Rahasia Halaman Pertama dan Cara Agar Blog Muncul di Google Paling Atas

Halaman pertama adalah utama

Bagi sebagian orang misalnya mereka yang seorang blogger, internet marketer ataupun pebisnis online: halaman pertama Google merupakan satu tempat di internet yang mereka anggap sangat penting untuk menunjang karir bisnisnya.

Ya mereka meyakini, ketika sebuah situs tampil di halaman pertama search engine, maka dipercaya bisa mendatangkan banyak trafik untuk website sehingga mampu meningkatkan konversi penjualan (menambah penghasilan).

Namun, seberapa sulitkah website bisa berada di posisi teratas halaman pertama pada mesin pencari?

Sebelumnya, saya ingin Anda pahami ini:

Hal pertama yang harus disadari tentang mesin pencari Google atau yang lainnya adalah bahwa Google, Yahoo, Bing adalah BUKAN internet.

Hanya karena situs web Anda tidak muncul di Google, bukan berarti tidak ada di internet.

Situs web Anda dapat dipublikasikan langsung di internet tanpa ditampilkan dalam hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu.

Anda harus ingat, setiap mesin pencari mempunyai cara dalam menampilkan situs web :

Google atau yang lainnya memiliki sistem komputer otomatis hebat yang bekerja sepanjang waktu dan secara acak mengunjungi situs web di seluruh jagat internet, mengambil data dari setiap halaman lalu menyimpannya dalam sebuah database yang sangat besar.

Google membaca setiap kata dari konten pada semua halaman web untuk menentukan topik spesifik halaman.

Google menggunakan data yang dikumpulkan ini untuk menentukan halaman web mana yang akan ditampilkan paling atas, urutannya seperti apa, pada setiap pencarian kata kunci tertentu.

Dengan kata lain, algoritma Google secara dinamis menentukan halaman web mana di internet yang paling relevan untuk kata kunci atau frase tertentu dan menampilkannya lebih dahulu.

Kemudian menampilkan halaman relevan kedua, dan seterusnya.

Nah, daftar halaman web yang dihasilkan tersebut dikenal sebagai (SERP) atau Search Engine Result Page.

Baca : Cara Kerja Search Engine Google

Kalau Anda mau sedikit memperhatikan, untuk kata kunci tertentu di halaman pertama mesin pencari umumnya terdiri dari 3 bagian, yaitu :

  • Bagian teratas selalu diisi dengan beberapa iklan teks atau iklan gambar berbayar yang berhubungan dengan kata kunci yang digunakan dalam melakukan pencarian.
  • Bagian kedua, Google akan menambahkan data pencarian lokal (Google Maps) tentang bisnis di daerah sekitar dimana Anda melakukan pencarian pada search engine.
  • Bagian ketiga adalah merupakan bagian utama yang terdiri dari daftar pencarian organik (tidak berbayar) dari halaman web paling relevan dengan kata kunci yang digunakan.

Perhatikan gambar di bawah ini:

halaman pertama google

Pertanyaan 1 : Bagaimana cara agar website terbaca oleh Google?

Inilah inti dari topik saya kali ini, yaitu cara agar blog muncul di Google paling atas. Ada 2 langkah yang ingin saya jelaskan untuk Anda.

Sebelum mulai, Anda perlu memastikan :

1. Bahwa situs web Anda telah diindeks oleh Google.

Cara memastikannya adalah dengan menuliskan nama situs Anda dalam kotak pencarian.

Contoh: aink.web.id

Jika Anda melihat daftar halaman website Anda, itu tandanya Google telah mengindeksnya dan google akan terus merayapi situs Anda untuk melihat setiap pembaruan.

halaman pertama

Tapi, jika ternyata website Anda belum terindeks, coba login pada akun gmail Anda lalu kirim alamat situs melalui link di bawah ini :

2. Halaman yang relevan

Anda harus ingat, bahwa Google hanya akan menampilkan halaman web yang relevan dengan kata kunci yang sedang dicari.

Pastikan bahwa artikel halaman web Anda terkait dengan kata kunci yang dimaksud. Jika tidak, kemungkinan Google tidak akan menampilkannya.

Dan satu hal, jika situs web Anda tidak tampil di halaman pertama, tidak berarti postingan/website Anda tidak muncul sama sekali.

