Tips Terbaik Melupakan Mantan yang Dicintai

Ingin tahu cara melupakan mantan Anda?

Saya mendapatkan email beberapa hari lalu, tentang seseorang yang ingin melupakan mantan pacarnya. Dan hari ini saya akan mencoba memberikan cara atau solusinya.

Seperti ini isi emailnya:

Halo, nama saya ********* 23 tahun, 5 tahun menjalin hubungan dengan seseorang. Namun banyak hal yang tidak sejalan dalam hubungan itu.

Lebih menyakitkan lagi, kalau ternyata laki-laki yang saya cintai ternyata mempunyai wanita lain (selingkuh). Akhirnya kami memilih untuk menyudahi hubungan ini.

Setelah 3 bulan berlalu, ternyata saya tidak dapat melupakannya. Bathin saya tersiksa..

Selalu saja saya memikirkannya, saya terlalu menyayanginya ..
Tolong kasih saya solusi, bagaimana cara saya bisa melupakannya.

Terima kasih.

Solusi untuk Melupakan Mantan Pacar (Kekasih)

cara melupakan mantan

Dalam situasi ini, jalan satu-satunya yang dianggap sebagai solusi terbaik adalah memutuskan hubungan tersebut dan melupakan mantan atau move on.

Ini bukan hal mudah. Sangat sulit dan menyakitkan. Bahkan saya pernah mengalaminya sehingga saya mengerti bagaimana perasaan sakit itu begitu menyiksa.

Curhat juga jadinya 😀

Ini masalah hati, mungkin orang lain tidak pernah akan bisa memahaminya apa yang tengah bergejolak di hati.

Tapi ingat, jika perasaan ini selalu Anda manjakan, maka Anda telah di bodohi perasaan itu sendiri. Anda harus bangkit dan lupakan semua yang telah terjadi. Perjalanan hidup Anda masih panjang di depan.

Untuk Anda pembaca setia AinkWeb yang juga sedang mengalami patah hati, coba simak beberapa tips dari saya, diharapkan dapat membantu Anda keluar dari semua permasalahan dan rasa sakit hati.

10 Cara Melupakan Mantan

1. Berjanji pada diri sendiri untuk tidak berkomunikasi dengan mantan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berjanji pada diri sendiri bahwa Anda akan menutup semua akses komunikasi dengan mantan. Yakin dan seriuslah.

Jika mantan yang memulai komunikasi, jangan pernah Anda hiraukan. Acuhkan saja.

Bahkan bila Anda serius, Anda bisa buang semua kontak dan ganti semua nomor serta apapun yang mantan kekasih tahu tentang Anda.

Sekali saja Anda berkomunikasi lagi, maka hati Anda akan kembali luluh.. dan pada akhirnya hanya akan menyisakan rasa sakit di hati yang terus menerus.

Kuatkan hati Anda untuk melawan perasaan iba atau apapun tentang mantan kekasih Anda. Karena itu cuma akan menyiksa dan juga menghancurkan hati Anda kembali.

Saya yakin, Andai dalam langkah pertama ini Anda gagal, maka Anda tidak akan pernah keluar dari perasaan yang menyiksa itu.

Coba Anda pahami dengan serius.

2. Hindari semua hal yang mengingatkan mantan kekasih

Cara ke-dua ini hampir mirip dengan cara nomor satu.

Anda dituntut untuk dapat meninggalkan apapun yang berkaitan dengan mantan kekasih, apapun yang selalu mengingatkan kejadian-kejadian saat bersama.

Ada beberapa contoh yang bisa bikin Anda selalu mengingatkan mantan kekasih,

  • Photo saat-saat bersamanya
  • Lagu yang sering Anda dengarkan waktu bersamanya
  • Hadiah-hadiah yang pernah mantan kasih untuk Anda
  • Semua kontak di sosial media yang berkaitan dengan mantan
  • Tempat nongkrong atau tempat romantis dimana Anda selalu makan bersamanya

Dari beberapa hal di atas merupakan hal yang wajib Anda buang, harus Anda hilangkan dan tinggalkan.

Buang jauh-jauh semuanya.

Mungkin cara ini tidak sepenuhnya bisa langsung melupakan semua kenangannya, tapi paling tidak Anda sudah melakukan hal baik untuk diri dan hati Anda sendiri.

Saya tahu, sebentar lagi Anda akan dapat melupakannya.

Pelan tapi pasti.

3. Coba ingat keburukan mantan

Mengingat keburukan orang lain sebetulnya bukan hal yang terpuji, tapi demi kebaikan hati Anda dan supaya mata Anda menjadi lebih terbuka bahwa perpisahan Anda dengan mantan kekasih Anda adalah hal terbaik.

Bisa saja, kalau hubungan Anda masih terus berlanjut justru bukan tidak mungkin mantan kekasih Anda akan lebih menyakiti Anda ke depannya.

Mengingat keburukan mantan bisa menggugah perasaan Anda sehingga menjadikan hati Anda tidak respek lagi. Lambat laun perasaan sayang Anda akan memudar.

Anda harus yakin, bahwa semua yang terjadi selalu ada hikmah di baliknya.

4. Refreshing

Coba luangkan waktu Anda untuk sedikit refreshing. Banyak tempat-tempat rekreasi di luar sana yang mungkin dapat mengobati dan melupakan permasalahan yang ada.

Mungkin tidak untuk menyembuhkan luka hati Anda, atau sekaligus bisa melupakan mantan kekasih. Namun paling tidak, bisa sedikit melegakan hati Anda untuk beberapa saat.

