Tips Berjualan Online di Tokopedia agar Cepat Laku

Ingin jualan online di Tokopedia?

Panduan lengkap ini adalah tentang bagaimana cara jualan di Tokopedia dari nol hingga sukses.

3 toko online yang saya kelola hari ini tidak terlepas dari strategi jualan yang saya akan bagikan langkah demi langkahnya untuk Anda.

Cara jualannya sih terbilang mudah, hanya bermodal smartphone dan internet maka kita sudah bisa langsung berjualan.

Eittt.. tapi tunggu dulu,

Kalaupun caranya mudah, tidak berarti semua yang berjualan di Tokopedia bisa berhasil ..

Buktinya, ada banyak orang yang sudah mencoba jualan tapi mereka menyerah dan gagal.

Serius..

Yang saya tahu, sebagian dari mereka cuma sibuk membuat toko serta mengisi etalase dengan cara mengupload produk, lalu mereka menunggu pembeli datang.

Itu saja.

Masalahnya, apa iya bakal ada orang yang membeli ke toko Anda, sementara ada ribuan toko lain di sebelah yang menjadi pesaing Anda.

Artinya, jika ingin toko Anda ramai dilirik dan dikunjungi pembeli, satu-satunya langkah yang paling tepat adalah dengan cara membuat toko Anda terlihat ” LEBIH BAIK dan LEBIH MENARIK” dibanding toko yang lainnya.

Logikanya begini,

Perhatikan ilustrasi berikut:

jualan di tokopediaKira-kira kalau Anda jadi pembeli, mau pilih toko mana?

Toko Anda terlihat biasa saja. Sementara toko pesaing Anda terlihat lengkap, tertata rapi, nama toko yang unik, bahkan sanggup memberikan diskon.

Tentu saja toko pesaing Anda lebih menarik dibanding toko Anda.

Kalau ada toko lain yang lebih baik dari toko Anda, kecil kemungkinan pembeli akan mampir dan berbelanja di tempat Anda.

Iya kan?

Karena itulah kenapa banyak orang yang gagal ketika berjualan di Tokopedia. Toko yang mereka bangun sama sekali TIDAK MENARIK minat pembeli!

Percaya nggak?

Nah jika Anda menginginkan jualan Anda mampu menarik banyak pembeli, beberapa tips menarik di bawah ini akan mengantar Anda lebih sukses berjualan di Tokopedia.

Silahkan mulai:

Cara Jualan di Tokopedia dari Nol Hingga Sukses

Panduan ini terdiri dari beberapa bab mulai dari mendaftar, membuka toko, hingga proses berjualan. Silahkan menuju bab yang ingin Anda pelajari dari daftar isi ini:

Atau lanjutkan scroll ke bawah kalau Anda ingin membaca secara berurutan.

1. Membuat akun Tokopedia

Tahap ini terlihat sepele. Tapi ternyata ini wajib.

Bahkan tanpa Anda mendaftar dan disetujui pihak Tokopedia, mustahil Anda bisa jualan di Tokopedia.

Bukan hanya itu, ternyata masih banyak orang yang belum paham dan bingung bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan saat mendaftar.

Karena itulah saya buatkan panduan daftar Tokopedia, agar Anda bisa terbantu dan mudah dalam prosesnya. Terutama bagi mereka yang masih pemula dan awam mengenai dunia online.

Beberapa cara untuk mendaftar, antara lain bisa dengan menggunakan Email, Facebook, Yahoo, atau Google+.

BAB 1

Cara Daftar Tokopedia Melalui HP

Untuk lebih jelasnya, silahkan pelajari panduan Daftar Tokopedia yang sudah saya siapkan untuk Anda. Anda tinggal mengikuti semua langkahnya dengan sangat mudah.

2. Membuka Toko di Tokopedia

Apakah Anda ingin peluang bisnis yang lebih besar di dunia online?

Apakah Anda ingin mengembangkan bisnis offline Anda ke dunia Online?

Ini adalah saat paling tepat bagi Anda untuk memulai semuanya.

Dengan membuka toko online di Tokopedia, Anda akan merasa seperti layaknya bekerja dan berjualan di dunia nyata.

Anda bisa bertemu dengan banyak orang yang bertanya tentang beberapa produk. Dan Anda mempunyai kewajiban untuk melayani  mereka dengan sebaik mungkin.

Membuka toko di Tokopedia sangat mudah dilakukan. Karenanya ada ribuan penjual lainnya yang ikut meramaikan dengan cara membuka beberapa toko lainnya.

Nah jika Anda tertarik dan berminat untuk berbisnis online dengan berjualan di Tokopedia, silahkan buka toko baru Anda sekarang!

Buatlah toko yang menarik, yang mampu mendatangkan banyak pembeli!

BAB 2

Cara Buka Toko di Tokopedia dengan Mudah

Tidak ada yang sulit saat membuka toko di Tokopedia. Anda hanya butuh beberapa langkah saja untuk memulainya. Kalau tidak sekarang, lalu kapan lagi jualan di Tokopedia?

3. Mencari Supplier di Tokopedia

Setelah membuka toko, justru banyak orang yang langsung upload dan tambah produk ke dalam toko. Padahal entah bagaimana cara mereka mendapatkan gambar produk tersebut. Kecuali mereka memang mempunyai produk sendiri.

Ini yang saya ingin rubah.

Sebelum Anda menambahkan gambar produk di toko, akan lebih baik jika Anda bisa menemukan terlebih dahulu supplier handal dan terpercaya.

Baru setelahnya, silahkan upload gambar-gambar produk yang di dapatkan dari supplier tersebut.

Menambahkan gambar produk ke dalam toko adalah pekerjaan yang sangat mudah. Yang justru sulit adalah, darimana Anda bisa menemukan gambar produk yang benar-benar terpercaya.

Ada 3 cara yang dijelaskan guna mendapatkan supplier ketika ingin berjualan di Tokopedia.

Anda bisa langsung mempelajarinya, sekarang!

BAB 3

Cara Menemukan Supplier Terpercaya di Tokopedia

Ada 3 cara yang akan saya bagikan untuk Anda dalam mendapatkan supplier untuk Tokopedia. Jika ini bisa dilakukan, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk sukses berjualan di Tokopedia.

4. Upload Produk di Tokopedia

Untuk bisa melengkapi toko baru Anda, tentu saja Anda harus menambahkan gambar produk di dalam etalase.

Ini pekerjaan mudah, namun terkadang butuh kesabaran dalam melakukannya.

Bukan hanya sekedar upload gambar, namun Anda juga wajib menuliskan nama produk, deskripsi hingga dukungan pengiriman.

Bagi sebagian orang, hal seperti ini tentu saja sangat menyita waktu bahkan sangat menyulitkan.

Atau bisa jadi masih banyak orang yang belum tahu cara melakukannya secara benar.

Jika Anda salah satunya, silahkan pelajari bagaimana cara menambahkan gambar produk ke dalam toko Anda di Tokopedia.

BAB 4

Cara Upload Produk di Tokopedia

Tidak ada yang sulit dalam melakukannya. Hanya dengan beberapa langkah saja, kini Anda bisa menambahkan (upload) produk ke dalam etalase toko Anda.

Hingga tahap ini berarti Anda telah terdaftar di Tokopedia, membuka toko, mendapatkan supplier, serta sudah bisa menambahkan produk pada etalase toko.

Artinya, kini toko Anda sudah siap.

Harusnya sih Anda sudah bisa mendapatkan pembeli.

Tokopedia akan mengirimkan email pemberitahuan jika ada pesanan yang datang. Untuk setiap pesanan, Tokopedia memberikan waktu 3 hari bagi Anda untuk merespons.