Coba cari dan temukan di halaman dua atau halaman-halaman berikutnya.

Baik,

Situs web Anda telah terbaca oleh Google namun masih berada pada halaman 10. Lalu,

Pertanyaan 2 : Bagaimana cara agar website tampil di halaman pertama?

Ada jutaan orang yang menanyakan hal seperti ini. Dan ada ribuan orang yang rela mengeluarkan banyak uang demi website yang mereka bangun berada pada halaman pertama mesin pencari.

Nah jika Anda mempunyai banyak uang, Anda juga bisa melakukan hal sama dengan mereka.

Serius..

Coba lakukan ini,

Iklan Berbayar

Cara tercepat dan paling mudah untuk masuk ke halaman pertama Google bahkan meraih ranking 1 untuk kata kunci tertentu adalah dengan melakukan iklan berbayar.

Anda bisa menggunakan Google Adwords untuk memulainya.

Pilih kata kunci yang ditargetkan, lalu sesuaikan anggaran yang Anda inginkan.

Ada bisnis yang memilih untuk menetapkan budget yang besar, tapi ada juga yang sudah cukup berhasil dengan anggaran yang lebih kecil.

Pemasangan iklan melalui AdWords tidak dikenai biaya.

Pembayaran hanya ditarik jika ada yang mengklik iklan Anda, menonton video Anda di YouTube, atau menghubungi bisnis Anda.

Jadi istilahnya bayar per klik (PPC).

Setahu saya, semakin tinggi tawaran Anda per klik, semakin besar kemungkinan iklan Anda muncul di bagian atas halaman.

Untuk lebih jelasnya, silahkan pelajari cara kerja dan biaya iklan Adwords di bawah ini.

Perlu diketahui,

Menggunakan iklan Adwords perlu strategi yang baik saat melakukannya.

Ada banyak orang yang terjebak dalam hal ini.

Ada puluhan bahkan lebih fitur yang dapat Anda tambahkan atau atur untuk satu kampanye AdWords.

Jika Anda tidak melakukannya dengan benar, maka Anda hanya akan menghabiskan banyak uang setiap bulan namun dengan hasil yang tidak maksimal.

Saran saya, bantuan dari kerabat atau teman yang sudah profesional mengelola iklan Adwords adalah solusi terbaik buat Anda.

Jangan sungkan untuk bertanya atau bahkan membayar jasa mereka. Karena hasil yang baik adalah fokus utama Anda dalam meraih posisi pertama di Google.

Nah dengan cara iklan berbayar seperti ini, otomatis Google akan menempatkan posisi website Anda di halaman pertama pada mesin pencarian.

Cara Seo

Ini adalah cara kedua untuk membuat website Anda tampil dihalaman pertama.

Cara ini memang terbilang rumit karena butuh proses panjang serta konsisten dalam menjalaninya, terutama bagi mereka yang pemula atau baru mengenal tentang istilah SEO.

Namun walau demikian, cara SEO tentu saja lebih diminati dibanding beriklan di Adwords. Karena dengan SEO, siapapun bisa mempelajarinya secara gratis. (Walaupun terkadang belajar SEO juga butuh biaya).

Namun jangan khawatir, ada banyak panduan SEO di internet yang kini dibagikan secara cuma-cuma. Jadi Anda tinggal mengikuti  saja.

Makanya ada banyak orang mempelajari SEO (Search Engine Optimization), supaya blog atau websitenya meraih peringkat teratas di halaman pertama mesin pencari.

Bayangkan, halaman pertama pada mesin pencari selalu menjadi ajang pertarungan bagi para blogger, internet marketing dan pemilik toko online untuk mendapatkan posisi teratas.

Dan ada begitu banyaknya website atau blog yang tiap hari menuliskan artikel dan mempublishnya lalu semua bersaing berebut untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari.

Mereka percaya, menjadi yang pertama di mesin pencari bisa mendatangkan banyak trafik organik bagi situs mereka.

Nah bila Anda ingin bertarung bersama mereka, maka senjata paling Ampuh buat Anda adalah dengan memanfaatkan SEO.

Jika Anda belum tahu caranya, inilah rahasia halaman pertama yang saya lakukan :

Cara SEO Untuk Membuat Blog Masuk Halaman Pertama Google bahkan Ranking 1

1. Menentukan Niche yang Tepat

Bagian dari sukses SEO adalah bagaimana Anda bisa memahami persaingan pada niche yang dipilih.

