanti dengan penyesalan yang sangat dalam.

[alert-note]

Baca : Faktor Penyebab Perceraian dalam Rumah Tangga

[/alert-note]

istri idaman

Pernikahan sekali seumur hidup merupakan charapan dan keinginan semua pasangan. Bahkan, pernikahan sekali seumur hidup selalu menjadi do’a bagi setiap manusia.

Dari sinilah berawal munculnya kriteria pendamping hidup.

Bukan hanya mengenai fisiknya saja, namun beberapa hal juga harus Anda semua pahami tentang bagaimana kriteria calon istri idaman bagi seorang pria.

Disini saya akan menguraikan hal apa saja yang menjadi kriteria calon istri idaman bagi pria. Saya akan membagi menjadi dua bagian,

  1. Kriteria Calon Istri Idaman Bagi Pria secara Umum
  2. Kriteria Calon Istri Idaman Bagi Pria secara Islam

Saya akan uraikan satu persatu untuk Anda.

6 Kriteria Calon Istri Idaman bagi Pria secara Umum

Simak saja kriteria-kriterianya di bawah ini,

1. Setia dan Berkomitmen

Tentu saja wanita dengan kriteria ini sangat dicari banyak pria.

Wanita yang dapat menjaga kesetiaannya dan punya komitmen kuat dalam dirinya, sangat besar kemungkinan akan menjadi seorang istri yang baik pada kehidupan rumah tangganya kelak.

Untuk itu, segera kenali kriteria calon istri seperti ini di sekeliling Anda mulai sekarang.

2. Pengertian

Seorang calon istri yang disukai pria adalah wanita yang mempunyai sikap pengertian.

Artinya begini,

Para pria sangat ingin mendapatkan pasangan yang nantinya akan lebih bisa mengerti dirinya, tentunya dalam hal positif.

Sebagai contoh,

Saat Anda harus pulang kerja agak telat karena harus lembur, keluar kota karena urusan kantor, saat melakukan kegiatan sosial atau mungkin hal kecil lainnya ketika hobi Anda menonton bola di rumah, sehingga pasangan bisa paham dan mengerti untuk situasi seperti itu.

Bukan cuma itu, para pria berharap agar istrinya kelak dapat menerima dan mendukungnya.

3. Pintar dan Cerdas

Para pria berharap untuk pasangannya kelak adalah wanita yang pintar dan cerdas.

Wanita pintar akan bisa memotivasi pasangannya dalam banyak hal. Bukan cuma itu saja, wanita yang cerdas dan pintar diharapkan akan bisa menjadi ibu rumah tangga yang serba bisa atau multi talenta‎.

Beberapa pria bahkan beranggapan bahwa wanita yang pintar dan cerdas akan lebih terlihat seksi dimata pria.

Pria tidak saja menginginkan wanita yang bisa mengurus rumah dan anak-anak, namun lebih dari itu. Pria cenderung menginginkan teman bicara.

Nah wanita yang mempunyai kepintaran dan kecerdasan, dinilai lebih mudah dan enak saat diajak diskusi atau bicara.

4. Cantik dan Menarik

Tentu saja wanita cantik dan menarik sangat diidamkan banyak pria sebagai calon istrinya.

Tidak bisa dipungkiri, pertama kali pria tertarik pada wanita tentu karena penampilan fisiknya.

Karenanya, wanita seperti ini sungguh akan banyak pria yang mengejar bahkan berpikir untuk segera menikahinya.

Banyak hal yang menjadi pertimbangan pria kenapa menginginkan wanita yang terlihat cantik dan menarik.

Biasa pria mempunyai alasan yang umum, saat diajak kondangan atau ketemu bersama keluarga atau kerabat tidak membuat malu karena penampilannya.

5. Dewasa

Wanita dewasa akan terlihat begitu matang dalam sikap dan juga prilakunya. Hal seperti inilah salah satu kriteria wanita yang merupakan idaman pria sebagai calon istrinya.

Para pria tidak mau bersusah payah untuk mengurus wanita yang hobinya menangis, cengeng dan mudah marah.

