Mengenali Secara Detail Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Google

Mesin pencari Google

Pernah tahu cara kerja mesin pencari (search engine)?

Artikel ini menjelaskan secara khusus tentang bagaimana Google search engine atau mesin pencari milik Google bekerja.

Dalam dunia blogging, mesin pencari  merupakan satu nama yang sudah tidak asing lagi tentunya.

Sangat erat hubungannya dengan SEO dan kata kunci (keyword) yang setiap saat selalu saja dituliskan dalam kotak pencarian oleh banyak pengguna internet di dunia.

Namun ternyata masih ada beberapa diantaranya yang tidak mengetahui secara jelas pengertian mesin pencari dan bagaimana cara kerja mesin pencari yang selama ini sering mereka pergunakan ketika berselancar di internet.

Tentu saja, ada beberapa mesin pencari selain Google yang juga populer, diantaranya Bing, Yahoo, dan Yandex.

Masih ada beberapa yang lainnya, namun hanya sebagian kecil saja yang menggunakan seperti ASK, MSN serta AOL.

Karena mesin pencari Google jauh lebih populer dibanding yang lainnya, makanya tulisan ini dibuat supaya kita semua tahu tentang cara kerja mesin telusur ini.

Sebelumnya, saya akan menunjukan penampakan dari tampilan mesin pencari Google yang selalu kita gunakan.

cara kerja mesin pencari google

Dan ini selengkapnya tentang mesin pencari Google.

Pengertian mesin pencari Google

Mesin pencari Google adalah sebuah produk yang sengaja diciptakan Google sebagai program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group pada suatu jaringan.

Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia.

Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. (Wikipedia)

Intinya, bahwa mesin pencari memang dibuat untuk membantu semua pengguna internet dalam mencari informasi baik berupa situs web, gambar atau hal lainnya.

Karena itu, Google sebagai salah satu perusahaan raksasa dibidang internet mengetahui betul kebutuhan konsumen dalam membantu memberikan informasi yang akurat tentang hal apapun.

Itulah mesin pencari atau search engine Google.

Sejarah mesin pencari Google

Terdapat sejarah yang sebagian orang belum mengetahui tentang bagaimana awal mula mesin pencari ini diciptakan.

Dan saya pikir kita semua perlu untuk mengetahuinya.

Paling tidak, kita akan merasakan dan menghargai sebuah karya hebat setiap kali menggunakan mesin pencari.

Pada awal tahun 1997 Google hadir dan mencoba bersaing dengan beberapa pesaing tangguh saat itu dalam memberikan layanan berupa mesin pencari.

Adapun beberapa pesaing sebelumnya yang diantaranya adalah Aliweb, HotBox, Exite, dan Lycos. Mereka sudah terlebih dahulu hadir sekitar tahun 1994 dan mengklaim bahwa mereka adalah yang terbaik dalam layanan pencarian di internet.

Namun Google ternyata tidak pernah merasa takut untuk bersaing dengan mereka, bahkan Google mampu dengan cepat menjadi penyedia layanan penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan di dunia.

Persaingan cukup sengit di tahun-tahun berikutnya. Namun tidak ada satupun mesin pencari yang dapat menghentikan kesuksesan Google.

Di tahun 2000, Yahoo sempat memamerkan taringnya sebagai satu-satunya mesin pencari yang paling digemari dan paling banyak digunakan.

Keadaan itu tidak lantas membuat Yahoo lama dengan posisi terbaiknya, karena Google mampu menerobos dan membuktikan diri sebagai penyedia mesin pencari yang terbaik dan paling populer.

Bahkan pada akhirnya Google dipercaya sebagai mesin pencari utama dan terbaik hingga saat ini.



Bagaimana cara kerja mesin pencari Google

cara kerja mesin pencari google

Setelah tadi di atas kita mengetahui pengertian dan sejarah tentang mesin pencari Google, kini saatnya Anda juga mengenali bagaimana cara kerja mesin pencari Google (search engine Google).

Sebagai orang awam tentunya kita tidak habis pikir, bagaimana mesin pencari bisa membantu orang diseluruh dunia dalam memberikan informasi yang akurat mengenai banyak hal.

Bayangkan, dalam setiap detik ada jutaan pengguna internet menggunakan mesin pencari dan menuliskan beberapa kata kunci dalam kotak pencarian lalu secara otomatis Google memberikan banyak pilihan jawaban yang relevan dengan kata kunci yang dituliskan tadi.

Bagaimana itu bisa terjadi ?

Agar Anda lebih mudah memahami, saya akan menguraikannya lebih detail.