Jika Anda adalah pemilik usaha kecil, tentu saja Anda tidak harus bersaing dengan perusahaan raksasa yang pasti memiliki anggaran pemasaran tak terbatas.

Meskipun selalu ada peluang untuk Anda dapat mengungguli mereka, namun kemungkinan besar hanya akan menghabiskan waktu dan uang Anda.

Ada orang yang bilang harus pilih niche berdasarkan minat dan kemampuan, ada yang bilang minat tidak penting asalkan potensinya besar.

Keduanya bisa jadi benar. Yang terpenting adalah Anda bisa mengolah niche tersebut menjadi satu peluang besar untuk mendapatkan hasil yang baik.

Inilah pentingnya Anda menentukan niche blog yang tepat.

3 pertanyaan ini mungkin bisa membantu Anda dalam menentukan niche blog:

  • Apakah Anda antusias dengan niche tersebut?
  • Apakah topik ini bisa jadi peluang bisnis?
  • Apakah ada banyak yang bisa dibahas?

2. Pilih Kata Kunci yang Realistis

Siapa pun bisa mendapatkan posisi teratas di Google, jika mereka menargetkan kata kunci yang tepat.

Maksud saya begini,

Di awal Anda tidak harus menargetkan kata kunci yang sangat populer karena persaingannya disana akan sangat berat. Coba cari kata kunci yang relevan yang memiliki jumlah pencarian yang layak, tetapi sedikit persaingan.

Setelah situs web Anda mulai memiliki otoritas dengan sejumlah kata kunci yang lebih mudah, Anda dapat melanjutkan ke kata kunci yang lebih kompetitif yang akan memberi Anda lebih banyak lalu lintas.

Contoh:

Jika orang lain menargetkan kata kunci populer tentang “jasa renovasi rumah”, maka tugas Anda adalah mempertimbangkan untuk menargetkan kata kunci tersebut menjadi lebih spesifik namun tetap layak.

Misalnya dengan kata kunci ” jasa pembuatan kitchen set bekasi”

Seperti itulah yang dimaksud dengan pemilihan kata kunci yang realistis.

3. Kualitas Artikel

Lagi-lagi tentang artikel.

Kenapa saya selalu memasukkan artikel berkualitas sebagai poin penting dalam SEO?

Iya, karena artikel merupakan pondasi dari sebuah blog atau website. Mustahil sebuah website atau blog menjadi hebat tanpa artikel di dalamnya.

Walaupun ada beberapa jenis blog yang tidak mengandalkan artikel namun lebih mengutamakan gambar atau video.

Hanya saja walaupun pada kenyataannya seperti itu, tetap saja dicantumkan beberapa tulisan sebagai penjelasan dari gambar atau video tersebut.

Bagi saya, artikel berkualitas sangat berperan penting dalam meraih posisi pada search engine.

Seperti yang dijelaskan dalam menulis artikel SEO bahwa tulisan yang baik selalu mengedepankan kualitas yang dapat memberi manfaat nyata untuk semua pembacanya.

Secara garis besar artikel berkualitas mempunyai 3 ciri sebagai berikut :

  • Menarik minat pembaca
  • Memberikan solusi dan manfaat nyata
  • Kepuasan pembaca dan hasrat untuk membagikannya

Sebelum Anda menulis artikel SEO, saya ingin Anda membaca dan memperhatikan artikel saingan pada 10 top ranking di halaman pertama search engine.

Ini penting! guna mengukur kualitas tulisan yang nanti akan Anda buat.

Lakukan beberapa kajian dan cermati secara detail artikel saingan Anda lalu buatlah artikel yang LEBIH BAIK daripada tulisan mereka.

Kualitas, kuantitas bahkan teknik menulis harus lebih baik dari artikel saingan Anda.

Saya menyarankan agar bisa menulis 2000 kata atau lebih dalam setiap postingan Anda, atau sesuaikan dengan topiknya.

Seperti inilah rata-rata konten teratas di Google.

halaman pertama

Semua yang ada di halaman pertama Google adalah lebih dari 2.000 kata .

Itu berarti bahwa Anda perlu menulis lebih banyak konten mendalam yang mampu memandu pengguna menyelesaikan permasalahan mereka.

