Google Custom Search pada Browser Sangat Menggangu? Segera Lakukan Cara Ini!

Google Custom Search

Cara Menghilangkan Tautan Google Custom Search – Sering kali kita dihadapkan pada situasi yang menyebalkan saat berselancar di internet. Ketika saya menulis suatu kata kunci di browser, yang tampil justru laman google custom search engine. Dan itu sangat mengganggu saya.

Saya melihat tautannya bukan lagi www.google.co.id namun menjadi https://cse.google.com. Halaman tersebut merupakan tautan Google custom. Saya mencoba merubah setelan pada Google Chrome, browser yang saya gunakan saat itu dan menjadikan Google sebagai beranda.

Namun cara tersebut ternyata tidak merubah keadaan. Sampai akhirnya saya menggunakan handphone untuk browsing mencari solusinya. Untuk itulah hari ini saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana cara menghilangkan custom search pada Google Chrome.


Inilah penampakan dari google custom search/Google CSE :

cara-menghilangkan-tautan-google-custom-searchLalu,

Apakah Google Custom Search Engine?

Google Custom Search (sebelumnya dikenal sebagai Google Co-op) adalah platform yang disediakan oleh Google yang memungkinkan pengembang web untuk menampilkan informasi khusus dalam pencarian web.

Jadi Google custom ini memang sengaja diprogram untuk menampilkan informasi atau artikel dari pemilik web atau blog tertentu.

Biasanya ada hubungannya dengan SEO. Sehingga menjadikan blog atau situsnya lebih mudah dijangkau pengguna. Bukan cuma itu, traffic menjadi target utamanya.

Kembali muncul pertanyaan,

Siapa saja yang dapat membuat Google Custom Search?

Siapapun bisa, termasuk Anda yang mempunyai blog atau web. Dalam kesempatan berikutnya saya akan menjelaskan untuk Anda bagaimana cara membuat Google Custom Search Engine pada WordPress.

Kembali ke pokok bahasan,

Bagaimana cara menghilangkan tautan Google custom search pada Google Chrome Anda ?

Baiklah saya akan menjelaskannya sekarang, simak baik-baik.

Cara ini sebetulnya sangat mudah saja dilakukan, hanya tinggal merubah beberapa settingan pada browser. Dan Saya menggunakan setelan bahasa Indonesia pada browser Chrome ini supaya Anda lebih mudah memahaminya.

Cara Menghilangkan Tautan Google Custom Search (Google CSE)

Ganti beranda, menggunakan halaman Google atau halaman lainnya yang Anda suka.

Langkah pertama adalah, klik  pada sudut kanan atas browser Google Chrome Anda, seperti gambar di bawah ini,

cara-menghilangkan-tautan-google-custom-search

Lalu pada tab Setelan, tandai tulisan Buka laman atau beberapa laman tertentu dan klik Setel Laman seperti pada gambar di bawah ini yang ditandai kotak merah. Lihat contoh di bawah ini,

cara-menghilangkan-tautan-google-custom-search

Dalam kolom ini, Anda diminta menuliskan halaman yang Anda sukai.

Saya menulis www.google.com sebagai halaman tetap pada browser saya. Silahkan Anda sesuaikan dengan kebutuhan, bisa menuliskan Bing.com, Yahoo.com, Google.co.id atau yang lainnya. Setelahnya, silahkan klik OK.

cara-menghilangkan-tautan-google-custom-search

Setelah Anda merubah halaman tetap sesuai yang diinginkan, maka langkah selanjutnya adalah menggeser kursor  ke bagian bawah browser Chrome Anda, klik Tampilkan Setelan Lanjutan,

cara-menghilangkan-tautan-google-custom-search

Pada Setelan Lanjutan, ada tulisan Jaringan lalu klik Ubah Setelan Proxy. Seperti pada contoh gambar di bawah,

cara-menghilangkan-tautan-google-custom-search

Klik pada tab Connection, pilih lalu klik LAN Settings.

cara-menghilangkan-tautan-google-custom-search

Pada setting LAN terdapat beberapa kolom, perhatikan Proxy Setting seperti yang di tandai kotak merah, HILANGKAN centang dalam kolom Use a proxy server for your LAN ( These settings will not apply to dial-up or VPN connections ). Lalu klik OK

cara-menghilangkan-tautan-google-custom-search

Dan sekarang, coba Anda kembali ke halaman pencarian Google lalu ketikkan sesuai keyword Anda.