Secara umum ada 3 hal yang dilakukan oleh mesin pencari, yaitu :

  • Crawling dan Indexing
  • Algoritma
  • Fighting Spam

Crawling dan Indexing

cara kerja mesin pencari google

Crawling adalah proses saat Googlebot atau dengan istilah (Robot, Bot atau Spider) merupakan program yang dimiliki search engine untuk melacak dan menemukan link yang terdapat dari setiap halaman yang ditemuinya.

Tugasnya adalah untuk menentukan spider harus pergi kemana dan mengevaluasi link berdasarkan alamat yang ditentukan dari awal.

Crawler selalu mengikuti link dan mencoba menemukan dokumen yang belum dikenal oleh search engine.

Google mempunyai perangkat komputer super canggih untuk menjalankan robot-robot atau spider dalam merayapi dan mengambil data pada miliaran laman web.

Kalau dilihat sepintas, cara kerja mesin pencari ini mirip dengan kebanyakan pengguna biasa. Mengunjungi situs lalu melusuri tautan demi tautan.

Ada satu hal yang menarik disini, setiap pemilik situs ternyata dapat mengatur dan membatasi Googlebot dalam merayapi dan menelusuri situs.

Misalnya dengan mengatur halaman-halaman tertentu saja untuk dirayapi. Pemilik juga bahkan bisa menolaknya untuk sama sekali tidak dikunjungi Googlebot.

Ketika pengguna menuliskan kata kunci (keyword) pada mesin pencari, maka sistem Google akan memproses pencarian dengan mencari, mencatat dan menyusun kata dalam sebuah data base yang sangat besar.

(Jumlah situs web yang terindeks mencapai 60 triliun dengan besar ukuran file mencapai 100 juta gigabyte) dengan cara mengambil informasi pada situs web termasuk dalam tag konten utama dan atribut, seperti judul tag dan atribut ALT dan hasilnya nanti adalah jawaban dari kata kunci yang diinginkan oleh pengguna tadi.

Jadi pada intinya indexing adalah komponen yang melakukan aktivitas untuk menguraikan masing-masing laman dan meneliti berbagai unsur, seperti teks, headers, struktur atau fitur dari gaya penulisan, tag HTML khusus.

Algoritma

Kalau dilihat dari namanya, algoritma/algoritmik adalah istilah dari matematika yang artinya sebuah proses perhitungan.

Dalam istilah mesin pencari, algoritma mempunyai arti sebuah prosedur atau langkah demi langkah untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.

Seperti dijelaskan pada laman Google bahwa Googlebot atau spider tersebut menggunakan proses algoritmik yaitu sebuah program komputer yang menentukan mana situs yang harus ditelusuri (crawling), seberapa sering, dan sebanyak apa laman yang diambil dari sebuah situs.

Fighting spam

Setelah Googlebot melakukan pekerjaannya dari mulai indexing dan crawling lalu menghitung berapa banyak situs yang musti dirayapi, seberapa sering spider tersebut merayap maka langkah selanjutnya adalah fighting Spam.

Sesuai namanya, fighting spam berarti berperang melawan spam/pesan sampah.

Inilah hebatnya mesin pencari Google.

Google menghadirkan beberapa slide yang mengungkapkan bagaimana sistem mampu melawan situs berisikan spam atau pesan sampah.

Dengan kecanggihan mesin ini Google mampu memilih dan memilah-milah konten mana yang bermanfaat dan konten mana yang hanya berisi spam.

Bahkan mesin ini dapat sekaligus menghapus konten yang telah dianggap spam tadi.

Ingin tahu secara detail bagaimana cara kerja mesin pencari Google dalam memerangi spam/pesan sampah ?

Tautan ini sebagai jawabannya.


Ketika ke-3 langkah tadi sudah dilakukan oleh mesin pencari maka hasil search yang dituliskan pengguna dengan kata kunci (keyword) tadi akan tersaji diurutan-urutan awal sehingga sesuai dan relevan dengan kebutuhan pengguna.

Semua proses penelusuran database dan pemilahan informasi di atas terjadi super cepat, hanya sekitar 1/8 detik saja dari penekanan tombol “ENTER” hingga penyajian hasil pencarian tampil.

Sangat luar biasa.

Fitur mesin pencari Google

Ada sebuah fitur yang cukup menarik dari mesin pencari Google ini, bahkan bisa dibilang fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna ketika menuliskan kata pada kotak pencarian.

Fitur spelling suggestion Google

Mungkin Anda sering mengalami dalam setiap menggunakan mesin pencari Google ketika mengetikkan kata lalu muncul saran berupa kata kunci alternatif yang dinilai Google lebih tepat.

