Tips Jitu Meningkatkan Omzet Penjualan Online di Tokopedia

Cara meningkatkan omset penjualan di Tokopedia.

Ingin penjualan Anda di Tokopedia meningkat? Yuk tingkatkan transaksi toko online Anda dengan tips-tips menarik di bawah ini!

Berjualan di Tokopedia ternyata tidak sekedar daftar, buka toko, upload gambar produk, lalu menunggu pembeli datang.

Kalau hanya seperti itu, tentu saja ada banyak orang yang telah melakukannya.

Yang menjadi penting adalah bagaimana cara bisa meningkatkan penjualan di Tokopedia?

Inilah yang akan saya bahas pada tulisan ini.

Saya yakin, Anda akan sangat memerlukan tips ini.

Melihat persaingan semakin ketat yang terjadi saat ini ketika berjualan di Tokopedia, membuat kita semua berpikir bagaimana cara menjadi pemenang dalam kompetisi ini.

Pada dasarnya, berjualan di Tokopedia tidak berbeda jauh dengan berjualan di marketplace lainnya seperti Bukalapak, EleveniaShopee, atau yang lainnya.

Namun dari sekian banyak marketplace yang ada ini, tentu mempunyai beberapa strategi yang berbeda dalam meningkatkan penjualan produknya.

Ada 2 alasan kenapa saya menulis artikel ini:

1. Berawal dari kegelisahan seorang teman yang bercerita tentang perjuangannya berjualan di Tokopedia namun setelah sekian lama ternyata tidak kunjung mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

2. Karena ada begitu banyaknya email dan komentar yang datang ke saya menanyakan tentang banyak hal tentang cara meningkatkan penjualan di Tokopedia.

Oleh karena itu saya perlu menjelaskannya disini.

Baik,

Saya mengambil kesimpulan dari 2 alasan tadi, bahwasannya kebanyakan dari pembaca adalah mereka yang tidak sabar dalam berjualan di Tokopedia.

Semua orang tentu saja ingin sesegera mungkin bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dari setiap usaha yang dilakukan.

Namun itu semua mustahil bisa dilakukan.

Kecuali, Anda siap mengeluarkan banyak uang untuk beriklan setiap harinya. Anda bahkan harus rela kehilangan uang jutaan hingga puluhan juta rupiah untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Cara itupun masih belum tentu menghasilkan sesuai harapan Anda.

Artinya,

Semua usaha tidak ada yang instan. Butuh waktu dan proses.

Nah, kita semua kadang lemah dalam menjalaninya, tidak sabar, kurang teliti, tidak disiplin dan kurang belajar dari perjalanan orang lain yang kita anggap sudah lebih sukses dari kita.

Sama halnya dengan saya yang banyak tidak sabarnya 😀 . Pengennya sukses lebih cepat hehe..

Ternyata tidak demikian dalam menjalaninya.

Dalam berjualan di Tokopedia pun demikian. Tidak bisa instan.

Jika Anda berusaha menjalankan apa yang saya jelaskan seperti di atas, mungkin sekitar 6 bulan atau bahkan lebih baru bisa menikmati hasilnya. Itupun jika Anda serius.

Saya tidak menjamin apapun, namun saya bercerita seperti apa yang saya alami. Semua tergantung Anda yang menjalani.

Semakin Anda yakin, semakin Anda akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkannya.

Jadi jangan protes ketika Anda baru berjualan 1 atau 2 bulan namun belum kelihatan hasilnya. Lakukan terus perbaikan dan pelajari terus kelemahan-kelemahan Anda.

Sepertinya Anda perlu membaca ini: Cara Memulai Usaha Sendiri

Dan inilah strategi jualan online saya,

Strategi Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

Pertanyaan: bagaimana cara supaya toko kita ramai dikunjungi pembeli?

Jawaban: Harus mampu mendatangkan trafik pengunjung untuk meningkatkan penjualan produk kita. Lalu merubah pengunjung menjadi pembeli.

