Cara Menyimpan Halaman Web untuk Dibaca Offline pada Komputer/PC

Belum tahu cara menyimpan halaman web pada komputer Anda?

Jika Anda adalah orang yang sering browsing di internet, sering mengakses beberapa halaman situs, namun hanya sedikit waktu Anda untuk bisa membaca semuanya sekaligus.

Maka mulai saat ini Anda tidak perlu lagi merasa khawatir karena konten tersebut akan diubah atau dihilangkan di kemudian hari oleh pemilik websitenya, kalau : Anda mengerti cara menyimpan halaman web, agar Anda bisa leluasa membaca konten tersebut kapanpun Anda inginkan tanpa terkoneksi lagi internet.

Artinya, Anda bisa membacanya dalam keadaan offline pada komputer Anda.

Menarik bukan?

Saya yakin, tips ini akan sangat berguna untuk Anda.

Ada 4 manfaat yang bisa Anda peroleh karena hal ini :

  • Tanpa perlu koneksi internet lagi saat membukanya. (Tidak ada biaya internet)
  • Anda tidak khawatir jika konten aslinya telah dirubah atau dihapus pemiliknya. (Anda telah menyimpannya)
  • Saat membacanya, Anda bisa mengatur sendiri waktunya. Bahkan ketika Anda menghentikannya di tengah. (Bisa bersambung , jika Anda lelah saat membacanya)
  • Bisa Anda jadikan arsip jika kemudian hari diperlukan.

Penasaran?

Silahkan lanjutkan membacanya.

Pada era digital ini, berbagai informasi penting dapat Anda akses dengan mudah melalui berbagai media, terutama situs-situs web melalui internet browser.

Bagusnya lagi, semua informasi penting tadi dapat disimpan dalam media penyimpanan seperti pada flash disk, memory card, atau hard disk pada komputer Anda.

Nah, pada artikel kali ini, Saya akan menjelaskan bagaimana cara Anda menyimpan halaman web agar bisa dibaca offline pada perangkat komputer Anda.

Ada 2 cara yang bisa Anda segera lakukan, yaitu :

  1. Cara Manual pada Browser
  2. Menggunakan Ekstensi/Add-ons pada Browser

Semuanya sangat mudah dilakukan bahkan untuk Anda yang gaptek sekalipun.

Serius,

Baiklah, Saya akan mulai panduan ini.

Cara Menyimpan Halaman Web dengan 2 Cara Mudah

1. Cara Manual pada Browser

Pada langkah ini, Anda dapat menggunakan browser apapun yang ada pada PC/laptop Anda.

Atau,

Anda menginginkan salah satu browser populer? Silahkan download melalui situs resminya di bawah ini.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer

Cara Menyimpan Seluruh Halaman Web

A. Buka salah satu browser pavorite Anda, lalu tulis atau buka situs web yang ingin Anda simpan halamannya.

Contoh, Saya menggunakan browser Mozilla Firefox dengan mengakses halaman situs Cara Membuat Blog untuk Pemula. Saya merasa situs ini sangat penting bagi Saya, untuk itu Saya ingin menyimpannya agar satu saat Saya bisa membacanya tanpa koneksi internet (offline).

B. Silahkan tekan Ctrl + S pada keyboard komputer Anda di halaman situs yang ingin Anda simpan.

menyimpan halaman web

C. Akan terbuka satu jendela penyimpanan

menyimpan halaman webD. Silahkan Anda pilih folder dimana ingin Anda simpan pada komputer Anda. Bisa di desktop atau dimanapun yang Anda inginkan.

E. File Name : Isikan nama halaman yang Anda simpan, yang mudah diingat dan tentu saja yang berhubungan dengan halaman situs tersebut. Atau, Anda membiarkan seperti adanya.

