Cara Terbaru Riset Keyword Menggunakan Google Keyword Planner

Karena Anda seorang blogger atau internet marketing, istilah Google Keyword Planner bisa jadi sudah tidak asing lagi bagi Anda.

Salah satu strategi SEO pada blog adalah meriset kata kunci (keyword).

Berbagai cara dilakukan untuk menemukan kata kunci (riset keyword) saat sebelum membuat atau menulis artikel pada postingan sebuah blog atau website.

Google Keyword Planner merupakan salah satu tool gratis yang sering menjadi pilihan.

Namun belakangan ini, justru banyak yang bingung bagaimana memulai menggunakannya, terlebih lagi bagi mereka yang pertama kali mencobanya bahkan untuk Anda yang seorang pemula.

Ada beberapa perubahan yang dilakukan Google dalam menampilkan halaman GKP saat ini.

Ketika mengaksesnya, justru yang pertama terlihat adalah sebuah halaman untuk membuat kampanye iklan AdWords. Di sinilah letak kebingungan itu biasa terjadi.

Hampir semua orang mempunyai tujuan ingin mengetahui volume pencarian suatu kata kunci berikut kata kunci relevannya, namun yang terjadi malah seperti terjebak dalam pembuatan kampanye iklan yang mesti dibayar menggunakan kartu kredit.

Tentu saja, bagi sebagian orang dengan tampilan seperti ini membuat pusing dan juga kesal.

Namun, hal yang harus Anda sadari adalah bahwa sebetulnya Goolge Keyword Planner memang diperuntukkan buat mereka yang mempunyai layanan iklan Adwords.

Seperti ini tampilan Google Keyword Planner terbaru,

google keyword planner

Nah, bagi Anda yang tetap ingin menggunakan Google Keyword Planner bahkan mungkin untuk pertama kalinya dan Anda tidak ingin terjebak ke dalam halaman seperti di atas, maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Menggunakan Google Keyword Planner untuk Pertama Kali

1. Buat Email Baru

Sebetulnya permasalahannya ada disini.

Bagi Anda yang sudah terlanjur terjebak ke halaman kampanye iklan AdWords, solusinya adalah dengan membuat Gmail baru.

Untuk memiliki email baru Google, silahkan Anda kunjungi halaman Buat Akun Gmail dan masukan data yang yang diminta pada form yang tersedia.

Isikan:

  • Nama Anda,
  • Nama pengguna,
  • Kata sandi, Konfirmasi kata sandi,
  • Tanggal lahir,
  • Gender,
  • Nomor ponsel,
  • Alamat email Anda saat ini
  • Lokasi dimana Anda tinggal.

google keyword planner

Ikuti tahapan mudah berikutnya hingga akun baru Anda disetujui.

Sampai pada tahap ini, Saya beranggapan bahwa Anda sudah memiliki akun baru Gmail, silahkan lanjut  ke langkah berikutnya.

2. Kunjungi Google Keyword Planner (https://adwords.google.com/KeywordPlanner)

google keyword planner

Klik masuk, lalu masukkan alamat dan password Gmail baru Anda

3. Anda akan menemukan halaman Selamat Datang di Google AdWords. dan perhatikan baik-baik tulisan ini: tidak usah gunakan pembuatan akun terpandu ini. Lalu klik tulisan tersebut.

google keyword planner

Ingat, jangan tekan tombol Lanjut karena Anda akan masuk ke halaman pembuatan kampanye iklan AdWords sehingga bisa kembali membuat Anda terjebak.

Satu hal lagi, jika Anda masuk menggunakan akun yang sudah pernah terjebak sebelumnya, maka tampilan seperti gambar di atas tidak akan ada. Artinya, tampilan seperti itu hanya untuk akun yang baru pertama kali saja digunakan.

4. Pada halaman baru, masukkan kembali alamat Gmail Anda. Negara, zona waktu, dan mata uang adalah opsional. Setelah itu, klik tombol Simpan dan lanjutkan.

google keyword planner5. Pada halaman berikutnya, perhatikan tab menu di atas lalu klik Alat dan pilih Keyword Planner.

google keyword planner6. Klik Dapatkan data dan tren volume penelusuran.

google keyword planner

7. Anda dibawa ke satu halaman baru. Tulislah keyword yang ingin Anda cek volume pencariannya. Bisa lebih dari satu dalam sekali pengecekan. Pada bagian Penargetan negara, pilih Indonesia. Lanjutkan dengan mengklik Dapatkan volume penelusuran.

google keyword planner

8. Pada gambar di bawah ini adalah hasil volume penelusuran dari Google Keyword Planner.

Google Keyword Planner

9. Anda bisa cek kata kunci lain dengan cara menuliskan kembali kata kunci di kolom Masukkan kata kunci lalu klik Dapatkan volume penelusuran. Lakukan hal seperti ini untuk mendapatkan hasil penelusuran kata kunci seterusnya.

Sekedar info,

Sejak Agustus tahun lalu, hasil riset penelusuran kata kunci di Google Keyword Planner ini tidak lagi menampilkan angka persisnya, namun hanya menampilkan hasil kisarannya saja. Jadi untuk Anda semua tidak usah kaget lagi ya ..

Dan satu hal,

Pada dasarnya Google Keyword Planner itu bukanlah alat untuk riset kata kunci, namun diperuntukkan bagi mereka pengguna Google AdWords (layanan iklan PPC Google).

Artinya, hasil volume persaingan kata kunci di GKP adalah tingkat kesulitan dari iklan AdWords. Karena itulah, untuk mencari dan mendapatkan keyword tidak cukup baik kalau hanya menggunakan Google Keyword Planner, tapi butuh beberapa tool lain untuk riset kata kunci dengan hasil terbaik.

Baca : Cara agar Blog/Website Tampil di Halaman Pertama Google

Pada kesempatan yang akan datang, Saya akan menjelaskan bagaimana cara riset keyword paling jitu. Tunggu ya ..

Itulah uraian singkat tentang cara menggunakan Google Keyword Planner untuk pertama kali. Semoga bermanfaat.

8 thoughts on “Cara Terbaru Riset Keyword Menggunakan Google Keyword Planner”

  1. Selamat sore mas Asep

    Terima ksih infonya. Saya pernah d buat pusing tntang GKP ini. Pngen coba riset kata kunci tapi malah diarahkan ke pmbuatan iklan terus haha pusing.

    Artikel ini menjawabnya. Saya yakin, banyak orng yg terjebak pusing sperti saya 😀

    Keren mas

  2. Seorang blogger harus bisa mencari keyword yang tepat untuk membuat artikel. Agar artikel yang kita buat menjadi tujuan banyak orang yang membutuhkannya. Salah satu tool yang banyak digunakan untuk mencari kata kunci/keyword adalah google keyword planner

Leave a Comment