Percuma kan, pengunjungnya banyak tapi mereka tidak jadi membeli.. 😀

Simak baik-baik.

Saya sendiri suka memperhatikan toko-toko lain, saya pelajari apa sebenarnya yang membuat toko mereka ramai dikunjungi dan ramai pembeli.

Perhatikan gambar di bawah ini,

cara meningkatkan penjualan di tokopedia

Ketika saya menuliskan kata kunci iPhone dengan kategori Handphone dan Tablet, maka yang tampil di halaman paling atas adalah mereka yang mau mengeluarkan uang untuk biaya promosi supaya tokonya berada diurutan teratas pencarian.

Keren kan?

Tapi masalahnya, tidak semua bisa melakukan itu kalau tidak punya anggaran uang untuk beriklan. Apalagi bagi seorang pemula.

Nah solusinya untuk Anda yang belum punya anggaran buat beriklan, Anda bisa mengupayakan agar toko Anda bisa masuk dipencarian adalah dengan 6 strategi ini:

a. Termurah
b. Terbaru
c. Terlengkap
d. Photo produk high resolusi
e. Judul dan deskripsi yang menghipnotis
f. Promosi

Saya akan jelaskan secara singkat.

a. Termurah

Ini adalah pencarian terpavorit.

Hampir setiap orang menuliskan ini pada pencarian. Contoh,

“Sony Experia z3 termurah”

Pembeli berharap mendapatkan harga yang paling murah diantara semua yang murah. Jadi, selisih harga Rp.1000 pun jangan pernah Anda anggap remeh.

Mesin pencari di Tokopedia otomatis akan menmpilkan harga paling murah.

Setuju kan?

Artinya, Anda harus menyiapkan harga yang paling bagus dari harga yang ada. Karena dengan itu, ada kemungkinan toko Anda bisa tampil di pencarian ketika pembeli menuliskan keyword “termurah”

b. Terbaru

Beberapa produk memiliki kondisi kadaluarsa, misalnya gadget.

Biasakan Anda selalu mengupdate produk. Tampilkan selalu produk-produk yang terbaru di etalase toko Anda.

Jadi, ketika ada pembeli memasukan keyword “terbaru” pada mesin pencari, secara otomatis mesin akan menampilkan semua produk terbaru. Contoh,

“iPhone terbaru 2018”

Semua iPhone yang terbaru di setiap etalase toko akan diseleksi. Tentu saja mesin akan melakukan secara acak dalam menampilkannya.

Ini yang sering mempengaruhi mesin pencari:

  • Usia toko
  • Reputasi toko
  • Judul dan deskripsi (akan dibahas di bawah)

c. Terlengkap

Toko yang produknya lengkap akan disukai pengunjung.

Bukan hanya pengunjung, tapi mesin pencari juga akan menganggap toko Anda serius dalam menjalankannya. Sehingga mesin akan mendeteksi keberadaan pengunjung ketika banyak yang datang ke toko Anda.

Apalagi jika terjadi konversi (transaksi)

Jadi tugas Anda adalah menambah terus produk di etalase toko Anda.

d. Photo produk high resolusi

Tentu saja ini bukan tanpa alasan. Gambar produk yang bagus akan meningkatkan penjualan Anda. Pengunjung akan merasa suka dengan gambar atau photo produk yang terlihat jelas dan menarik.

Karena itu, jangan anggap sepele hal ini. Gunakan gambar atau photo produk yang high resolusi.

Bayangkan ketika Anda jadi pembeli, lalu disuguhi gambar yang kualitasnya rendah. Terlihat buram dan sama sekali tidak menarik. Apa yang kira-kira Anda lakukan?

Kebanyakan orang sih memilih pergi dan mencari toko lain yang lebih baik.

e. Judul dan deskripsi yang menghipnotis

Ini sudah pernah saya bahas sebelumnya.

Judul dan deskripsi yang menarik akan sangat berpengaruh terhadap siapapun yang melihatnya. Akan membuat penasaran sehingga menimbulkan klik bahkan bisa menjadi konversi penjualan.