Pada akhirnya Anda kembali dapat mengakses Google Search Engine seperti biasanya, tampilan normal. Gambar di bawah ini buktinya,

cara menghilangkan tautan google custom search

Jika setelahnya ternyata setelan tersebut kembali berubah, maka sepertinya komputer dan browser Anda terinfeksi virus atau malware. Saya akan membahas ini pada artikel UPDATE di bawah.

Itulah Cara Menghilangkan Google Custom Search pada browser Chrome Anda, semoga bermanfaat.

Baca : Cara Mengatasi Google Chrome Error atau Crash

Agar Anda lebih mudah dalam mengikuti caranya, maka video ini dapat membantu Anda.


UPDATE ! 08-12-2016

Cara Menghapus Custom Search Engine yang tidak Diinginkan pada Browser

Karena ada begitu banyak pesan yang dikirim ke saya mempertanyakan bahwa cara menghilangkan tautan Google Custom Search pada artikel di atas hanya bersifat sementara, dan tidak dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Mereka minta solusinya.

Untuk itu saya akan memberikan satu cara baru yaitu cara menghilangkan Custom Search Engine pada Google secara Permanen. (Menghapus CSE Permanen)

Baik, langsung saja.

Kali ini dengan menggunakan sebuah software pihak ke-3 dengan nama Malwarebytes AdwCleaner. Silahkan Anda langsung download saja, GRATIS.

Cara Menghilangkan Tautan Google Custom Search

Ikuti tahapannya,

  1. Download dan install AdwCleaner (Klik saja langsung)
  2. Lalu, Klik >Scan seperti pada gambar di bawah ini. Tunggu hingga selesai proses scan, mungkin perlu beberapa saat.
    Cara Menghilangkan Tautan Google Custom Search
  3. Akan nampak hasil scan, jumlah file yang dianggap virus (malaware) akan terdeteksi. Klik >Clean dan tunggu proses penghapusan file malware/virus tersebut hingga selesai.Cara Menghilangkan Tautan Google Custom Search
  4. Ada permintaan Reboot, silahkan Klik >OK untuk restart komputer Anda.
  5. Setelah komputer kembali nyala, ada notes pemberitahuan mengenai data-data yang telah dihapus, Silahkan tutup notes tersebut atau abaikan saja.
  6. Buka browser Google Chrome Anda, Klik >Tiga titik di pojok kanan atas browser, lalu Klik >Setelan.Cara Menghilangkan Tautan Google Custom Search
  7. Tarik kursor Anda ke bawah, Klik >Tampilkan Setelan Lanjutan Cara Menghilangkan Tautan Google Custom Search
  8. Cari ke bawah dan Klik >Ubah Setelan ProxyCara Menghilangkan Tautan Google Custom Search
  9. Akan tampil sebuah halaman baru, Internet Properties, Klik >LAN Setting.Cara Menghilangkan Tautan Google Custom Search
  10. Kembali terbuka sebuah halaman kecil, Local Area Network (LAN) Setting, lalu CENTANG >Automatically Detect Setting. Klik >OKCara Menghilangkan Tautan Google Custom Search

Selesai.

Silahkan Anda buka tab baru pada browser Google Chrome, lalu mulailah menggunakan kembali Search Engine Google sebagai default.

Cara ini dapat juga digunakan untuk mengatasi dan menghapus Google Custom Search Engine yang tidak diinginkan pada browser lainnya seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari, Opera dan Microsoft Edge.

37 pemikiran pada “Google Custom Search pada Browser Sangat Menggangu? Segera Lakukan Cara Ini!”