Anda mempunyai hak untuk menerima atau menolaknya. Tentu saja dengan alasan yang jelas jika Anda menolak pesanan tersebut.

Ketika, pembeli telah melakukan pembayaran dengan cara transfer ke Tokopedia, maka Anda harus sesegera mungkin mengirimkan pesanan tersebut melalui beberapa jasa pengiriman yang tersedia.

Anda pun perlu memasukkan nomor resi pengiriman. Supaya pemesan dapat dengan mudah mengecek pengiriman tadi.

Setelah pesanan sudah sampai di tangan pembeli, pembeli biasa segera melakukan konfirmasi.

Dengan otomatis, Tokopedia pun akan meneruskan dana hasil penjualan tersebut ke saldo rekening Tokopedia Anda.

Seperti itulah gambaran berjualan di Tokopedia. Sangat sederhana dan mudah.

Namun, apa dengan langkah yang telah Anda tempuh sejauh ini sudah cukup membuat jualan di Tokopedia sukses?

Belum, karena perjuangan untuk mencapai sukses baru akan dimulai.

Di bawah ini adalah bab terakhir dalam berjualan di Tokopedia yang bisa meningkatkan omzet penjualan Anda.

Silahkan dipelajari dan langsung terapkan di toko Anda!

5. Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

Ketika toko Anda sepi pembeli, itu adalah hal biasa. Semua orang tentu mengalami hal yang sama. Apalagi toko Anda masih baru.

Namun apa jadinya jika toko Anda tetap sepi pembeli, padahal toko Anda sudah lama berdiri.

Apa yang harus dilakukan?

Karena hal ini kerap terjadi pada banyak pemilik toko di Tokopedia, maka saya akan memberikan tips jitu agar bisa meningkatkan penjualan Anda.

Begini,

Yang harus dilakukan sekarang adalah bagaimana cara Anda untuk bisa terus membenahi toko, memperhatikan sekeliling (pesaing Anda) lalu berusaha mencari cara agar toko Anda menjadi lebih baik daripada toko yang lainnya.

Jika Anda ingin memulainya, pelajari tulisan saya di bawah ini:

BAB 5

Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

Ada beberapa strategi yang bisa Anda coba guna meningkatkan penjualan online Anda di Tokopedia. Semua langsung bisa Anda praktekkan dari sekarang.

Studi Kasus

Ini adalah contoh kecil, bagaimana sebuah usaha yang dilakukan secara serius selalu membuahkan hasil. Walaupun pelan-pelan.

Hal ini dipicu karena banyak orang yang berjualan tapi mudah sekali menyerah. Intinya, tidak ada usaha yang bisa sukses secara instan.

Ini gambaran usaha yang dilakukan. Semoga jadi motivasi.

Pada April lalu, saya membuat toko baru di Tokopedia. 2 bulan berjalan namun sama sekali tidak menunjukan hal baik.

Saya berjualan gadget.

Kalau di lihat, persaingannya cukup berat. Sangat tidak mudah untuk bisa bersaing di Tokopedia dengan kategori ini.

Dua bulan benar-benar tidak ada pembeli satu pun. Sedih ..

Lihat bukti pada gambar di bawah ini,

cara berjualan di tokopedia

Total produk : 42
Produk terjual : 0

Anda tahu kenapa masalahnya?

Setelah saya coba pelajari pelan-pelan, ternyata masalahnya ada pada harga produk di toko saya yang lebih mahal dari harga di toko lain. Makanya berat dan tidak mungkin bisa bersaing.

Kalaupun ada pembeli, pasti hanya orang yang nyasar 😀 dan mereka orang yang tidak mengetahui cara mencari harga murah di Tokopedia.

Namun coba Anda lihat hasil terakhir toko saya,

cara berjualan di tokopedia agar mendapat keuntungan berlipat

Total produk : 251
Produk terjual : 81

Lumayan ada peningkatan dari sebelumnya.

Anda tahu apa yang saya lakukan?

Berhari-hari mencari supplier (distributor) HP di Jakarta yang bisa memberikan harga bagus. Emang gampang?

Sangat susah haha 😀 . Tapi ya itulah perjuangannya. Butuh usaha dan keringat.

Ada satu yang saya dapat dari pengalaman ini, bahwa bisa MENEMUKAN SUPPLIER terpercaya yang bisa memberikan produk lengkap dengan harga murah adalah KUNCI SUKSESnya.

Perjuangannya memang sulit, tapi sekali saja kita berhasil, maka kita bisa rasakan manfaatnya. Mudah-mudahan bisa terus meningkat omsetnya. Amin..

Saya ingin menjelaskan sekali lagi pada Anda, bahwa sabar dan kerja keras adalah modal utamanya.

Mau lihat lagi buktinya?

Gambar di bawah ini menjelaskan sebuah toko yang telah menjual produk 5,6 ribu di Tokopedia. Mantav kan? 😀

Sekarang coba perhatikan kapan toko tersebut mulai dibuka?

September 2015

Hampir 2 tahun lalu.

Itu artinya, untuk mencapai sukses seperti itu sangat membutuhkan waktu. Bukan yang instant.

cara berjualan di tokopedia

Kalau sekarang Anda baru mulai buka toko di Tokopedia, atau baru 2-3 bulan belum mendapatkan hasil, jangan mudah mengeluh dan putus asa. Semua butuh proses.

Semangat dan terus pelajari strateginya.

Profit

berjualan di tokopedia

Sebelum mengakhiri tulisan ini, saya ingin memberikan gambaran mengenai profit saya setiap bulan.

Tapi maaf sebelumnya, saya tidak bermaksud untuk pamer atau sombong. Saya hanya ingin memberikan masukan sekaligus motivasi untuk semua pembaca.

Setelah saya melakukan semua strategi di atas, jujur pendapatan saya meningkat pesat.

Di bawah ini sedikit saya ilustrasikan rata-rata profit yang saya terima perbulan.

Dari 3 Toko yang saya kelola di Tokopedia penjualan perhari rata-rata 15 – 25 produk barang dengan keuntungan 35 – 50 ribu dari setiap barangnya. (Saya tarik garis tengah 40 ribu).

Jadi perhari rata-rata profit yang saya terima 600 ribu – 1 jt.

Jika saya ambil yang terendah (600 ribu) berarti dalam sebulan 600 ribu x 30 hari = 18 jt.

Mungkin ada beberapa biaya operasional, maka profit saya perbulan kurang lebih 15 jt.

Saya tahu, pendapatan ini bisa terus meningkat jika kita mau mengupayakannya. Mungkin saja ke depannya akan terus dan terus bertambah.

Amin ..

cara jualan di tokopediajualan di tokopedia

Jika Anda menginginkan hasil yang lebih baik lagi ketika berjualan di Tokopedia, coba pelajari sekali lagi artikel ini:

Wajib dibaca!

Terakhir dari saya, bila Anda mempunyai pengalaman menarik lainnya tentang bagaimana cara jualan di Tokopedia atau mau menambahkan beberapa hal dari artikel ini, silahkan tulis pada kolom komentar.

Semoga artikel ini bisa menginspirasi dan memotivasi semua pembaca. Ayo sukseskan jualan Anda di Tokopedia!

Sudah siap? Silahkan mulai dari bab 1 :

172 thoughts on “Tips Berjualan Online di Tokopedia agar Cepat Laku”

  1. Ini yang saya cari.

    Saya sudah lama berjualan di tokopedia tapi sepertinya hasil belum sesuai seperti yg diharapkan.

    Saya jadi dropshipper dari penjual di toped jg, alhasil saya tidak bisa banyak mndptkan keuntungan.

    Yg jadi kndala adalh kurangnya pembeli d toko saya karena hrga barang yg saya jual lbih mhal dri toko lain.