Kata-kata termurah atau terbaru bisa Anda tambahkan pada judul sebagai kata hipnotis bagi pembeli. Contoh,

“Komputer Dell Core i7 DDR 4 Termurah dengan Garansi 1 Tahun”

Buat semenarik mungkin judul dan deskripsi pada setiap produk di toko Anda.

f. Promosi

Promosi sengaja saya tulis pada urutan terakhir. Karena promosi di Tokopedia ada 2 pilihan, yaitu gratis dan berbayar.

Anda bisa membaca cara promosi gratis langsung dari situs Tokopedia di bawah ini:

Bicara persaingan yang begitu ketat di Tokopedia saat ini, promosi berbayar bisa menjadi alternatif bagi Anda yang serius menjalankan bisnis ini.

Saya sendiripun sudah lama menggunakan jenis promosi ini. Dan itu jelas sangat membantu meningkatkan penjualan kita di Tokopedia.

Karena dengan kita melakukan promosi berbayar, posisi toko akan berada di posisi paling atas pencarian, itu artinya trafik pengunjung toko kita akan meningkat dan terjadi transaksi.

Prinsip saya begini, ketika kita berbicara keuntungan, maka kita harus siap melakukan hal yang yang bisa mendongkrak usaha kita. Ya itu tadi, salah satunya adalah dengan membuat promosi premium.

Kita rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan keuntungan lebih. Fair kan?

Yang penting, kita harus melakukannya dengan benar. Ada strategi-strateginya dalam melakukan promosi.

Ada 2 cara promosi berbayar di Tokopedia, Gold Merchand dan TopAds, silahkan cek:

Jadi, intinya Anda harus yakin dengan apa yang Anda sendiri lakukan. Kalau Anda percaya bahwa produk yang Anda jual punya potensi, maka pilihan untuk menggunakan promosi berbayar bisa menjadi pertimbangan Anda.

Dan di bawah ini adalah 13 cara agar pembeli tertarik dan menjadi pembeli di toko Anda.

Pelajari terlebih dahulu semua yang saya jelaskan, lalu coba pahami. Akan lebih baik jika tips ini bisa langsung dipraktekkan.

13 Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

1. Nama toko yang unik

Langkah ini seharusnya dilakukan saat awal membuka toko online.

Perhatikan Nama Toko Anda, usahakan sesuaikan dengan produk dan target pasar yang dibidik. Saya kasih contoh biar Anda lebih mudah memahami,

Jika Anda menjual produk busana muslim dengan target pasar wanita antara usia 20-35 tahun, maka Nama Toko yang harus Anda buat adalah dengan menggunakan kata yang modern, Islami namun tetap terlihat elegan.

Di bawah ini mungkin membantu Anda dalam pembuatan nama toko,

  • Nama toko hendaknya sesuai dengan produk yang dijual dan target pengguna produk Anda.
  • Nama toko harus enak didengar saat diucapkan dan mudah diingat.
  • Usahakan menggunakan nama yang memiliki makna/arti
  • Coba uji nama toko Anda di Google. Perhatikan kesamaan yang muncul dari google. Jangan sampai nama toko yang digunakan terkait dengan hal-hal yang tidak baik dari mesin pencarian google, atau mungkin nama yang hendak Anda gunakan telah dipakai orang lain.
  • Minta saran dari keluarga atau teman dekat.

Dari sebuah nama sering kali mempengaruhi penjualan.

Ketika pembeli datang biasanya langsung melirik nama toko Anda dan segala hal yang berkaitan dengan brand Anda.

Nama yang terkesan unik dan elegan dapat menjadikan magnet untuk pembeli. Kadang hanya karena sebuah nama dapat mempengaruhi kepercayaan pembeli.

Ingat, keberhasilan dari toko atau jualan online adalah terletak pada tingkat kepercayaan pembeli terhadap toko Anda.

Sekali lagi, perhatikan nama toko Anda. Buatlah se-unik mungkin.