  1. saya sudah coba cara diatas, tp masih kembali lagi seperti td. kalau memang terkena virus bagaimana mengatasinya? mohon bantuanya, terimakasih

    • Hai Novi,

      Memang sangat menjengkelkan ya ..

      Apa kamu sudah coba ubah kembali mesin penelusuran menjadi Google dengan panduan Menjadikan Google sebagai mesin telusur default?

      Artikel sudah Saya update, tolong dibaca kembali.

      Terima Kasih

  2. Itu kan disuruh ngilangin centang di “use proxy server for your LAN”. Setelah dihilangkan centangnya muncul lagi. Gimana caranya ngilangin centangnya secara permanen ?

    • Halo ..

      Saya sudah mencobanya di Firefox, dan berhasil.

      Jika ada kendala, mungkin bisa dijelaskan disini. Nanti mungkin bisa dicarikan solusinya bersama.

      Terima kasih telah berkunjung

    • Halo Mikhael..

      Coba kmu restart dulu komputernya, lalu coba buka kembali Chromenya.

      Namun jika Chrome masih saja loading, Saya saranin untuk uninstall Google Crome dan coba untuk kembali menginstalnya.

      Bila belum teratasi permasalahannya, tolong jelaskan lagi disini supaya bisa dicarikan solusinya bersama-sama.

      Terima Kasih

  3. Maaf, sebelumnya saya sudah bertanya, saya sudah menggunakan saran yang anda berikan tetapi tidak membuahkan hasil, selain cara itu apa ada cara yang lain?…., terimakasih atas bantuan sebelumnya

    • Maaf, apa pada browser Mozila Firefox Anda mengalami hal yang sama?

      Jujur, Saya belum pernah mengalami hal seperti ini. Biasanya setelah menggunakan ADW Cleaner tidak ada dampak apapun, hanya tinggal restart komputer saja.

      Mungkin diantara teman-teman lain bisa memberikan solusi, atau pernah mengalami pengalaman yang sama. Silahkan untuk share disini.

      Terima kasih

  4. Maaf, Sebelumnya terimakasih sudah membalas pertanyaan saya pada browser Mozila Firefox saya Tautan Google Custom Search berasil di hilangkan, tetapi tidak demikian Dengan browser google chrom maaf jika saya selalu bertanya,…….. Mohon di maklumi

  5. Thanks berat admin!
    Sempet putus asa, Semua cara tanpa pake 3rd party udah dicoba, tapi tetep ga bisa. Tab baru dadakan muncul mulu (sekali muncul, bisa 3 tabs, munculnya mendadak dan terus2an), home page ga bisa diganti (startpageing123 / research123 / etc).
    Pas install AdwCleaner, langsung bersih chrome-nya (walopun was was, sejauh mana pengaruh yang akan dikasi AdwCleaner ke depannya terhadap kinerja komputer saya).

    Thanks a lot!

    • Halo Aryo,

      Sejauh yang Saya ketahui sih tidak ada dampak negatif dari cara di atas. Namun jika saja suatu saat ada sesuatu hal, tolong sampaikan pada komentar ini agar bisa jadi pengalaman buat teman-teman yang lainnya.

      Terima kasih Anda telah berkunjung.

  6. Terrific post but I was wanting to қnow if yyou
    could write a litte more on this topic? I’d be ᴠerү thankful if you could elaƄorate a little bit more.

    Many thanks!

  7. Amazing! This blog look jyst like my old one! It’s onn a toitally diffetent subject but it hass
    prtty muxh the same page layout and design. Great chice of colors!

    Hello there! This bog post could not be written much better!
    Reading through this article reminds mme off myy previouus roommate!
    He always kept preching about this. I am going to swnd his poist too him.
    Fairly certain he’ll hasve a very good read. Maany thajks foor sharing!

    You have made somke realy good pints there. I looked on thee internet to fiknd out more about the issue and fouhnd mos individals will go
    alog with your news on this web site.

Tinggalkan komentar