Carilah tempat yang benar-benar bisa membuat hati Anda tenang dan nyaman, hindari tempat kebisingan dan terlalu ramai. Pegunungan atau pantai bisa menjadi alternatif tempat buat Anda.

5. Berkumpul bersama teman

Berkumpul bersama teman tentu saja merupakan hal baik (positif).

Anda bisa saling berbagi cerita, atau mendengarkan cerita dari teman-teman tentang perjalanan cinta mereka. Hal seperti itu biasanya akan menambah kekuatan pada diri Anda. Anda juga akan merasa lebih lega setelah mengutarakan banyak hal yang selama ini tersimpan dalam hati.

Seorang teman baik tentu saja akan mendengarkan segala keluh kesah dari Anda, bahkan mereka akan memberikan dukungan dan motivasi supaya Anda tidak selalu terpuruk dan meratapi keadaan.

Seperti itulah teman yang baik dan itulah manfaatnya mempunyai sahabat sejati.

6. Berusaha untuk merelakannya dengan ikhlas

Poin ini terbilang sulit.

Mempunyai tekad yang kuat di dalam hati Anda untuk dapat melupakan sang mantan adalah hal baik, namun tidak mudah saat dilakukan.

Coba Anda lebih santai dalam menyikapinya. Berpikirlah bahwa dengan berpisah merupakan pilihan terbaik buat Anda. Berusaha untuk merelakannya dengan ikhlas akan membuat hati Anda jauh lebih tenang.

Selalu berpikir positif saja.

7. Jika perlu menangis, menangislah

Saat hati lagi sedih, sakit dan entah apalagi yang bergejolak, membuat Anda pasti ingin menumpahkan semuanya. Rasanya ingin menangis, menjerit atau berteriak.

Iya, saya memahami hal itu, bahkan saya pun pernah merasakannya.

Apapun yang ingin Anda lakukan selagi masih dalam batas wajar, silahkan Anda lakukan.

Menangis merupakan hal yang wajar saat kita lagi dihimpit berbagai kesedihan, luka hati, dan rasa kangen pada seseorang.

Jika dengan menangis dapat melegakan perasaan hati Anda, silahkan lakukan.

Yang paling penting, Anda harus punya prinsip bahwa Anda harus kembali bangkit dan mulai menata lagi kehidupan Anda ke depannya. Lupakan semua masa lalu.

8. Mencoba membuka hati untuk yang lain

Mencoba membuka hati untuk yang lain adalah ide bagus.

Walaupun awalnya tentu sulit, namun lambat laun saya yakin Anda akan bisa menerimanya.

Saat Anda sakit hati dan sedih, sebenarnya Anda membutuhkan seseorang teman ngobrol. Nah saat itulah Anda coba untuk membuka diri buat orang lain yang sekiranya bisa membantu Anda mendengarkan semua kesedihan Anda.

Itulah awal dari perubahan baik untuk Anda. Memberikan kesempatan buat orang lain untuk peduli pada Anda itulah yang harus dipertimbangkan.

Hanya dua pilihan, apakah Anda hanya ingin terbuai dengan masa lalu bersama mantan lantas Anda merasa terus-terusan berada pada kesedihan.

Atau,

Anda berusaha memperbaiki keadaan Anda dengan cara membuka hati untuk orang lain dengan harapan bisa mendapatkan yang jauh lebih baik dari mantan Anda.

Semua kembali ke Anda.

Coba yakinkan dalam hati, bahwa tidak ada yang dapat merubah hidup Anda selain Anda sendiri.

9. Sibukkan diri Anda

Banyak hal yang dapat Anda lakukan.

Menyibukkan diri dengan pekerjaan, tugas kuliah atau pekerjaan Anda lainnya akan berdampak baik terhadap cara berpikir Anda.

Hindari kegiatan melamun dan meratapi diri.

Dengan adanya kesibukan, maka pelan-pelan Anda akan bisa melupakan mantan.

Anda juga bisa melakukan kegiatan ini:

Olahraga, memancing, bermain game atau menyalurkan hobi Anda yang tentunya bersifat positif.

10. Berserah diri kepada Sang Pencipta

Ini cara terakhir bagaimana melupakan mantan kekasih menurut pandangan dan ajaran Islam.

Kita semua tahu, hanya Kepada Tuhan kita semua berserah diri, memohon ampunan dan petunjuknya. Sang pencipta alam semesta juga yang bisa mendengarkan semua keluhan-keluhan kita.

Untuk Anda juga yang mungkin sedang mendapat ujian apapun, cobalah perbaiki terus diri Anda, dekatkan selalu diri Anda dengan Sang Pencipta.

Berdo’a dan minta selalu petunjuknya.

Semua permasalahan yang sedang dihadapi sekarang adalah karena kuasaNya. Tuhan pasti punya rencana baik di balik ini semua.

Jika Anda sangat tersiksa dan susah untuk melupakan mantan kekasih, percayalah bahwa akan ada hikmah dibaliknya.

Allah tidak akan memberikan cobaan apapun di luar kemampuan kita.

Insyaallah Anda akan bisa melupakan mantan Anda dengan keyakinan dan niat Anda yang serius.

Ketika Anda dekat dengan Allah, maka Allah akan senantiasa dekat dan menjaga Anda.

Itulah cara melupakan mantan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Tips Terbaik Melupakan Mantan yang Dicintai”

  1. Hwahaha, kena banget..
    Gw pikir no 8 paling sulit lah. Gak mudah buat hati tiba2 terima orang baru.

    But it’s ok, tulisannya keren abis, renyah
    Thanks

Tinggalkan komentar