    Setelah mmbca artikel di atas, saya mulai paham.
    Sepertinya saya harus merubah strategi.

    Terima kasih, tulisannya bermnfaat

  2. Saya juga jualan di tokped sudah berbulan2 tp belum setahun si, tp blm ada yg beli satu pun,sh sepi2 aja, kalo sekedar tanya2 warna atau stok mah banyak. Tp ga dibeli jugan.
    barang kali ada recomended dropshipper ingin diinfokan jg mas.

    • ini pemikiran sy akhir2 ini gan ..krn harga bersaing jd brpikir ap hrs muter nyari store yg bsa suplay brang d toko online sy..tp blm trlaksankn .dg artikel in jd smangat u mwujudkn ap yg sy pikirkn itu.

  3. Sebelumnya salam kenal bang Asep.
    Artikelnya sangat menarik bang. mudah2an bisa membantu bagi saya yg kebetulan seller baru di toped.
    Sekalian ingin brtanya bang, kebetlan sya berdomisili d daerah pelosok yg notabennya kurang d kenal orng. Apakah lokasi toko jg mnjadi prtimbngan bgi pembeli untuk mngambil d tempat kita? Karena sya lihat dri perkembangan yg mereview produck sya cukup bagus,Tpi untuk yg benar2 membeli masih nol. Jika “iya” lokasi toko berpengaruh mungkin sekiranya bang asep bisa mmberikan masukan.
    Trimakasih sudah berbgi Ilmu.
    Salam hormat.

    • @bang Hasyim…setahu saya untuk berjualan di toped lokasi toko pun berpengaruh, dalam hal ini lebih berpengaruh ke ongkos kirim dan waktu pengirimannya.
      Bila customer menginginkan pengiriman cepat, mereka akan meminta pengiriman yang sehari sampai, bisa via gosend, JNE YES, TIKI Over Night Service,, dan untuk di pelosok saat ini masih banyak yang belum terfasilitasi itu, hal demikian bisa mempengaruhi bahkan hingga mengurungkan niat customer untuk membeli dikarenakan mereka butuh barang cepat.

      Untuk jasa pengirimannya sendiri, akan lebih baik bila selengkap mungkin disediakan, dimana saat ini jasa pengiriman semakin bertambah,, misal J&T dan SiCepat itu akan lebih memudahkan customer untuk memilih jasa pengiriman yang sesuai kebutuhannya, dan menimbang ongkos kirim yang harus mereka keluarkan bila mereka membeli dalam jumlah cukup banyak.
      Tapi dengan lokasi yang kurang strategis,, hal itu bisa jadi kendala dimana toko tidak bisa menyediakan jasa pengiriman yang lengkap.

      Seperti itu mungkin bang sedikit masukan dari saya.

      Semoga membantu.

    • Halo Mas Hasyim, mungkin jawaban dari Hana cukup jelas dalam memberikan masukan. Tentu saja, sebagai pembeli akan mempertimbangkan area/lokasi toko penjual. Hal ini dikarenakan pembeli harus menghitung berapa banyak biaya ongkir yang mesti dikeluarkan.

      Saran Saya, mungkin Mas Hasyim harus beri diskon berupa free ongkir sebagai magnet dan penarik minat pembeli. Untuk mengakalinya supaya Mas Hasyim tidak rugi, mungkin harga produk nya di up sedikit, yang penting tidak terlampau mahal jauh dari harga standar.

      Terima kasih telah berkunjung.

  4. menarik sekali tulisannya mas… saya juga baru mulai usaha online shop, tp blm memuaskan..
    Bisa minta infonya ga mas nama toko yang di tanah abang? siapa tau bisa jadi pertimbangan untuk jadi supplier saya nantinya.
    Terima kasih….

  5. Salam kenal bang Asep, sangat membantu informasinya.Jikalau boleh, bisa berbagi info kontak abang dan supplier yang ada di tanah abang mas. Terimakaisih banyak

  6. mas, saya baru saja buka toko di toped. Saya bingung unt ngatur terakhir terlihat on line itu bagaimana? apakah harus upgrade layanan dulu atau bagemana? mohon pencerahanya. terimakasih

  7. Sangat insfiratif..

    Sama seperti yg lain, etalase usaha kalah saing trs karena sya slama ini hanya bisa ngmbil alternarif dropsiper pertma.

    Etalase sy bralamat Jkta smntra sy tinggal dipedesaan, tdk mngkin untuk ambil lgsung.

    Maukh mas bantu kasih contact supplier di tanah abang yg responsif n sedia lgsung bantu ngirimkn barangy ke kurir. Harga murah tentunya.

  8. Bismillah..salam kenal gan,menarik sekali artikelnya gan dan menambah semangat sy dalam jualan ditokopedia…ada yg mau saya tanyakan gan,kalau pengin nambah jumlah toko itu apakah bisa dengan satu akun,atau harus bikin akun baru? kl satu akun bisa buat banyak toko gimana ya gan caranya? terima kasih sebelumnya..

  9. Salam kenal mas asep. Terimakasih telah berbagi ilmu sangat membantu dan memotivasi saya. Sebelumnya saya juga pernah jualan online menurut saya barang yang yg sya jual termasuk mahal karena pengambilan gak langsung ke suplier tangan pertama jdi barangnya sepi peminat. Sampai sekarang masih mencari penjual dr pusatnya langsung yg harganya miring. Boleh berbagi kontaknya mas asep sma kontak pedagang di tanah abang jg biat bisa konsultasi jg sya sm masnya.
    Salam

  10. Salam kenal mas asep, artikeln yg sangat menarik, Bolehkah saya minta kontak supplier di tanah abang dan kontak mas untuk berkonsultasi. Terimakasih

  11. Mas waktu awal sampai berjalan saat ini toko nya, pakai gold merchendt ndak? Atau pakai topads mungkin? Dri awal prmbuatan toko ditokkpedia, sudah berapa lama mas ?

  12. Malam Mas,

    Dari 3 Toko yang Saya kelola, ada satu toko yang sudah 18 bulan, sisanya kurang dari satu tahun.

    Iya, Saya menggunakan Gold Merchant setelah toko Saya berjalan 5 bulan. Ada beberapa fitur tambahan setelah kita berlangganan yang bisa menguntungkan kita.

    Saya pikir, jika Anda serius dengan pekerjaan Anda berjualan di Tokopedia, Anda bisa mencoba berlangganan Gold Merchant dan rasakan perbedaannya.
    Setelah berlangganan, maka Anda juga bisa mempromosikan produk Anda kapanpun dengan menambah fitur TopAds.

    Intinya, tidak ada sesuatupun yang selalu gratis jika ingin mendapatkan hasil lebih.

    Untuk mempelajarinya coba kunjungi https://www.tokopedia.com/bantuan/gold-merchant

  13. Hi, info yg diberikan sangat menginspiratif. Jika berkenan, mohon untuk sharing contact number supplier yg di tanah abang pak. Terima kasih.

  14. Sangat menginspirasi, dari sekian banyak artikel yang saya baca ahirnya saya nemu juga artikel mas asep. Kebetulan saya ada niatan pengen buka lapak d tokped, cuma berhubung saya masih belum paham banget gimana caranya jadi dropshipper makanya saya terus terusan nyari artikel yang bnr2 bisa bantu saya memahami semuanya, dan alhamdulillah ahirnya terjawab sudah.. Makasih mas buat infonya.
    Kalau mas berkenan boleh saya minta kontaknya buat sharing lebih banyak lg?

    • Halo Nuni, terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentarnya disini.

      Sebagai pemula di Toped, alangkah baiknya jika Anda memahami dasar-dasar berjualan di Tokopedia. Semua orang tentu saja melakukan hal ini terlebih dahulu.