2. Fokus dengan kategori item yang dijual

meningkatkan penjualan di tokopedia

Strategi berjualan di Tokopedia yang baik adalah dengan cara fokus menjual dalam satu kategori item.

Begini,

Jika Anda ingin menjual busana muslim, maka fokuslah untuk berjualan pakaian muslim. Jangan jual yang lain-lainnya yang tidak berhubungan dengan pakaian muslim.

Banyak orang yang mempunyai pemikiran, bahwa dengan menjual banyak jenis kategori maka tokonya akan dianggap komplit.

Itu salah besar.

Toko seperti itu akan membingungkan pembeli. Mereka justru tidak merasa yakin dengan jenis toko seperti itu.

Toko A menjual handphone dan aksesorisnya, sementara toko B menjual handphone dan peralatan olah raga. Maka Toko B akan tampak aneh sehingga akan mempengaruhi pembeli dalam bertransaksi.

Ketika toko Anda fokus dengan satu kategori item yang di jual, maka toko Anda akan terlihat lebih bonafid dan profesional.

3. Buatlah judul yang menarik

Seperti sering orang bilang, bahwa judul yang menarik sangat besar manfaatnya. Judul tulisan, judul produk, judul film atau judul apapun itu selalu dibuat dengan se-menarik mungkin.

Anda percaya ?

Saya ingin menjelaskannya lebih detail.

Sebelum Anda membaca sebuah artikel, menonton film atau melihat satu produk, hal yang pertama diperhatikan adalah judulnya.

Namun ingat, justru yang sering terjadi adalah ketika seseorang melihat judulnya yang tidak menarik, kebanyakan dari mereka justru tidak jadi melihat isinya (artikel), film atau produknya.

Intinya karena judulnya tidak menarik.

Judul hanya terdiri dari beberapa kata saja, tapi manfaatnya sangat penting. Jadi hati-hati dalam membuat judul.

Mungkin salah satu dari tips di bawah ini dapat membantu Anda dalam membuat sebuah judul.

  • Tulis judul yang lebih spesifik untuk 1 target pembeli, contoh judul : “Gaun muslim ini cocok untuk Anda gunakan saat pergi ke pesta”
  • Judul yang membuat pembeli merasa penasaran, contoh judul : “Gamis dengan bahan satin ini akan terasa dingin saat  Anda gunakan di sore hari”
  • Buatlah judul yang membangkitkan perasaan, contoh judul : “Kaftan Maroko ini bisa menjadikan Anda terlihat lebih muda 10 Tahun”

Luangkan waktu untuk memikirkan judul yang baik pada produk Anda.

4. Penamaan produk yang tepat

Dalam menamai produk tentu saja harus sangat diperhatikan. Tidak sembarang. Ini berpengaruh sekali terhadap daya beli dari pelanggan.

Gunakan kata kunci/keyword yang banyak di cari pembeli, dan coba posisikan diri Anda sebagai pembeli.

Seperti ini contoh menamai produk yang tepat:

[Jenis + Merk + Keterangan + Kata Promosi]

Komputer + Dell + Core i7 DDR 4 + Termurah/Garansi 1 Tahun

5. Buatlah deskripsi produk yang detail

Judul yang bagus saja tidaklah cukup. Deskripsi yang detail akan menjadikan pembeli lebih merasa yakin dengan produk Anda.

Detail produk yang Anda berikan secara jelas akan memancing pembeli untuk segera melakukan transaksi di toko Anda.

Bukan hanya itu, deskripsi yang baik dan jelas akan membantu orang untuk menemukan toko Anda saat mereka melakukan pencarian pada kolom pencarian di Tokopedia.

Dan sebagai manfaat tambahannya adalah deskripsi Anda akan membantu mengoptimalkan pencarian di mesin pencari Google atau istilah yang sering orang bilang SEO (Search Engine Optimization).

Alangkah baiknya jika Anda juga mempelajari tentang content marketing, agar tulisan atau deskripsi Anda bisa menarik minat pembeli untuk melakukan transaksi sehingga meningkatkan penjualan di Tokopedia.