Karena pria berpikir bahwa seorang istri justru seharusnya bisa membuat suaminya selalu merasa nyaman dan betah di rumah.

6. Pintar Memasak

Pria di era sekarang memang tidak mempermasalahkan kalau istrinya nanti bisa bekerja atau mempunyai kesibukan lain di luar rumah.

Namun, diharapkan wanita akan tetap dapat mengingat dan menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga yang salah satunya bisa memasak.

Biasanya para suami lebih menginginkan masakan hasil istrinya di rumah ketimbang membeli atau jajan di luar. Masakan istri jauh lebih enak dibandingkan dengan masakan hasil olahan di warung.

Untuk itulah wanita yang pandai memasak menjadi kriteria calon istri idaman bagi pria.

4 Kriteria Calon Istri Idaman Bagi Pria secara Islam

Dalam Islam selalu diajarkan bahkan telah diatur tantang banyak hal yang terjadi dalam kehidupan ini termasuk juga urusan jodoh.

Bagaimana para pria harus menyiapkan dan mengetahui tentang kriteria calon istri yang baik menurut pandangan Islam.

Terikatnya janji suci antara dua insan dalam sebuah pernikahan adalah hal yang sangat diperhatikan dalam agama Islam.

Bukan cuma itu, Islam juga menganjurkan dalam mencari pasangan hidup merupakan hal yang harus serius untuk diperjuangkan.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

ثلاث جدهن جد وهزلهن جد: النكاح والطلاق والرجعة

“Tiga hal yang seriusnya dianggap benar-benar serius dan bercandanya dianggap serius: nikah, cerai dan ruju.’” (Diriwayatkan oleh Al Arba’ah kecuali An Nasa’i. Dihasankan oleh Al Albani dalamAsh Shahihah)

Kenapa pernikahan dianggap sesuatu yang harus dianggap serius?

Salah satunya karena pernikahan merupakan satu ikrar yang dilakukan dua orang insan dan saling terikat untuk menjadi teman hidup bukan sekedar untuk satu atau dua hari saja, namun untuk selamanya sampai usia memisahkan, Insya Allah.

Jika demikian, merupakan salah satu kemuliaan syariat Islam bahwa orang yang hendak menikah diperintahkan untuk berhati-hati, teliti dan penuh pertimbangan dalam memilih pasangan hidup.

Tapi sayang, yang terjadi adalah banyaknya pasangan yang menikah tidak peduli bahkan meremehkan anjuran-anjuran dalam pandangan Islam tersebut.

Sehingga pernikahan mereka cenderung tidak mempunyai kekuatan dan pada akhirnya rentan terhadap cobaan dan godaan dalam perjalanannya.

Perceraianpun seringkali tidak dapat dihindari, Naudzubillah ..

[alert-note]

Baca : Cara Mudah Melupakan Mantan Kekasih

[/alert-note]

Lalu, kriteria calon istri idaman menurut pandangan Islam seperti apa saja ?

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Perempuan dinikahi karena empat faktor. Karena Hartanya, Nasabnya/keturunannya, Kecantikannya dan karena Agamanya. Maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama, engkau akan beruntung.” 

(HR Bukhari, Muslim, al-Nasa’i, Abu Dawud Ibnu Majah Ahmad ibn Hanbal, dan al-Darimi dalam kitabnya dari sahabat Abu Hurairah RA)

Hadist tersebut sangat jelas mengisyaratkan bahwa ada 4 hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih kriteria calon istri idaman suami yaitu karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan agamanya.

Namun ada satu penekanan pada akhir hadist tersebut bahwasannya Agama merupakan perihal penting yang pertama harus Anda perhatikan agar Anda beruntung.

Baiklah akan saya coba uraikan satu persatu,

1. Taat Beragama

Kriteria Calon Istri Idaman Bagi Pria menurut Islam yang pertama adalah yang taat agamanya.