      Coba pelajari artikel Saya ini : https://goo.gl/cNgfK9

  15. Bagus sekali artikelnya.
    saya kebetulan ada usaha produksi kerudung, domisili di Bandung, suka juga kadan masok ke tanah abang. Barangkali berminat bisa kontak ke saya mas.

    • Terima kasih Master kerudung.

      Baik, InsyAllah kedepannya Saya akan kontak Anda. Mungkin buat yang lainnya juga bisa menjadi solusi untuk mendapatkan kerudung yang harganya bisa jadi lebih baik (murah) dan bisa menjadi satu produk yang dijual di Tokopedia.

      Salam

  16. Mas bisa ga ya jualan di tokopedia tapi ambil barang dengan supplier diluar tokopedia, misalny dari IG? Cuman resi biasa dr supplier lama apakah bisa ditokopedia?

      • Kang asep boleh minta kontak suppliernya, kang? Saya jg berjualan di IG dan seringkali kehabisan stock dr supplier. 🙁 mulai ga semangat jualannya. Setelah baca kisah kang asep mulai semangat lg. Moga saya bsa mengikuti jejak kang asep kedepannya.

  17. saya baru belajar jualan di tokopedia kang asep. tapi ya gitu penjualan masih tidak terlalu ramai.

    kang untuk merchant baru lebih baik langsung langganan gold merchant atau pake regular dulu?.

    kalau boleh minta info kontak toko suppliernya kang.

    makasih

    • Selamat sore Mas Setiawan

      Untuk memulai berjualan di Tokopedia, Saya sarankan jangan dulu berlangganan Gold Merchant. Anggap saja untuk beberapa bulan ke depan Anda lagi mempelajari dulu karakter-karakter pembeli. Baru setelah Anda merasa siap, berlangganan Gold Merchant adalah pilihan selanjutnya.

      Intinya, untuk di awal-awal lebih baik pengenalan dan pelajari dulu semua yang berkaitan dengan Tokopedia termasuk mencari beberapa kontak supplier untuk memudahkan langkah Anda ke depannya.

      Salam

  18. Hi kang asep salam kenal
    Saya jg baru saja ingin belajar cara buka lapak di tokopedia tp jujur saat ini saya kesulitan mendapatkan suplier dgn harga miring spt tanah abang
    Kalau berkenan boleh sharing suplier di tanah abang yg terpercaya dan bs menjadi dropshipper yg handal spt kang asep
    Terima kasih sebelumnya

    • Keren banget postingannya,.. Mau gk mas bantu saya kasih contact supplier di tanah abang yg responsif n sedia lgsung bantu ngirimkn barangy ke kurir. Harga murah tentunya dan klo bs selain fashion…trims

  19. Postingan yg sangat bagus , bolehkah kiranya saya minta contac suplyer nya gan..,dan grup nya..trimakasih banyak sblmnya..semoga amal agan dibalas kebaikan dan barokah yg melimpah..

  20. Infonya sangat bermanfaat,,,
    Mohon info suplier tanah abang yang baik dan murah boleh mas?
    Mohon email ya mas,, trimakasih sebelumnya

  21. wooowww,, makasi banget bang udah tulis artikel ini… pas banget saya baru mau join bisnis di toped
    saya boleh minta kontek abang ga?? untuk konsultasi hehehe,, makasii yabang infonya..
    nice artikel woowwww

  22. salam hangat mas asep

    infonya bermanfaat sekali,mudah mudahan apa yang Anda tebar,bisa mendapatkan buah yg lebih banyak agi,
    membaca artikel mas asep sy termasuk orang yg masih Awam dg Tokopedeia/Marketpleace.tdk surut untk bisa berjualan di Tokopedia,terkait artikel mas Asep ada beberpa yg ingin sy tanyakan sbb

    1.Apakah di saat2ini kita cari supplayer dg cara yg pertama lebih diutamkan karena mengingat waktu dan biaya
    2.Bagaimana dg cara yg ke 2,kita hrs muter2 dulu cari supplayer dg harga murah dan bagus
    dan meraka mungkin ga siapin gambarnya serta Deskripsi produk klodicara kitakan sudah lengkap mengai barangnya

    Mohon penjelasannya mang asep,oh boleh kontak wa nya mksh

    • Halo mas Riyo,

      Terima kasih Anda telah berkunjung.
      Saya akan jawab pertanyaan Anda,

      1. Kita bebas untuk menentukan supplier. Boleh dari Tokopedia atau dari luar. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memberikan harga terbaik di etalase kita.

      Saya melihat, saat ini toko yang mempunyai harga paling murah selalu tampil paling atas di pencarian. Itulah sebabnya, ketika kita memberikan harga lebih tinggi dari toko lain, kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan akan lebih sulit.

      Cara satu-satunya adalah dengan mencari supplier dari luar yang bisa memberikan harga bersaing.

      2. Sebagaimana ditulis pada artikel, memang cara ke dua ini lebih sulit di awalnya dibanding cara pertama. Namun jika Anda sabar dan mau sedikit cape, mungkin pada akhirnya Anda akan merasakan perbedaan hasilnya.

      Ya, saat pertama kita mendapatkan supplier dengan cara ke dua ini tentu saja toko tidak menyediakan gambar/photo. Berarti memang kita harus mem-photo sendiri produknya. Saya sendiri selalu menggunakan kamera handphone itu sudah lebih dari cukup. Kita juga nantinya yang membuatkan deskripsinya sendiri.

      Tapi jangan khawatir, biasanya setelah kita menjadi pelanggan tetapnya, gambar/photo akan selalu rutin dikirimkan supplier ketika ada produk baru. Itu yang Saya alami.

      Intinya, jalin hubungan yang baik antara Anda dengan Supplier, seperti halnya hubungan Anda dengan pelanggan-pelanggan di Tokopedia

      Salam

      • halo gan…sy jualn karpet ad yg beli lgsung ad yg dropship..adakh yg bs infokan suplier karpet yg murah.. trimaksih u bantu jawab

      • Terimakasih kang asep pemeberitahuan gimana cara nya untuk sukses,oya kang asep saya mau tanya kalo 3toko apakah 1 hp?
        Tolong kirim email kang asep

        • Selamat siang mas Ahmad,
          Mungkin maksud mas Ahmad, 3 toko dengan satu nomor HP ya?

          Setahu saya setiap toko dibuat dengan akun yang berbeda, karena itu nomor HP juga harus beda. Tiap akun tokopedia dengan nomor HP yang berbeda.

  23. Assalamualaikum mas. Saya dari aceh, saya baru akan membuka toko di tokped, namun dengan pertimbangan dropshiper saya berpikir ulang. Namun setelah membaca artikel ini sekarang saya tau bagaimana akan berjualan di tokped,
    Oh iya mas, kalau boleh bisakah saya minta contact rekan mas yg di tanah abang tersebut?

  24. menarik skali artikelnya mz asep,,mz tinggalnya dimana ya??saya di Bintaro mz,,kalo boleh minta no kontaknya mz pengen konsultasi/sharing lebih dalam soal berjualan ditokopedia…makasih sebelumnya mz.

  25. Salam kenal mas asep
    Saya ingin tnya, saya kan mau bka toko ditoped tp saya cma dropshipper dan brangnya itu dri seller yg bkan dri topednya, nah itu nnti sstem pemblian dri buyer sma pngriman brngnya gmna ya? Mohon pncrahannya mas
    Mksih

    • Halo Septi,

      Sebetulnya kita bebas menentukan darimana mendapatkan barang yang ingin dijual di Tokopedia.

      Untuk sistem pembayaran ke tempat dimana Anda beli produk adalah sama seperti kita membeli pada umumnya, tanpa melibatkan Tokopedia. Yang terpenting adalah Anda harus meminta resi pengiriman barang dari supplier tersebut yang nantinya dimasukkan ke data transaksi Anda di Tokopedia.