6. Gunakan gambar produk yang jelas

Cara sukses berjualan di Tokopedia yang satu ini juga sangat penting untuk Anda pahami.

Jangan pernah membuat pembeli bingung saat melihat gambar yang kurang jelas di toko Anda. Gambar yang jelas (high resolusi) akan menambah nilai positif bagi kualitas toko Anda.

Ketika Anda memberikan photo yang terlihat nyata seperti aslinya, maka mereka (pembeli) tidak mungkin banyak bertanya mengenai hal ini dan itu (rewel), terutama perihal warna produk. Ini sangat penting.

Karena biasanya customer sering kali komplain barang hanya karena masalah warna. Antara warna pada gambar dan aslinya tidak sesuai, bahkan sama sekali tidak mirip. Ini yang dikhawatirkan.

Biasakan dalam menampilkan photo-photo produk menggunakan photo yang jelas dan terlihat nyata. Hal ini akan mempengaruhi dalam meningkatkan penjualan di Tokopedia.

meningkatkan penjualan di tokopedia
Gambar A
meningkatkan penjualan di tokopedia
Gambar B

Tentu saja gambar A lebih baik dari gambar B.

6. Pelayanan yang cepet dan tepat

Di Tokopedia terdapat istilah pelayanan bintang lima, yang artinya adalah pelayanan terbaik untuk pembeli dengan timbal balik pemberian rating kepada penjual.

Pelayanan dari penjual tentunya menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan penjualan di Tokopedia.

Siapkan waktu setiap saat ketika ada pembeli yang sekedar bertanya atau pembeli melakukan transaksi. Lakukan dengan cepat dan tepat.

Anda harus ingat pepatah bahwa “Pembeli adalah Raja”.

Pelayanan yang baik akan memberikan keuntungan secara finansial terhadap penjual yaitu Anda, sehingga pembeli memberikan Rating yang maksimal untuk toko Anda.

Pelayanan yang baik akan memberikan keuntungan secara finansial terhadap penjual, yaitu Anda.

Ketika terjadi masalah dalam transaksi seperti barang sampai dalam keadaan rusak, bantu dan berikanlah solusi kepada pembeli, misalkan dengan return barang.

Sampaikan hal-hal tersebut dengan sopan dan ramah, agar mereka pun menanggapi Anda dengan respon yang positif.

Dampaknya, pembeli pun akan puas berbelanja di toko Anda dan kemungkinan besar mereka akan kembali berbelanja di toko online Anda.

Selain itu, dengan reputasi toko yang baik, pembeli yang sudah merasakan kepuasan berbelanja akan merekomendasikan toko online Anda kepada orang-orang disekitar yang ia kenal.

cara meningkatkan penjualan di tokopedia

Ada beberapa hal lain yang masih berkaitan dengan pelayanan dan wajib Anda ketahui untuk meningkatkan penjualan di Tokopedia yaitu,

  • Perhatikan kecepatan respon pesan dalam diskusi
  • Proses pengiriman yang cepat
  • Kualitas produk selalu menjadi proioritas penting di toko Anda
  • Hindari kata-kata No Return, No Cancel, No Complain

Jika Anda terus melakukan pelayanan dengan sebaik mungkin, maka inilah sebenarnya salah satu strategi yang dapat meningkatkan penjualan di Tokopedia.

 7. Komunikasi yang baik memegang peranan penting

Usahakan selalu membalas diskusi dan review pembeli dengan cepat dan tepat. Sebaiknya, membalas diskusi dari pelanggan tidak lebih dari satu jam (lebih cepat lebih baik).

Hal seperti ini menggambarkan bahwa toko Anda adalah toko yang menghargai pembeli.

Memberikan pelayanan yang baik adalah mutlak harus Anda lakukan jika Anda menginginkan peningkatan dalam berjualan Anda di Tokopedia.