F. Pada panel dropdown Save As Type, pilih format penyimpanan halaman yang diinginkan:

  • Laman Web Lengkap (Web page, complete) : Jika Anda memilih opsi ini maka seluruh halaman web akan disimpan bersama dengan seluruh gambar yang ada di halaman tersebut. Pilihan ini berguna agar Anda bisa melihat halaman web yang Anda simpan seperti sebagaimana aslinya, walaupun struktur tautan HTML akan berbeda dibandingkan halaman aslinya. Browser yang Anda gunakan akan membuat direktori baru tempat seluruh gambar dan berkas yang diperlukan untuk membuka halaman yang akan disimpan.
  • Laman Web, HTML saja (Web page, HTML only) : Pilihan ini memungkinkan Anda menyimpan halaman asli namun tanpa disertai dengan gambar. Seluruh struktur tautan HTML akan disimpan pada satu berkas sebagaimana halaman aslinya.
  • Berkas Teks (Text files) : Jika opsi ini Anda pilih, maka halaman asli akan disimpan sebagai sebuah berkas teks. namun struktur tautan HTML tidak akan tersimpan. Akan tetapi dengan opsi ini juga Anda dapat membuka hasil simpanan halaman web dengan menggunakan program editor teks.
  • Semua Berkas (All files) : Pada dasarnya pilihan ini sama halnya dengan dengan opsi “Web page, HTML only”, yang menjadi pembeda adalah pada opsi ini Anda dapat menentukan sendiri ekstensi berkasnya (misal: “.htm” atau “.shtml”).

G. Klik Save. Salinan halaman web akan tersimpan sesuai dengan tipe yang telah Anda pilih dan lokasi yang telah Anda tentukan.

Cara Menyimpan Sebagian Halaman Web

A.Menyimpan gambar: Klik kanan pada gambar yang ingin Anda simpan, kemudian pilih Simpan Gambar sebagai (Save Image As)… dari menu konteks. Pilih lokasi yang dikehendaki untuk menyimpan gambar tersebut.

Seperti pada gambar di bawah ini, (Saya menggunakan browser Chrome berbahasa Indonesia)

menyimpan halaman web

B. Save Gambar di Folder

menyimpan halaman web

Keterangan lengkapnya sama seperti pada poin – G di atas.

Sebetulnya masih banyak cara menyimpan halaman web dengan beberapa teknik lainnya. Namun menurut Saya, cara yang Saya jelaskan di atas merupakan cara paling praktis dan sangat mudah dilakukan dibanding yang lainnya. Saya tidak ingin Anda dibuat ribet dengan berbagai cara yang sebetulnya fungsinya sama saja.

Sampai pada tahap ini, maka Anda sudah bisa membaca halaman web yang tersimpan tadi tanpa harus terkoneksi internet lagi.

Bagaimana, mudah kan?

Bagi pengguna browser yang tidak Saya jelaskan di atas, mungkin Anda bisa langsung mengunjungi halaman ini,

baik, selanjutnya Saya ingin menjelaskan cara menyimpan halaman web dengan :

2. Menggunakan Ekstensi/Add-Ons pada Browser

Dalam panduan kedua ini, Saya hanya ingin menjelaskan teknik menyimpan halaman website/blog dengan menggunakan tool bantu pada browser paling populer saja, yaitu Google Chrome dan Mozilla Firefox.

A. Google Chrome dengan Ekstensi PageArchiver

Buka halaman ini pada browser Chrome Anda. Ketik PageArchiver pada kotak pencarian, lalu tekan Enter. Terbuka halaman baru dan langsung tekan Tambah ke Chrome di bagian PageArchiver.

Seperti gambar di bawah,

menyimpan halaman web

Tunggu beberapa saat, lalu muncul pop up seperti di bawah ini dan klik Tambahkan Ekstensi.

menyimpan halaman web

Kembali muncul jendela kecil yang memberitahukan jika PageArchiver telah terpasang pada Google Chrome Anda. Kini icon Ekstensi PageArchiver bisa Anda lihat pada pojok kanan atas browser Chrome Anda.

menyimpan halaman web

menyimpan halaman web

 

 

 

 

Ketika Anda mencoba meng-klik icon PageArchiver saat pertama kali biasanya Chrome meminta untuk kembali menginstal ekstensi SingleFile Core sebagai ekstensi pendukung agar dapat menampilkan dan mengedit halaman web yang tersimpan. Lihat pada gambar ini,

cara menyimpan web halaman

Klik here seperti gambar di atas, dan ikutin penambahan ekstensi tersebut seperti halnya tadi PageArchiver. Silahkan tambahkan ke Chrome.

Dan begini cara penggunaan PageArchiver pada Chrome Anda.

Untuk menyimpan halaman web, silahkan buka terlebih dahulu halaman-halaman situs yang ingin kamu simpan.

Kemudian klik icon PageArchiver di pojok kanan atas browser Anda, lalu pilih menu Tabs.