      Peraturan Tokopedia, bila dalam dua hari pesanan tidak di respon, maka sistem akan membatalkan transaksi secara otomatis dan apabila sudah di respon namun dalam kurun waktu 5 hari tidak memasukkan nomor resi pengiriman, maka sistem juga akan membatalkan transaksi Anda tersebut.

      Itulah gunanya resi yang wajib Anda minta dari toko/supplier dimana Anda pertama membeli produk.

      Salam

  26. salam kenal mas asep,, saya baru mau join d tokped,, barang yang saya jual ad tinggal masarin ny,, boleh saya minta contak nya mas,, untuk konsultasi jualan d tokopedia
    sebelumnya trimakasih

  27. Luar biasa sekali mas Asep.. bravo buat mas Asep. Kebetulan saya ingin mencoba buka toko di toped krn kebetulan sy punya mesin pembuat suatu produk. Ttp saat ini sy masih manual menjualnya. Rencana mau buat toko di toped. Untuk menambah etalase jualan saya bisa tidak saya minta kontak di tanah Abang penjual yg bisa dijadikan kerjasama. Sekaligus nomor kontak mas Asep biar bisa konsultasi. Terima kasih.

  28. Salam Kenal Kang asep, nuhun artikelna membantu dan menyemangati sekali, saya baru mau nyoba jualan produk buatan istri, konsultasinya boleh kang Asep…

    • Silahkan kang, kunci utama dalam berjualan online adalah harga yang bisa bersaing dengan penjual lain. Dan untuk saat ini, jika toko yang akang buat belum ada pembelinya, saya menyarankan sebaiknya menggunakan fitur premium agar prodaknya cepat dikenali pembeli.

  29. mas kalau di akun toko kita itu tercantum kota asal kita atau kota asal si supplier?
    misal saya di sby sedangkan supplier saya di bandung, kan nanti berpengaruh sama sistem ongkirnya
    lalu kalau misal suplier saya tdk hanya dr 1 kota, bagaimana solusinya?

    saya sudah 2 tahun di tokped jd dropshipper tapi tidak ada perkembangan
    mohon solusinya mas

  30. Terima kasih banyak informasinya, semoga barokah ilmunya yang sangat bermanfaat buat saya, saya sangat tertarik dengan bisnis online tetapi saya bingung harus mulainya dari mana, kebetulan saya dari jawa timur, bisa minta tolong infonya nama toko dan contact di Tanah Abang yang bisa saya ajak kerjasama untuk menjadi supplier..

  31. siipp mas…sangat memberi informasi…oia jasa pengiriman barang kalo luar provinsi biasanya pake apa ya yg lebih cepat…misal saya sidoarjo terus suplier nya di makasar/////??

  32. Saya mau jualan bunga tp pengirimannya sendiri dr toko bunganya, yg saya mau tanyakan gmna caranya saya dpt no resi dan cara pembayaranya gimana? Mohon bantuanya gan

  33. Artikel yang sangat bermanfaat. Saya adalah pemula dan sangat awam dalam berjualan di market place. Produk saya adalah kosmetik dan beberapa punya banyak pesaing. Saya baru bergabung beberapa hari dan saya ingin tahu bagaimana tips berjualan yang baik untuk seorang pemula seperti saya di tokopedia atau market place lainnya. Mohon bantuannya ya.
    Terima kasih.

    • Halo Eci

      Untuk berjualan di Tokopedia pada dasarnya sangat mudah sekali asal kita yakin barang yang kita jual banyak peminatnya. Namun untuk saat ini, sistem Tokopedia merubah alogritmenya, sehingga barang yang paling laku dan paling murah sudah pasti berada di atas.

      Nah untuk menyiasatinya sebaiknya Anda menggunakan fitur premium agar barang yang dijual mudah dicari orang dan tidak ketiban toko lain.

      Artinya, untuk saat ini memang harus mengeluarkan sedikit biaya untuk membuat toko kita berada di pencarian atas.

  34. Mas, saya tertarik dengan statemen di akhir bahwa mas bisa jual satu hari rata2 15 sd 25 pc , boleh saya mau menanyakan beberapa hal?

    1. Dengan kondisi persaingan antar toko OL di Toped yg sangat ketat, Tentunya konsumen di hadapkan pada pilihan yg sama dengan harga yg beda2 tipis, bagaimana caranya agar barang kita yg di pilih orang? dan berapa lama yg mas butuhkan dari penjualan pertama kali sampai dgn sekarang dgn omzet cukup luar biasa

    2. Saya sudah 6 bln jualan di Tokopedia, saya punya stok sendiri, berjualan celana second, pelayanan sy buat se ramah mungkin, kirim juga cepat, foto sy buat sebagus2nya, harga jg sudah sy setting tidak di atas rata2, bahkan cenderung lebih murah, tetapi kendalanya selama 6 bln ini penjualan di Tokopedia sangat menyedihkan hanya terjual 12 pc selama 6 bln, saya sampai bingung mencari titik kesalahannya di mana, sy survey toko sejenis , ada beberapa toko yg foto nya asal2an, cara melayaninya jg kurang ramah ( sy lihat di diskusi produk dan ulasan) harga jg gak beda jauh dengan saya, stoknya jg ga beda jauh dgn sy, tapi amazingnya mrk bisa membukukan penjualan yg fantastis, kira2 apa yg salah dalam penjualan sy ya mas?

    3. Mengingat penjualan sy yg buruk di Toped, saya amazing bgt baca pencapaian mas yg sehari 15 pc -25 pc, itu mimpi buat sy, pingin sekali mencapai itu, menurut mas apa sebaiknya saya ganti barang jualan yg fast moving, atau jualan sy yg sekarang (celana second) di teruskan saja dengan bbrp perbaikan? terus terang sy mulai putus asa di Toped

    Demikian pertanyaan sy, mohon maaf ya mas klw merepotkan, terima kasih sebelumnya

    • Halo Mas Iwan

      Saya Jawab per line ya…

      1. Penjualan di Tokopedia memang sangat menggiurkan karena omzet yang dihasilkan sangat luar biasa. Namun untuk saat ini penjualan di Tokopedia mengalami banyak sekali perubahan, jika biasanya yang sering di promosiin paling atas namun untuk saat ini penjualan termurah dan paling banyak laku pasti langsung di posisi teratas.

      Namun Mas Iwan tidak usah sedih. Untuk menyiasatinya dalam menjual barang di Tokopedia sebaiknya buatlah judul yang bisa menarik minat pembeli, misalnya, ” Celana Bekas Keren, Celana Murah, Celana Pendek Bekas Berkualitas, atau bisa juga Celana Bekas Pria dan Wanita Premium. Gunakan keyword (kata kunci) sesuai dengan produk yang dijual. Karena hal itu sangat berpengaruh dalam pencarian.

      Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan pendapatan dari Tokopedia sekitar 6 bulan. Itupun tergantung seberapa keras usaha dan strategi yang digunakan.

      2. Apapun selalu diberikan ujian, termasuk saat kita melakukan usaha. Intinya memang harus sabar dan terus melakukan trial dan error.
      Biasanya jika toko yang Mas Iwan sudah memiliki umur itu sangat mudah sekali dicari pembeli. Namun jika hal itu masih saja tidak memberikan efek, sebaiknya Mas Iwan membeli fitur Premium Tokopedia agar posisi tokonya berada paling atas di pencarian. Jangan lupa juga gunakan deskripsi yang menyakinkan pembeli.

      3. Saya sendiri sekarang lagi mencoba berjualan ponsel di Tokopedia, Saya mencoba tanpa menggunakan Fitur Premium. Namun hasilnya memang belum memuaskan. Berat untuk bersaing dengan toko-toko lain.

