Cara Memilih Template Blog yang SEO Friendly

Template blog merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi SEO. Namun, untuk memilih template blog yang baik dan tepat dibutuhkan beberapa pertimbangan yang harus disesuaikan dengan keinginan search engine dan tentunya kenyamanan pembaca.

Search engine dan kenyamanan pembaca adalah dua kriteria yang menjadi tolok ukur bagaimana Anda harus menentukan template blog yang baik.

Berawal dari datangnya beberapa email yang dikirimkan ke saya tentang kekagumannya melihat template yang saya gunakan di website ini. Bahkan beberapa diantaranya meminta saran sekaligus rekomendasi template blog yang baik seperti apa.

Karena itulah saya ingin menjelaskan apa yang saya ketahui tentang bagaimana cara memilih template blog agar disukai pembaca sekaligus mesin pencari.

Sebetulnya sih yang dikatakan keren atau tidaknya sebuah template pada blog adalah relatif. Artinya, bisa saja sebagian orang menilai keren, namun sebagian lainnya menyatakan biasa saja atau bahkan mengatakan jelek.

Oleh karenanya tampilan sebuah blog dianggap keren adalah bila template pada blog Anda bisa memenuhi kriteria search engine dan user (pengguna) atau sering orang katakan template blog SEO Friendly dan User Friendly.

[click_to_tweet tweet=”Template blog yang baik selalu mempunyai dua kriteria ini, yaitu SEO Friendly dan User Friendly” quote=”Template blog yang baik selalu mempunyai dua kriteria ini, yaitu SEO Friendly dan User Friendly”]

Pernah beberapa orang bertanya ke saya, apakah memilih template blog yang tepat dapat berdampak terhadap lalu lintas pengunjung?

Mungkin maksudnya begini,

Jika Anda memiliki sebuah blog dengan template yang menurut Anda keren, postingannya banyak, artikelnya juga bagus dan cukup berkualitas, namun ko’ blognya sepi-sepi saja.

Apa kasus tersebut bisa ada kaitannya dengan template?

Ini menurut saya,

Banyak faktor yang menyebabkan sepinya pengunjung pada blog, diantaranya:

  • Judul headline tidak kompetitip
  • Konten tidak menarik
  • Optimasi berlebihan
  • Topik tidak populer
  • Terlalu mengabaikan SEO
  • Navigasi buruk
  • Iklan yang mengganggu
  • Loading blog lelet
  • Salah memilih template

Nah dalam hal ini, template blog ternyata punya peran penting dalam meningkatnya traffic blog, dan itu artinya bahwa setiap blogger mempunyai kewajiban untuk bisa memilih dan menentukan sebuah template yang tepat dan baik.

Lalu, seperti apa template blog yang baik?

Ada baiknya saat Anda memilih sebuah template blog, maka Anda harus melakukan test dulu terhadap template tersebut (blog demo) untuk meyakinkan Anda bahwa templatenya layak untuk digunakan. Beberapa hal di bawah inilah yang menjadi penentunya,

Tips Memilih Template Blog yang Tepat dan Baik

Adapun kategori template yang baik ialah dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Responsive
  2. User friendly
  3. Fast loading
  4. Skor SEO
  5. Facebook Debugger

Saya akan menjelaskannya satu per satu,

Responsive

Template blog adalah template yang responsive. Artinya, template yang bisa menyesuaikan tampilannya dengan berbagai ukuran perangkat yang digunakan.

Jadi ketika Anda membuka situs di perangkat komputer atau perangkat mobile (SmartPhone atau Handphone) ukuran tampilannya menyesuaikan secara otomatis.

Responsive berarti Mobile Friendly (ramah terhadap versi mobile).

Responsive menjadi salah satu faktor SEO penting sehingga blog disukai mesin pencari (seo friendly)

Dan kabar baiknya adalah, hampir semua template blog yang ada saat ini sudah dibuat responsive. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang ini.

Namun jika Anda tetap ingin mengetahui template blog Anda responsive atau tidak, Anda bisa menggunakan layanan gratis Google ini,

Mobile-Friendly Test

memilih template blogcara memilih template blog

Atau, Anda juga bisa mengeceknya di:

  1. Am I Responsive
  2. Troy Labs Daum

Simple dan User Friendly

Template blog yang baik tidak hanya disukai search engine, namun ada yang lebih penting lagi yaitu template yang membuat pembaca nyaman. Adalah template blog yang user friendly berarti ramah untuk pembaca, dan template blog dengan kriteria seperti ini harusnya menjadi pilihan Anda.

Dari segi tampilan, biasanya template yang dianggap user friendly terlihat simple dan sederhana sehingga tampilannya akan enak di pandang dan juga terlihat bersih serta terkesan elegan. Pengunjung pun akan merasa lebih memahami isi dari blog Anda dan nyaman berlama-lama di website Anda.

Tentu saja, sebuah template yang user friendly adalah yang mempunyai struktur navigasi yang baik sehingga akan memudahkan pembaca dalam mengeksplore tiap halaman di blog Anda.

Memilih template blog user friendly dengan struktur navigasi yang baik adalah hal yang penting dilakukan setiap blogger.

O iya, bukan hanya struktur navigasinya saja yang harus baik, namun juga harus memperhatikan struktur data pada template tersebut.

Untuk itu, Anda dapat mengetahui sebuah template blog dengan struktur data yang baik dengan cara melakukan pengecekan.