Namun tetaplah buat artikel secara natural. Karena terkadang ada topik yang memang bisa diuraikan panjang, namun tidak sedikit topik yang pembahasannya pendek.



Silahkan pelajari di bawah ini cara menulis artikel berkualitas dan bagaimana cara menulis artikel 2000+ kata dengan cepat.

Cara Menulis Artikel Berkualitas

Ingin artikel Anda tampil di halaman pertama? Menulis biasa saja tidak cukup jika artikel Anda ingin bersaing di search engine.

Cara Menulis Artikel 2000+ Kata

Untuk bisa bersaing pada mesin pencari, artikel dengan 2000+ kata menjadi hal yang wajib. Bagaimana cara Anda melakukannya?

4. Paragraf Pertama Artikel

Hal ini selalu saya tegaskan dalam beberapa tulisan saya pada blog ini. Bahwa paragraf pertama harus bisa menarik pembaca.

Entah mengapa, saya mempercayai bahwa paragraf pertama artikel yang ditulis pada postingan blog, mempunyai pengaruh terhadap peringkat di mesin pencari.

Maksudnya begini,

Paragraf pertama biasanya menggambarkan keseluruhan dari isi artikel tersebut (garis besar).

Karenanya, saya selalu memperhatikan saat membuat paragraf pertama agar lebih jelas dan mudah dipahami. Bahkan saya selalu menyertakan kata kunci (keyword) disana.

Ada kemiripan antara menulis artikel pada blog dengan penulisan cerpen, bahwasannya paragraf pertama mempunyai kekuatan hebat untuk bisa menarik minat para pembacanya.

Baca : Paragraf Pertama Cerpen yang Sempurna

Jadi, hati-hati dalam menulis paragraf pertama pada postingan blog Anda.

5. Backlink Berkualitas

Jika Anda ingin mendapatkan banyak pengunjung maka syarat utamanya adalah menjadikan artikel Anda berada di halaman pertama Google dan menduduki ranking 1.

Itu idealnya.

Karena backlink merupakan salah satu bagian terpenting dalam SEO, maka banyak orang dalam dunia blogging sibuk untuk mendapatkan backlink.

Masalahnya, ternyata tidak semudah itu untuk mendapatkannya.

Pada dasarnya, backlink yang baik adalah backlink yang natural dan berkualitas. Hal inilah yang akan mempengaruhi blog atau website Anda pada peringkat dihalaman pertama Google.

Untuk lebih jelas mengenai cara mendapatkan backlink berkualitas, silahkan baca :

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Meningkatkan Traffic

6. Kecepatan Loading Website

Tentu saja loading website yang cepat sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung. Kecepatan website juga menjadi salah satu faktor pelayanan yang baik.

Bukan cuma pengunjung yang mendapat pengaruh dari kecepatan loading website tapi ternyata Google juga memberikan nilai bagi situs dengan kecepatan loading optimal.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, Google sebagai mesin pencari memberikan syarat untuk situs yang ingin meraih posisi penting di mesin pencari.

Bukan hanya keyword, backlink atau artikel berkualitas saja yang mempengaruhi peringkat suatu website atau blog di search engine, namun kecepatan loading pun kini sangat diperhitungkan.

Seperti dalam kutipan berikut ini, Using site speed in web search ranking.

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan kecepatan website Anda dan hal apa saja yang mempengaruhinya ?

5 Cara meningkatkan kecepatan loading website dan hal yang mempengaruhinya :

  1. Pilih hosting terbaik
  2. Gunakan tema atau template yang ringan dan responsif
  3. Optimize gambar
  4. Gunakan plugin cache dan optimalkan database (khusus wordpress)
  5. Batasi jumlah post revisi

Untuk mengukur kecepatannya, saya akan merekomendasikan situs ukur buatan Google yang dapat langsung Anda akses.

Page Speed Insight

halaman pertama

Dan Anda akan melihat hasilnya seperti gambar di bawah ini,

halaman pertama googleUsahakan nilai di atas 75/100

Selain alat ukur buatan Google tadi, ada beberapa situs juga yang bisa menjadi pilihan Anda, diantaranya Pingdom, Web Page Test dan Gtmetrix

Cara Memilih Hosting yang Tepat

Saking banyaknya penyedia hosting yang ada, sering kali kita dibuat bingung saat harus memilih. Ingin tahu caranya?