      Tapi saya mencoba menggunakan cara COD, jadi orang pesan barang namun pembayarannya di rumah pembeli. Memang sih ide ini agak ribet karena harus punya kurir sendiri akan tetapi pendapatan yang dihasilkan lumayan menggiurkan.

      Pada dasarnya, kita selalu harus berusaha keras dan harus bisa menciptakan ide-ide kreatif Mas.. itu saja sih kuncinya.

      Coba mas Iwan pelajari artikel ini : https://goo.gl/cNgfK9

  35. salam kenal kang asep, kalau boleh minta juga kontak suplayer nya , saya mau coba jualan online di sukabumi . mau coba jadi reseller. terima kasih

  36. Luar biasa kang asep. Jadi pingin coba. Maaf hanya sekedar mengingatkan pada teman2 yg ikut comment. Dalam bidang apapun pasti ada kode etik. Sangatlah tidak etis jika.ada yg menanyakan suplier di tanah abang (yg notabennya suppliernya kang asep). Mohon maaf hanya urun rembug Karena banyak comment yang seperti itu.

  37. Maaf mas Asep, apa yg dimaksud dengan FITUR PREMIUM ?? apakah sama dgn GOLD MERCHAND?? Mohon penjelelasannya, terima kasih

    • Halo Luna,

      Iya betul sekali, untuk meningkatkan penjualan di Tokopedia akan lebih baik jika menambah fitur berbayar (premium) Gold Merchant dan fitur promosi TopAds Tokopedia.

      Hal tersebut dilakukan karena saat ini kondisi persaingan yang semakin ketat.

      Pada kesempatan lain, Saya ingin membahasnya.
      Terima kasih.

    • Halo Luna, terima kasih Anda telah berkunjung.

      Iya, gold merchant termasuk fitur premium di Tokopedia.

      Ada juga namanya TopAds Tokopedia. Artinya pasang iklan di Tokopedia. Baik Gold merchant ataupun TopAds bermanfaat untuk meningkatkan penjualan toko kita.

      Toko kita selalu berada di pencarian atas, sehingga toko kita mudah ditemukan oleh pembeli.

      Dan tentu saja fitur premium ini berbayar.

  38. Assalaamu’alaikum Pak Asep.
    Saya juga seorang dropshipper di beberapa marketplace. Kalau berkenan tolong dikirimkan kontak bapak dan kontak supplier terpercaya utk dapat saya jadikan sebagai barang yg bisa saya jual di toko saya.

    Terima kasih 🙂

  39. Bagus artikel nya bisa jdi sedekah jariah tuk anda kelak… Trimakasih ya sy baru mau mulai nih jualan di toped

  40. Maturnuwun Pak Asep atas atikelnya. Sangat menginspirasi sekali.
    Boleh minta no WAnya pak? Biar bisa tanya2. Terima kasih sebelumnya

  41. Assalaamualaikum Kang Asep. Terimakasih banyak sudah berbagi ilmu yang bermanfaat, semoga tambah berkah dan maju usahanya, aamiin. Kang Asep, sepertinya saya dan keluarga berminat buka usaha penjualan produk di Tokopedia untuk penghasillan tambahan. Dan sepertinya saya perlu berkonsultasi dengan orang orang seperti Kang Asep. Jika tidak berkeberatan, mohon kiranya kami dapat dikirimkan nomor kontak Kang Asep. Terimakasih.

  42. Ass.pak asep salam kenal saya bu fieni medan boleh ajarkan saya jd supplier lgsg dari pak asep saja krn domisili saya di medan dan bisa minta no hp atau WA nya buat konsultasi semoga sukses selalu biar bermanfaat buat org bnyk.

  43. Mas boleh tau alamat suplier di tanah abang yg bisa di ajak kerjasama untuk dropshiper.
    Dan saya minta trik buka lebih dari 1 toko dengan 1 email .

  44. Hi mas asep info yg anda berikan sangat bermanfaat sekali untuk saya yg ingin berjualan di tokped, dan saya juga ingin datang langsung ke tanah abang, boleh saya minta alamat toko supplier mas asep?
    Oiya saya mau nanya, bagaimana cara kita mempercayai supplier bahwa mereka akan bertanggung jawab atas barang yg kita beli di toko mereka termasuk pengiriman paket ke pembeli kita? Tolong di jawab ya mas terimakasih

    • Halo Aprilia,

      Saya suka dengan pertanyaannya.
      Dalam hal ini saling percaya sangat dibutuhkan.

      Karena hanya dengan cara itu, perjalanan bisnis kita bisa berkembang. Namun tetap ke hati-hatian bukan berarti kita abaikan.

      Logikanya begini,
      Ketika kita sudah mendapatkan toko yang jelas bisa membantu kita misalnya di Tanah abang, harusnya sih Anda bisa percaya ke mereka, toh tempat dan alamatnya juga jelas diketahui.

      Saya rasa, mereka juga berpikir ulang jika mau melakukan kecurangan, karena akibatnya fatal untuk usaha (toko) mereka.

      Intinya, jaga selalu komunikasi Anda dengan.pemilik toko sebaik mungkin, dan tetap hati-hati.

      Terima kasih telah berkunjung.

  45. Saya ingin bertanya bagaimana cara mengirimkan barang kepada pembeli. Kurir pengiriman datang ke tempat saya atau saya yang datang ke tempat pengiriman seperti jne. Terimakasih sebelumnya

    • Hai Firda,

      Kalau Anda berjualan di Toped dengan cara mengambil barang lagi dari toko lain di Tokopedia, biasanya supplier itu sendiri yang langsung mengirimkan barang tersebut ke pembeli Anda. Anda tinggal memberikan ke supplier tadi alamat pembeli.

      Jangan lupa,resi pengirimannya Anda minta untuk dimasukkan ke data Toped.

      Nah, jika Anda punya sendiri barang yang dijual, jelas Anda sendiri yang harus mengirimkannya langsung ke tempat pengiriman, misalnya JNE.

  46. hello mas Asep, saya mau tanya donk… saya baru mau buka olshop di tokopedia tp masih cari2 informasi biar pas buka langsung dilirik customer 🙂
    cara yang diajarkan mas asep sangat bermanfaat & patut dicoba.
    saya tertarik jualan mainan anak, menurut mas asep prospeknya bagaimana ya? apa punya rekomendasi supplier yg bisa saya kontak?

    terima kasih.

  47. Assalamualaikum bang asep,
    Saya baru aja buka di tokped,
    Boleh lah minta kontak buat konsultasi lebih lanjut,
    Itung itung shodaqoh ilmu.. Hehe
    Makasih sebelumnya bang

  48. Assalamualaikum Pak Asep tulisannya menginspirasi banyak orang untuk jualan online, termasuk saya, boleh minta contact wa nya buat konsultasi, terima kasih.