Anda bisa mencobanya disini:

Struktur Data Testing Toolmemilih template blog memilih template blogAnda bisa mengetahui kesalahan-kesalahan struktur data pada template pilihan Anda. Jika ternyata terdapat banyak kesalahan, maka Anda bisa memperbaikinya atau memilih yang lainnya.

Fast Loading

Kecepatan loading sangat mempengaruhi kenyamanan pembaca, oleh sebab itu template yang baik tentu saja mempunyai keunggulan disini.

Memang, yang mempengaruhi kecepatan situs ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Namun langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin membuat blog adalah dengan memperhatikan template blog yang Anda gunakan.

Satu hal yang harus Anda ketahui, bahwa kecepatan loading pada sebuah blog sangat erat kaitannya dengan peringkat di search engine. Jadi faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan situs itulah yang harus benar-benar Anda perhatikan, dan langkah pertamanya adalah dengan memilih template blog yang tepat.

Anda bisa membaca apa yang dikatakan Google tentang pentingnya kecepatan loading pada sebuah situs.

Bahkan Google sendiri selalu memberikan gambaran seperti ini:

Hampir separuh pengunjung akan meninggalkan situs Anda apabila lamannya tidak dimuat dalam waktu 3 detik. Sebagian besar orang tidak akan menunggu lama pada situs yang lambat dimuat dan memilih mengunjungi situs lainnya.

Intinya, Anda jangan ambil resiko itu. Memilih template blog yang fast loading menjadi solusinya. Kunjungi Situs di bawah ini untuk mengecek kecepatan template pilihan Anda.

GT Metrix

memilih template blogmemilih template blog

Standar minimal memiliki skor B (80%). Nilai A (90%) tentu sangat bagus. Jika template blog yang Anda test memiliki skor kecepatan di bawah 80% (C), maka abaikan! Percuma saja, karena seperti kata Google tadi, blog yang loadingnya di atas 4 detik akan ditinggalkan pengunjung.

Skor SEO

Saat ini, banyak orang mengatakan bahwa skor SEO tidak lagi penting seperti dulu-dulu setelah algoritme Google update.

Dulu, template yang dianggap bagus selalu memberikan hasil skor SEO 100% atau minimal 80%.

Kebanyakan dari mereka melakukan pengecekan untuk SEO blog dengan mengunjungi situs chkme.com. Sehingga setelah melihat hasilnya, banyak orang menganggap kesalahan-kesalahan SEO On-Page pada blognya yang menjadi penyebab skor SEO-nya rendah dan mereka berusaha memperbaikinya.

Lucunya, untuk memperbaiki skor SEO tersebut cukup mudah dilakukan, hanya dengan mengganti beberapa kode script maka hasil SEOnya langsung berubah jadi bagus.

Apa semudah itukah mendapatkan skor SEO?

Untuk lebih jelasnya, coba Anda baca apa kata Mas Sugeng Riyadi dalam blognya tentang skor SEO di chkme.com.

Jika Anda penasaran, silahkan Anda coba cek skor template blog Anda di bawah ini:

chkme
memilih template blogmemilih template blog

Facebook Debugger

Kenapa hal ini perlu menjadi catatan ketika Anda akan memilih template blog?

Saya merasa perlu menyampaikan mengenai facebook debugger yang menurut saya ini cukup penting untuk menjadi pertimbangan Anda dalam memilih template yang baik.

Media sosial di era sekarang cukup mempengaruhi perkembangan sebuah blog. Karena dengan media sosial itu sendiri, blog Anda bisa mudah dikenal banyak orang, bahkan Anda bisa leluasa mempromosikan artikel-artikel pavorite Anda disana.

Adapun manfaat fitur facebook debugger adalah untuk menampilkan gambar, judul, dan kutipan alinea pertama (deskripsi posting) saat share postingan Anda di Facebook.

Harusnya, template blog yang baik sudah mempunyai fitur seperti ini.

memilih template blog

Untuk mengeceknya, copy dan paste salah satu postingan di demo blog. Lihat apakah Facebook Open Graph-nya sudah baik seperti contoh gambar di atas.

Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman saya, ternyata tidak semua tampilan blog yang diterapkan membuat situs kita tetap menarik bagi orang lain dan juga bagi Google.

Yang harus menjadi poin penting adalah bagaimana pembaca dan semua pengunjung blog kita merasa nyaman dengan struktur, desain dan navigasi blog. Dan itu dimulai dari bagaimana Anda bisa memilih template blog yang tepat.

Saran saya, cermati dahulu sebelum memilih template blog mana yang pas dan cocok sebelum memulai menulis posting dalam blog Anda, karena template akan ikut mempengaruhi masa depan blog Anda.

Dan inilah 25+ Template Blog Keren dan SEO Friendly Karya Anak Bangsa yang mungkin bisa menjadi solusi untuk Anda.

Semoga bermanfaat.

9 thoughts on “Cara Memilih Template Blog yang SEO Friendly”

  1. Jangan lupa untuk memilih template yang mobile frienly. karena sebagain besar pengguna internet nggunakan mobile untuk mengakses informasi

  2. memang harusnya blogger memilih template yang mengedepankan user-friendly, kalo bicara user-friendly dulu para blogger masih pada sering buat blog dengan embel-embel backsound. template yang ada saljunya, dan efek kertas di pojok kanan hahaha

Leave a Comment