Review Niagahoster

Ini adalah salah satu penyedia layanan hosting terbaik Indonesia. Simak review saya tentang web hostingNiagahoster

Download Template Blog Keren

Template blog keren ini adalah yang terbaik di 2018. Menariknya lagi, semua template ini adalah hasil karya Anak bangsa.

7. Navigasi yang Baik

rahasia halaman pertama google

Saya mencantumkan tentang navigasi dalam langkah ini tentu saja dengan beberapa alasan. Navigasi dalam sebuah blog atau website dirasa begitu penting.

Mengapa ?

Logikanya, saat kita dalam suatu perjalanan atau saat berkunjung ke suatu tempat yang asing dan tidak tahu arah mana yang baik dan tidak menyesatkan, kita sangat membutuhkan petunjuk arah/petunjuk jalan agar kita sampai pada tempat yang diharapkan.

Hal inilah yang merujuk saya untuk mencantumkan navigasi pada langkah ini agar blog atau website tampil pada halaman pertama Google.

Lho apa hubungannya ?

Begini,

Navigasi adalah petunjuk arah perjalanan.

Di dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user yang sedang berada di dalam halaman tertentu tidak tersesat dan mudah menemukan halaman-halaman lain dalam website Anda.

Bukan hanya itu pengunjung akan merasa mendapatkan apa yang dicari jika saja ada petunjuk pasti tentang halaman-halaman dalam website tersebut.

Sehingga mereka dengan pasti akan mengunjungi halaman tersebut tanpa tersesat.

Itulah pentingnya navigasi pada sebuah blog atau website.

Menu merupakan bagian dari navigasi website yang berisi link-link utama yang mengarah pada halaman tertentu.

Menu navigasi juga adalah sebuah fasilitas yang diberikan oleh si pemilik situs dan berfungsi sebagai pemandu kepada pengunjung agar dapat lebih mudah dalam menentukan kategori atau halaman yang diinginkan tanpa harus bersusah payah mencarinya.

Jika pada satu situs terdapat menu navigasi yang terstruktur dengan rapih dan baik, maka hal itu merupakan cerminan bahwa website tersebut terlihat professional, dampaknya pengunjung akan merasa senang dan betah berlama-lama pada website tersebut.

halaman pertama google

Satu hal lagi, ada keuntungan saat kita menampilkan navigasi yang baik pada blog karena Google jelas akan memberikan nilai lebih untuk website kita karena kita bisa memanjakan pengunjung dengan navigasi yang terstruktur dan baik.

Jangan sekali-sekali memberikan navigasi yang terlalu rumit, karena hanya akan membuat pengunjung bingung dan pada akhirnya pergi.

8. Promosi Blog atau Artikel

Seperti yang pernah diulas pada artikel terdahulu mengenai artikel SEO-friendly bahwa artikel atau website sebaik apapun tanpa dipromosikan adalah hal yang percuma.

Promosi merupakan langkah penting agar artikel dan website Anda menjadi terkenal dan popular.

Ada 3 tekhik promosi yang sangat efektip,

  1. Pasang link ke blog-blog lain dari artikel Anda
  2. Gabung di grup Facebook yang popular
  3. Guest blogging di blog-blog besar

Untuk lebih jelasnya mengenai promosi konten silahkan baca : Cara Mempromosikan Konten Blog

Saya sendiri mempunyai hobi guest blogging, selain menjadi langkah untuk belajar menulis secara baik, ada keuntungan lain saat menjadi penulis tamu atau guest blogging

Dengan menjadi penulis tamu, kita ditantang untuk selalu menampilkan artikel terbaik kita, artikel berkualitas yang akan dilihat serta dibaca banyak orang pada blog orang lain. Disitulah tantangannya.

Jangan pernah menulis asal saat menjadi penulis tamu, hal itu akan merusak reputasi Anda karena dianggap tidak mempunyai kemampuan yang baik dalam menulis.

Hati-hati dalam guest blogging, menulislah dengan hati untuk mendapatkan hasil tulisan terbaik yang dapat memberikan solusi serta manfaat nyata untuk pembacanya.

Keuntungan Guest Blogging

Ingin mencoba menjadi penulis tamu? Perhatikan caranya dan pahami apa saja keuntungannya.