  49. Pak Asep saya baru jadi dropshipper di tokopedia, tapi saya masih bingung untuk sistem pembayarannya, krn supplier saya jg ada di tokopedia. kalau ada order baru apakah saya jg transfer ? mohon panduan/ nomor wa nya pak untuk konsultasi, terima kasih.,

  50. mantaabs kang asep,.saya juga insyalloh mau buka usaha/di tokopedia,.namun masih mencari2 supplier barang dengan harga grosir supaya bisa bersaing di tokopedia bersama toko lainnya,

  51. Assalamualaikum pak asep..
    Sy sdh buka ditokopedia kurang lebih 4 bulan dn selama 4 bln ini sy baru dapat penjualan tas 6 pcs…terkadang saya putus asa sebab masalah foto, diskripsi dan judul produk sdh semenarik mungkin yg pd akhirnya sy beli paket Promo TopAds 50 ribu sbg uji coba tahap awal…
    Pertama sy pake tarif 50 rupiah perklik tp produk sy tdk nongol2 alias tidak kliatan…kedua sy cb 100/klik msh tdk kliatan iklannya..
    200/klik msh susah dan lama promo produk sy nongol dn sy coba 300/klik akhir produk sy nongol tp pd barisan 7-10 etalase…sy tertantang utk dpt diposisi atas yaitu dgn 500/klik baru tas sy pd puncaknya dan yg klik 153 dan yg mlihat toko 4800 org tp tdk ada yg closing membeli…ada apa ? Apakah yg sdh mengKlik produk sy tdk jaminan akan membeli ? TopAds 50 rb cm utk 3 hari sdh habis apa itu suatu pemborosan ? Mohon pencerahannya pak asep trik apa selanjutnya yg hrs sy lakukan…trima kasih

    • Halo Ayu,

      Saya suka ceritanya, bagaimana Anda berjuang di Tokopedia.
      Itu sangat bagus, Anda sudah mencoba dengan menggunakan fitur promo berbayar.

      Artinya, Anda memang serius.

      Kalau saya bilang, itu awal yang baik. Jangan khawatir dengan langkah yang menurut Anda belum sesuai harapan.

      Tahapan-tahapannya sudah bener ko.

      Coba lihat, toko Anda ada 4800 orang yang mengunjungi. Itu luar biasa walaupun ternyata belum terjadi konversi.

      Tugas Anda, coba posisikan diri Anda sebagai pembeli yang datang melihat promosi Anda. Adakah yang menarik dari promosi tersebut?

      Apakah produk-produk Anda punya kualitas dibanding yang lain? atau biasa saja?

      Apakah judul produk Anda menarik? harga produk Anda lebih murah dari toko lain?
      atau,

      Deskripsi produk Anda tidak lengkap?

      Cek ulang semua. Lalu coba perhatikan promosi toko lain. Apa yang menarik dari mereka?

      Dan tentang TopAds,
      Perhatikan biaya perklik untuk iklan Anda.

      Semakin besar biaya per klik untuk iklan Anda, maka akan semakin besar juga peluang iklan Anda muncul di bagian paling atas.

      Namun perlu diingat, Anda juga harus mempertimbangkan anggaran iklan secara bijaksana sebelum menentukan biaya per klik nya.

      Semangat!

      • Efisiennya per klik brp ya kang asep ? Disamping mengkondisikan biaya promo tp jg mghasilkan…sy coba 100 rupiah kok tdk berpengaruh

        • Halo Ayu,

          Sebenarnya, dalam menggunakan TopAds ini sulit untuk menentukan biaya efisiennya berapa. Karena terggantung tingkat persaingan produk kita.

          Untuk kategori tertentu seperti Gadget sangat sulit diprediksi.

          Seperti Anda bilang, dikisaran Rp.100,- saja ternyata iklan kita tidak bisa muncul. Jadi mau tidak mau harus terus ditingkatkan nominal per kliknya.

          Seringkali, diangka Rp.400,- baru bisa muncul hehe..

          Sesuaikan saja dengan budget Anda. Sambil terus berjalan, terus pelajari strateginya maen TopAds.

          Saya percaya, dengan keseriusan Anda sekarang, itu langkah tepat menuju tahapan lebih baik.

          • Ass kang, dalam 1 toko bagusnya 1 tem saja ( tas saja ) atau misalnya ditmbh kosmetik pengaruhnya gmn ? Kdg pgn gitu tas fitmbh baju dn kosmetik

          • Beberapa orang berpikir jika tokonya lengkap dengan banyak kategori produk akan lebih menarik pembeli.

            Saya pikir, itu juga bisa jadi benar.

            Tapi mungkin pendapat saya sedikit berbeda.

            Saya lebih cenderung toko dengan satu kategori produk saja, atau bisa ditambahkan produk lain yang ada hubungannya dengan produk utama.

            Misal: jual handphone dengan aksesorisnya.(casing hp, dll)

            Jika Ayu fokus di kategori “tas”, maka ketika orang butuh tas mereka langsung ingat Ayu 😀

            Beda halnya ketika Ayu jual banyak kategori produk. Ayu mungkin tidak akan mudah diingat pembeli.

            Ingat tas, ingat toko Ayu

            Itu hanya contoh saja.

            Semua orang boleh berbeda pemikiran. Semua kembali ke Anda.

  52. Ok sarannya kang asep akan sy pertimbangkan…cm sdkit minta masukan lg…trik menggunakan TopAds…sbab sy coba dgn angka 200/klik iklan tdk muncul…300 – 400 baru muncul tp saldo TopAds boros alias cepat habis…sy isi TopAds 100 rb hnya mndptkan 4 sale…sdgkn sy ambil margin dr 1 tas gk lbh dr 25 rb..
    Dn yg kedua yg KLIK produk sy itu apa ya ? Apkh dia yg sdh KLIk otomatis sdh masukin brg ke keranjang ? Maaf sy sdikit kepo nih

  53. Salam Kang, saya mau bertanya bagaimana cara kita mengakali lokasi origin shipment yang berbeda2 sebagai dropshiper tentu mencari yg terbaik dan termurah dan kebetulan yg terbaik dan termurah berbeda kota semuanya.
    Comtoh:
    Distributor ada di Surabaya, Bandung dan Semarang, nah saya ingin alamat origin shipment nya di tempat tsb, di toped origin shipment cuma bisa 1 ga bisa ditambah.
    Mohon kang bantuannya,,
    Terimakasih kang

    • Hallo ikutan nimbrung ya, saya sebagai dropshipper juga mengalami masalah dengan pengiriman. Saya jualan di tokopedia, Saya memiliki bbrp supplier yang jualan di tokopedia juga. Masalahnya, saat ada customer membeli dengan memilih GOSEND, maka saya juga harus beli dari supplier dengan GOSEND. Yang jalan adalah GOSEND yang dari supplier, karena pengambilan barang ke supplier. Pertanyaannya, bagaimana cara menyelesaikan transaksi yang dari customer ? Mohon petunjuknya. Terima kasih.

  54. Asaalamualaikum .
    Mau Tanya mas , aku jualan di tokopedia baru 5bulan , aku udah pake promo top ads , tapi kelihatannya ga maksimal ya , dari saldo top ads 50.000 sya cuman dapat 5 transaksi penjualan , sudah banyak yang klik tapi yang belinya ga , padahal sudah di bantu sam promo yang tiap 1jam sekali.
    kira2 kesalahannya dimana ya mas , apa harga perklik mempengaruhi ,
    tetimakasih sebelumnya .

      • Hai mba nining, sekedar sharing yaaa

        Waktu itu aku pernah beli produk tas dengan foto yang seperti ada di etalase mba nining. Tapi pas nyampe beneran diluar ekspektasi.
        Saranku, lebih baik mba pake foto produk asli. Karena kalo aku pribadi kalo mau beli di tokopedia ga akan membeli produk yang fotonya bagus tapi bukan si penjual sendiri yang foto. Istilahnya real pict. Hehe

        Salam

  55. Assalamualaikum
    Saya mau bertanya mba….
    1. Ketika membuka toko baru, apakah harus fokus dgn 1 jenis produk saja ??
    2. Karena ada artikel yg menjelaskan, kalau buka toko (A) berisi pakaian saja dan toko (B) aksesoris saja…
    Sehingga isi etalase seller lebih tertata, apakah betul demikian ??