8. Favorit toko adalah sarana marketing

Ini yang harus selalu Anda perhatikan lagi. Ingatkan pembeli Anda untuk memfavoritkan toko Anda. Gunakan cara yang baik dan sopan.

Favorit toko sama seperti halnya Anda mempunyai followers yang nantinya akan selalu mendapatkan update produk setiap kali Anda melakukan upload produk terbaru.

Caranya cukup mudah saat meminta pembeli memfavoritkan toko Anda, salah satunya adalah dengan menyisipkan pesan ketika Anda membalas review mereka (pembeli)

9. Lakukan pembaruan berkala

Update produk di toko Anda wajib dilakukan terus menerus. Lakukan hal ini secara berkala, bisa seminggu 2 atau 3 kali secara rutin.

Dengan cara seperti itu pembeli yang telah memfavoritkan toko Anda akan selalu menerima update terbaru produk Anda di halaman homepage mereka.

Ini sangat bermanfaat untuk kemajuan toko Anda. Cara ini juga diyakini sebagai salah satu sarana marketing untuk produk-produk toko online Anda.

10. Gunakan fitur promosi “dink it” satu jam sekali

Tokopedia menyediakan fitur “dink it” atau promosi gratis setiap 60 menit sekali untuk mempromosikan produk Anda secara gratis.

Fitur ini diberikan khusus untuk semua toko yang ada di Tokopedia.

Oleh karenanya Anda sebagai salah satu pemilik toko di Tokopedia hendaknya mempergunakan kesempatan ini untuk melakukan promosi.

Adapun cara kerja fitur ini adalah dapat menampilkan produk toko Anda di halaman atas pencarian Tokopedia, sehingga berpeluang lebih banyak dilihat oleh calon pembeli yang tentunya berdampak pada peningkatan penjualan produk Anda dan memungkinkan pembeli melakukan transaksi lebih cepat di toko Anda.

cara meningkatkan penjualan di tokopedia

Pergunakan sebaik mungkin fitur ini.

11. Hindari toko tidak aktif

Saat Anda mendapatkan informasi yang menarik tentang satu produk pada sebuah toko online di Tokopedia, biasanya Anda akan segera mengunjunginya.

Namun apa yang terjadi ?

Toko tidak aktif.

cara meningkatkan penjualan di tokopedia

Tentu saja Anda kecewa, bahkan Anda menganggap bahwa toko tersebut tidak profesional dan tidak sesuai dengan informasi yang didapatkan tadi.

Lalu, pasti Anda akan segera mencari lagi toko lain yang benar-benar dapat memberikan apa yang Anda butuhkan.

Hal itu pula yang mungkin terjadi dengan pembeli-pembeli lain yang akan berbelanja ke toko Anda. Hindari tutup toko apalagi pada jam dimana banyak orang bertransaksi online.

Pada umumnya transaksi sering dilakukan pada jam : (11-13 siang), (15-17 sore), ( 17-22 malam).

Yang harus di ingat, bahwa Anda jangan berharap akan ada penjualan meskipun harga barang Anda merupakan yang termurah jika toko Anda tidak aktif !

 12. Minta keluarga, teman dan orang di sekitar Anda untuk belanja

Tidak ada salahnya guna meningkatkan penjualan di Tokopedia, Anda bisa mempromosikan semua produk toko Anda ke beberapa kerabat terdekat.

Minta keluarga, teman dan orang di sekitar untuk melihat produk di toko Anda, diharapkan dari sekian banyak produk yang ada ternyata ada yang membuat mereka tertarik untuk membelinya.

Atau jika Anda mau, mungkin bisa menawarkan kepada kerabat dan teman untuk menjadi reseller pada toko Anda. Karena Tokopedia juga tentu saja sudah menyediakan fasilitas dropshipp.

13. Aktif dan bagikan produk di media sosial dan forum

Seperti kita ketahui ada beberapa media sosial yang dapat digunakan untuk melakukan promosi gratis, seperti facebook, twitter, google+ dan masih banyak lagi yang lainnya.