Agar blog atau website Anda mendapatkan peringkat terbaik dan masuk di pencarian Google, lakukan langkah-langkah di atas secara baik.

Halaman pertama Google selalu menanti karya-karya unik dan terbaik dari para penulis hebat.

Mungkin Anda menjadi salah satunya. Semoga saja ..

Itulah uraian yang dapat saya sampaikan tentang bagaimana tips menampilkan blog di pencarian Google. Semoga bermanfaat.

(Ditulis oleh : Dwi Rahayu Octaria)

Artikel Pilihan

96 thoughts on “Rahasia Halaman Pertama dan Cara Agar Blog Muncul di Google Paling Atas”

  1. Buseeett, ini yang saya cari-cari.
    Suka banget postingannya, tulisannya kreatif. Mantav deh pokoknya.

    Thanx bangt

  2. Saya belum mampu membuat postingan masuk di hlaman pertama.

    Kadang2 jg frustasi 😀

    Klau dilihat, orang2 dngan gmpang membuat artikel lalu nongol di depan hlman satu.

    Saya jdi pnasaran, pngen terus bljar SEO

    Thanx artikelnya, its great..

  3. setelah saya baca baca dari beberapa artikel, saya dapat menyimpulkan para master seo rata rata menuliskan postingan yang isinya tidak beda jauh. Setelah saya baca postingan ini saya sebagai pemula merasa semakin tercerahkan tentang SEO. Terimakasih dan sukses selalu aink.web.id.

  4. saya sempet stres berat gara-gara baca tentang seo..tapi master saya pernah iseng bikin blog gratisan ..tapi langsung pageone dalam 1bulan,,untuk bisa bertahan di pageone cara nya gimana master,,terima kasih atas ilmunya ,,mohon di respon ya,,,

  5. jadi paragrap artikel itu mempengaruhi ya mas jadi bagusnya kesimpulan dari pokok bahasannya harus ada pada paragrap pertama. saya baru tahu.
    terimakasih ilmunya. mas

  6. Cara yang di berikan oleh aink.web memang sangat berguna,tidak sia-sia saya belajar dari sini.
    Ijin ya min saya mau menawarkan cara saya juga agar menjadi Nomor 1 di google,Terima kash banyak sebelumnya ya min

    Langsung Klick di bawah ini ya,
    Nomor Satu di Google

    • Ada banyak panduan SEO gratis yang bisa didapat di internet.

      Temukan panduan yang masuk akal, dan coba ikuti langkah-langkahnya.
      Semua ada prosesnya, pelan-pelan ja Gan..

  7. Cool blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?

    A theme like yours with a few simple tweeks would really make my blog shine.

    Please let me know where you got your theme. Bless you

  8. Nice Artikel membantu saya membuat tugas kuliah
    Jangan lupa kunjungi website kami.

    Kami menjual buket jajan dan paper flower yang cocok untuk hadiah wisuda, ulang tahun, dan anniversary 🙂

  9. Sangat menikmati tulisannya. Tidak banyak blog yang memberikan arahan sejelas ini.

    Selain PanduanIm, AinkWeb merupakan situs yang memberikan banyak manfaat.

    Sukses terus bro..

  10. Tapi semua itu juga tergantung dari topik artikel yang kita buat juga, seperti topik tentang A sepi peminat ya pasti visitornya sepi dan mungkin seperti blog saya yang sepi pengunjung 🙁

    • Halo mas Supri,

      Karena itulah mas Supri harus jeli dalam menentukan topik. Kalau ingin ada trafik, temukan topik yang banyak orang cari, lalu buat artikel menarik dan bermanfaat..

      Terima kasih telah berkunjung.

  11. saya punya xxxdna.blogspot.com namun sudah dioptimasi dengan seo oleh teman saya namun tetap tidak terindeks kalau ada blogspot kosong dibuang biar saya pakai

  12. Untuk blog seni pertunjukan seperti kami, mungkin meriset kata kunci yang berpotensi viral akan lebih sulit. tapi terima kasih ulasannya, kami akan mencoba menerapkannya di blog kami. salam hangat.

    • Halo,
      Mungkin benar. Ada beberapa niche blog yang dalam proses perkembangannya lebih lambat.

      Namun terlepas dari itu, upaya tepat yang dilakukan bisa mempersingkat prosesnya itu sendiri. Selalu semangat dan jangan menyerah.

Leave a Comment