    Karena, selama ini saya hanya menjalankan bisnis OS, hanya di FB dan OLX saja…
    Ingin rasanya bisa berjualan di Toped, dgn komposisi awal yg tertata…

    Terimakasih banyak sebelumnya ya mba, artikel mbanya sangat membantu sekali

  56. bro, ane mau nanya nih . ane kan pemula ni, noobie :v
    nah, ane mau nanya, menurut si bro, kalo jualan di Toped/buka toko mending jual 1 jenis produk atau bermacam-macam yak ?mohon balasannya mastah hehe

    • Halo Muhammad Resa,

      Mungkin tergantung selera y. Ada yg suka kalau jualan di tokonya itu banyak jenis produk yang dijual (gado-gado). Tapi ada juga yang milih tokonya hanya jual satu model produk saja.

      Saya pribadi lebih suka yang fokus ke satu produk saja.

      Bisa saja ditambahkan produk lain tapi yang masih berhubungan.

      Contoh: jual handphone dan jual juga assesorisnya.

  57. saya baru 2 hari jualan di tokopedia, alhamdulillah sudah ada 3 yang order, saya jadi makin mantap dan semangat untuk memasrkan produk saya secara online. kebetulan saya memang punya toko helm, saat ini saya hanya menjual online helm anak saja karena bobot nya ringan, saya ingin memasrkan helm dewasa juga tetapi terbentur di ongkir yg menjadi terlalu mahal karena kena volume, apakah ada saran untuk mengatasi hal ini? terima kasih

  58. Tulisan ini bikin semangat , tp saya mau tanya Kang Asep bagaimana jika kita pake cara jadul sementara yg bunya barang jual barangnya di toped juga ? Sebab saya ngalamin hal ini .., mhn saran, tks

  59. tulisannya bikin pengen coba jualan. yg ingin saya tanyakan , jika kita ambil barang di suplier tokopedia, dan dijual kembali di tokopedia (sebagai dropshiper). kita kan mengambil keuntungan juga. nah bagaimana mekanisme pembagian keuntungan di toko saya, dengan uang yg kepada suplier?
    mohon masukannya….,maklum saya pemula dan bisa dikatakan gaptek, heheheh

  60. Saya sudah menjalankan usaha seperti ini namun saya pasarkan di website pribadi. Dan hasilnya lumayan.

    Namun setelah membaca artikel ini saya mulai tahu bahwa penjualan saya belum maksimal.

    Dari artikel ini saya lebih terbuka untuk membuka market di tokopedia. Terimakasih ilmunya

  61. Pak saya mau tanya. Cara berjualan ditoped dengan reseiler dr tokopedia itu gimna ya?
    Apa kita melakukan perjanjian dulu dengan reseiler apa kita langsung main masuk ketoko orang terus kita masarin produk mereka? Atau gimana?

    Terus cara transaksi bayar kita kereseiler gimna? Lewat toped apa langsung transfer ke reseiler?
    Trimakasih..

  62. Aswrwb selamat malam mas..saya baru baca semua postingan nya dan lngsung tertarik utk ikut jadi enterpreneur lewat toped..tolong bantu saya ya mas.. syukur syukur bisa dikasih info utk supplier barang yg murah dan bisa saya jadikan referensi nya..mohon petunjuk dan bantuan nya ya mas.. trmksh wswrwb

  63. Saya termasuk pemula di TokoPedia, semakin berjalannya waktu penjualan kita akan merangkak naik atau turun tergantung dari cara dan kreativitas kita sebagai penjual, info di blog ini sangat membantu saya untuk menambah wawasan tentang TokoPedia, kadang saya harus bolak balik ke aink.web.id untuk mencari update terbaru tentang bisnis online, nice info gan, thanks.

  64. Salam kenal…
    Webnya sangat berguna.

    Mas sy msh bingung. Lbh baik dropship atau kita stock barang.
    Kl dropship, brg ambil dr supplier lgs ke customer. Gimana cara agar kita tau brg yg dikirimkan itu kualitasnya baik, sedangkan sbg online shop baru kita hrs jg kualitas.
    Kl stock brg sy mesti punya modal byk, belum tentu brg yg sy punya laku.

    Kl top ads tokped itu ada biaya max per klik. Apa bedanya biaya max 100 & 1000 selain biaya yg lbh besar? Apa mungkin yg 1000 lbh sering di klik?
    Sebaiknya berapa biaya yg hrs dikeluarkan utk topads di toko online yg baru berdiri?

    Thanks atas bantuannya

  65. MAs mw tny nih kalo sy sbg droship,br buka toko nih lalu daftar alamat toko sesuai alamt saya atau alamat suppliernya sdgkan pnya supplier ada 2 supplier yg sy punya.mhn pencerahannya.

  66. selamat mlam.kak
    saya mulai berjualan di tokped menjadi dropshiper baru 4 bln .alhamdulillah disyukuri walaupun hasilnya blm maksimal.bisa sharing tips yg ampuh jadi dropshiper kak.dan tahu supplyer terlengkap dan termurah utk jersey bola.terimakasih

  67. Halo kang asep..
    infonya sangat WOW sekali dan bener2 bermanfaat apabila di praktekkan :O
    khususnya saat mempraktekkan cara jadul, sungguh inspiratif.. hehe..

  68. Tp tokopedia sdh sepi gan, gak laku. Skrg lg rame di shopee. Semua ramai2 pd pindah ke shopee, baik penjual maupun pembeli nya

  69. Hall mas Hasyim ,…

    Saya baru mau jualan di Tokoped,..membaca referensi anda,..jd Semangat ,…
    Jujur ,..rajin dan sabar ,….

    terima kasih .

  70. Halo bang asep, saya mau minta saran dari abang nih
    Saya rencana pengen berjualan nih bang, jualan buku
    Saya ada lihat tuh di online bookstore ternama di Indonesia, lagi ngadain diskon besar-besaran.
    Nah saya berniat untuk membeli buku tersebut dan menjualnya kembali di tokopedia.
    Kira-kira menurut abang bisa ngga saya jalanin? Mengingat saya masih duduk di bangku sekolahan
    Mohon sarannya ya bang
    Terimakasih

  71. mantep kak atas sharing pengalamannya

    masuk akal dan mungkin sampai sekarang masih berlaku yang namanya memberikan harga murah di marketplace merupakan hal yang nomor 1 jika ingin penjualan lancar 🙂

  72. mas asep, saya mau tanya kira-kira berapa jumlah jenis barang atau etalase yang bisa di pajang untuk toko yang belum berlangganan premium?

  73. assalamualikum….
    menginspirasi betul kang artikelnya semoga saya bisa menirunya,,,,,,,dan lebih semangat lgi untuk berjualan di ol ……semoga kesuksesan buat kita semua amiin

    • Halo mas Ahmad,
      Itu saya ambil langsung dari toko di tanah abang, bisa dibilang supplier mas.. Saya sendiri kadang hanya dropship tapi juga reseller karena memang saya punya stok barang di rumah.

      Tergantung situasi saja.

  74. Artikel yg sangat bagus dan menginspirasi,, semoga terhitung sebagai amal ibadah. Terima kasih banyak kang asep.

  75. halo mas. saya ingin bertanya, apakah bisa kalau saya jualan di tokopedia tapi supplier sy dr shopee? trmksh tolong penjelasan nya

    • Halo Chacha..
      Pada prinsipnya kita semua boleh mencari produk dari supplier di luar Tokopedia. Yang terpenting adalah, transaksi harus dilakukan di Tokopedia.

  76. Keren banget tulisannya kang..

    Saya pikir ini adalah tips jualan paling lengkap dari yang ada.

    Jujur saya merasa termotivasi.
    Terima kasih..

  77. Mau di coba dulu tipsnya kang..sebetulnya saya jg lg nyari suplier untuk nambah produk di toko saya..ada saran atau info suplier yg terpercaya..untuk jenisnya, apa aja boleh..trims atas infonya..

Leave a Comment