Media sosial sering kali menjadi perantara yang cukup efektip untuk mendatangkan trafik ke toko Anda. Sehingga besar kemungkinan terjadi peningkatan transaksi dan penjualan di Tokopedia.

Manfaatkanlah media-media ini sebagai alat promosi toko online Anda.

Lakukan terus share produk dan toko online Anda ke media sosial ini, agar lebih banyak lagi orang yang akan mengetahui keberadaan toko Anda sehingga jumlah orang yang berkunjung dan berbelanja di toko online Anda pun akan semakin meningkat pesat.

Itulah yang dapat saya uraikan pada kesempatan ini mengenai cara meningkatkan penjualan di Tokopedia. Jangan pernah lewatkan peluang besar Anda untuk meraih banyak penghasilan yang berlipat.

Tingkatkan terus penjualan produk online Anda di Tokopedia dengan beberapa tips jitu di atas. Semoga bermanfaat.

33 pemikiran pada “Tips Jitu Meningkatkan Omzet Penjualan Online di Tokopedia”

  1. Menarik Gan

    Menurut Agan , menjadi Gold Merchant dan menggunakan Top Ads mempengaruhi penjualan nggak? Terima Kasih

    • Halo, Salam kenal

      Menurut Saya, dengan menggunakan Gold Merchant atau Top Ads tentu saja sangat berpengaruh terhadap penjualan bahkan membuat toko kita semakin mudah dikenal banyak orang.

      Dengan situasi sekarang yang begitu ketatnya persaingan di Tokopedia, Saya malah menyarankan untuk menggunakan layanan premium agar toko kita berada di pencarian teratas sehingga mudah ditemukan pembeli.

  2. sdh mencoba semua gan
    tks infonya
    cuma belum nyoba yg Gold Merchant atau Top Ads
    tahun lalu toko say tiap hari sdh dapat orderan
    tp belum banyak
    sekarang kok malah menurun ya
    ini toko sayahttps://www.tokopedia.com/tashargagrosirmu?nref=shphead

    • Gold Merchant dan Top Ads Tokopedia wajib dicoba gan. Alhamdulillah setelah pake, jualanku semakin laris, yah rata-rata minal 1-2 transaksi sehari. Plus, bagiku yang paling penting update selalu tokonya, terutama update produk.

  3. sangat bermanfaat nih artikelnya..
    oiya, mau share event menarik nih buat para pebisnis online, baik yg bru mulai bikin online shop atau online shop yang pengen ningkatin omsetnya.. “Jogja Digital Marketer Summit & Expo 2017” . Tempat para mastah di bidang digital marketing berkumpul, bisa curi2 ilmu di event ini. informasi lebih lengkap cek aja di webnya.

  4. Jadi satu akun sebaiknya hanya boleh dipakai hanya satu toko ya Boss, kalau kita punya beberapa produk yg berbeda berarti juga harus buka beberapa toko di tokopedia kita harus punya akun yg banyak juga ?

  5. Saya juga seller di tokopedia…
    Memang persaingan sangat ketat, mulai dari banyak nya seller, harga murah, dan promosi yg besar.
    Untuk itu kita harus tetap fight klo kita serius dan ingin bertahan di bisnis online ini. Jgn menyerah hanya gara gara tidak ada pembeli. tp usaha lah terus. karena setiap usaha pasti ada hasilnya.
    Klo ada yang mau cek toko online ku di tokopedia silahkan Tokopedia.com/ffgaragestore
    Terima kasih

    • Saya tidak bisa mengatakan mana lebih baik.

      Keduanya ada lebih kurangnya.

      Yang tidak ingin pusing mungkin pilih jualan di marketplace tinggal daftar, buka toko, temukan produk langsung jualan.

      Buka toko online sendiri keuntungan bisa lbih besar, cuma agak dipusingkan dengan urusan SEO untuk bisa tampil di page one Google.

      Saya sndiri lbih suka buat toko online sendiri.

Tinggalkan komentar