Firman Allah,

“Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang Mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun ia menarik hatimu … .” (QS. Al Baqarah : 221)

Sangat jelas bahwa Allah sangat tidak menyukai wanita-wanita yang musyrik untuk Anda nikahi. Allah memerintahkan kepada semua pria untuk mencari pendamping hidupnya wanita yang mukmin dan taat agamanya.

Untuk Anda, coba perhatikan firman Allah di atas.

Renungkan baik-baik bahwa memang wanita yang taat agamanya akan lebih indah dan sangat layak untuk Anda pilih menjadi calon pendamping hidup Anda dibandingkan wanita-wanita biasa yang jauh dari kebaikan-kebaikan yang diperintahkan Allah.

Kembali Allah berfirman :

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula) … .” (QS. An Nur : 26)

Jika Anda merasa menjadi pria yang baik, maka sudah selayaknya Anda juga mendapatkan calon pendamping hidup dari wanita yang baik juga.

Dari firman-firman di atas sudah sangat jelas, semua kembali kepada Anda.

2. Cantik

Tentu saja wanita cantik selalu dilirik banyak pria.

Islam juga memberikan penjelasan bahwa memang wanita cantik harus menjadi pertimbangan bagi para pria dijadikan pendamping dalam hidupnya.

Kenapa harus cantik?

Hal tersebut sejalan dengan tujuan dari pernikahan, yaitu untuk menciptakan ketentraman dalam hati. Kecantikan dari pasangan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan ketentraman hidup berkeluarga itu sendiri.

Allah Ta’ala berfirman,

“Dan di antara tanda kekuasaan Allah ialah Ia menciptakan bagimu istri-istri dari jenismu sendiri agar kamu merasa tenteram denganya.” (QS. Ar Ruum: 21)

Rasulullah SAW dalam sebuah hadistnya juga menyebutkan tentang kriteria ini.
“Jika memandangnya, membuat suami senang.” (HR. Abu Dawud. Al Hakim berkata bahwa sanad hadits ini shahih)

3. Nasabnya atau Keturunannya

Banyak orang yang mengabaikan tentang ini. Pria seringkali terlena karena faktor lain dari wanita idamannya, sehingga lupa mengenai silsilah keturunannya dari wanita tersebut.

Kenapa seorang pria penting melihat silsilah keturunan dari wanita idamannya sebelum Ia jadikan istri.

Begini,

Kita cenderung bahkan selalu beranggapan bahwa keluarga berperan besar dalam mempengaruhi ilmu, akhlak dan keimanan seseorang.

Jika keluarganya baik, maka bisa dipastikan anak-anaknya juga seseorang yang baik. Pandangan seperti ini sangat sederhana, tapi memang sangat masuk akal dan bisa diterima.

Untuk itu sangat disarankan bagi Anda agar senantiasa berhati-hati dalam memilih kriteria calon istri idaman.

Nasab atau keturunannya menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan dan tentunya selektif dalam memilihnya.

4. Hartanya

Maksudnya begini,

Rasulullah menganjurkan agar memilih pasangan hidup yang setara dalam agama dan status sosialnya. Tidak dipungkiri banyak pernikahan yang tidak dapat bertahan karena perbedaan ini.

Salah satu hikmah dari anjuran ini adalah kesetaraan dalam agama dan kedudukan sosial dapat menjadi faktor utuhnya hidup berumah tangga.

Sangat jelas kini bahwa jika Anda mendapatkan wanita idaman dengan memenuhi 4 kriteria tadi maka InsyaAllah pernikahan Anda nanti senantiasa tentram, bahagia dan tentunya langgeng. Amin ..

Pernikahan sekali seumur hidup selalu menjadi do’a bagi setiap insan manusia
[alert-note]

Baca : Cara Menaklukan Hati Wanita Cuek

[/alert-note]

Istri idaman akan sangat dicari dan diidamkan pria manapun di dunia.

Demikianlah yang dapat saya uraikan tentang kriteria calon istri idaman pria. Semoga bermanfaat.

1 thought on ““Istri Idaman” Adalah Makhluk yang Didamba Insan Pria.”

Leave a Comment