Pada menu Tabs tersebut, akan tampil semua halaman web yang telah kamu buka pada setiap tab browser. Selanjutnya, Anda bisa memilih tab atau artikel mana saja yang ingin kamu simpan dengan cara memberi tanda centang, kemudian klik tombol Save dan tunggu proses penyimpanannya hingga selesai.

cara menyimpan halaman web

Untuk melihat hasil dari halaman web yang tersimpan, silahkan buka melalui menu Archives. Selanjutnya, klik tombol Open untuk membuka halaman web.

menyimpan halaman web

Selain Anda bisa membukanya, Anda juga bisa menghapus, tags bahkan meng export halaman yang Anda simpan ke dalam format zip.

PageArchiver memiliki fitur yang lengkap, diantaranya :

  • Dapat mengekspor halaman web dalam format HTML sehingga dapat dibaca terpisah tanpa menggunakan PageArchiver.
  • Mengedit halaman web yang tersimpan. Anda bisa memberi tanda pada kalimat yang penting, mengubah ukuran serta jenis font dan lain sebagainya.
  • Menambahkan tag dan rating bintang untuk halaman web yang tersimpan.
  • Mensortir halaman web yang tersimpan berdasarkan url, tag, judul, tanggal dan lainnya.
  • Halaman web yang tersimpan dapat dicari melalui address bar (omnibox) Google Chrome.
  • Dapat mem-bookmark halaman web yang tersimpan.

Dan masih banyak lagi yang dapat Anda manfaatkan dari ekstensi PageArchiver ini, silahkan Anda mencoba dan lakukan beberapa test sendiri.

Dengan menggunakan PageArchiver, sekarang Anda bisa membaca halaman web kapanpun dan dimanapun tanpa perlu menggunakan koneksi internet.

Baca : Cara Mengatasi Google Chrome Error atau Loading Terus

B. Mozilla Firefox dengan Add-Ons ScrapBook

ScrapBook ini merupakan add-ons Firefox yang akan membantu Anda untuk dapat menyimpan halaman website dan Anda dapat membuka website tadi secara offline.

Silahkan buka browser Mozilla Anda. Lalu, silahkan kunjungi halaman add-ons ScrapBook melalui tautan ini.

menyimpan halaman web

Setelah halaman terbuka, lalu klik Add to Firefox.

Tunggu hingga proses download selesai. Kemudian akan muncul kotak dialog yang menanyakan Anda untuk memasang add-ons baru ke dalam browser Firefox. Klik Install Now.

Perhatikan gambar di bawah ini,

menyimpan halaman webmenyimpan halaman web

Setelah terinsall, biasanya Mozilla meminta untuk restart.

menyimpan halaman web

Silahkan Restart Mozilla Firefox Anda.

Begini cara penggunaan ScraapBook pada browser Mozilla Firefox

Penggunaanya ternyata cukup mudah, buka terlebih dahulu website favorit kamu. Jika sudah, klik kanan mouse Anda pada halaman dan pilih opsi Save Page atau bisa juga memilih Save Page As.

menyimpan halaman web

Muncul pop up dimana Anda diberi opsi untuk menentukan folder dimana Anda akan menyimpan halaman web tersebut, membuat folder baru, memilih jenis file yang ingin Anda simpan termasuk gambar dan beberapa yang lainnya.

menyimpan halaman web

Lalu klik Save untuk menyimpannya.

Nah, sekarang Anda dapat membaca halaman website kapan saja secara offline tanpa harus terkoneksi dengan jaringan internet.

Baca : Cara Menghilangkan Custom Search Engine yang Mengganggu

Caranya lihat menu bar pada Mozilla Anda, pilih ScrapBook. Dan lihat, di bagian paling bawah sudah tercantum halaman web yang tadi sudah Anda simpan.menyimpan halaman web

Atau,

Anda juga bisa melihatnya di sidebar browser Anda dengan menekan Show Sidebar pada menu ScrapBook.

menyimpan halaman web

Untuk membuat Anda lebih memahami lebih jelas, silahkan Anda lakukan beberapa test pada ScrapBook di browser Mozilla Firefox Anda.

Itulah yang dapat Saya uraikan mengenai Cara Menyimpan Halaman Web pada browser di komputer/PC Anda agar bisa dibaca saat offline.

Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Cara Menyimpan Halaman Web untuk Dibaca Offline pada Komputer/PC”

Leave a Comment