Saran biasanya dimulai dengan pertanyaan “Did you mean?” atau “Mungkin maksud Anda?” dalam bahasa Indonesia yang diletakkan di bagian atas laman hasil pencarian.

Seperti ini penampakannya,cara kerja mesin pencari google

Bagaimana cara kerjanya fitur ini ?

Saat pengguna memasukkan kata kunci, algoritma mesin akan membandingkan kata kunci yang dimaksud dengan  kata-kata lain yang mirip dan mempunyai arti yang berdekatan.

Jika algoritma tersebut menyimpulkan bahwa sebuah alternatif kata kunci bisa membuahkan hasil yang lebih relevan ketimbang kata awal yang diketikkan oleh pengguna, maka alternatif kata kunci itu bakal ditampilkan di atas hasil search dengan pertanyaan “Did you mean?”

Biasanya yang sering terjadi saat pengguna menuliskan kata namun terjadi salah ketik.

Sebenarnya cara kerja spelling sugestion Google mirip dengan sofware-sofware yang umumnya sering digunakan pada komputer.

Hanya saja, karena mengambil data dari internet di seluruh dunia, spelling suggestion Google mampu memberi saran dengan lebih akurat dan sesuai konteks.

Tentu saja dengan adanya fitur ini jelas akan lebih membantu pengguna termasuk Anda dalam menggunakan mesin pencari saat berinternet.

Ada beberapa fitur lain yang tidak kalah hebatnya sebagai bagian dari cara kerja mesin pencari Google, namun saat ini saya belum dapat menguraikannya untuk Anda. Next time akan saya tulis pada artikel selanjutnya.

Kelebihan mesin pencari Google dibanding mesin pencari lain

Setelah di atas saya menjelaskan bagaimana cara kerja mesin pencari google, maka inilah kelebihan mesin pencari Google dibanding mesin pencari yang lainnya,

Inilah beberapa kelebihannya :

Simple : Saat melihat dari sisi tampilannya, mesin pencari Google lebih simpel dan sangat sederhana. Namun terlihat elegan serta enak dipandang.

User Friendly : Sangat mudah digunakan bahkan bagi orang yang awam sekalipun.

Web Service : Google mendukung layanan web service yang diperuntukkan untuk para software developer. Sehingga mereka lebih dimudahkan dan para software developer tidak harus menciptakan mesin pencari sendiri.

Relevan : Tentu saja, ini merupakan satu kelebihan mesin pencari Google dalam menyajikan refrensi yang relevan pada pengguna dengan kata kunci yang Anda ketikkan. Sehingga hasil yang didapatkan lebih tepat dan akurat.

Manfaat mesin pencari

Dari pembahasan di atas tadi, kiranya kita dapat menyimpulkan tentang begitu banyak manfaat yang dapat diambil dari mesin pencari, terutama bagi pengguna internet tentunya.

Saya akan mencoba merangkumnya.

Inilah manfaat dari mesin pencari :

  • Hampir 90% pengguna internet selalu menggunakan mesin pencari dalam menggali berbagai informasi. Untuk saat ini Google masih merajai untuk kategori mesin pencari populer dan paling banyak digunakan.
  • Paling mudah digunakan dibanding cara lain dalam mencari informasi, baik berupa artikel, gambar, video, audio dan yang lainnya.
  • Sangat mendukung dalam ajang promosi sehingga jangkauan bagi konsumen lebih luas dan tak terbatas.
  • Dapat berinovasi untuk menjadi posisi teratas dalam search engine, hal ini sangat erat hubungannya dengan istilah SEO bagi para blogger dan pebisnis online.
  • Biaya mengakses relatif lebih murah dibanding mencari sumber informasi dengan cara lain.

Alternatif mesin pencari selain Google

Karena ada banyak mesin pencari selain Google search engine, sebetulnya saya sulit untuk merekomendasikannya. Namun, jika dilihat dari kepopulerannya hanya ada 2 Mesin pencari yang bisa dijadikan alternatif.

1. Bing

Bing adalah mesin pencari milik Microsoft. Sebelum sistemnya berubah sepenuhnya, Bing memiliki nama MSN Search, Windows Live Search dan Live Search.

Bing diharapkan mampu menjadi mesin pencari yang paling dapat diandalkan dalam mencari beragam informasi, sehingga dapat menggeser dominasi Google Search.

Harapan tersebut diwujudkan melalui fitur-fitur yang dibangun dalam Bing.

Beberapa fitur yang menjadikan Bing diprediksikan mampu menggeser keberadaan Google search, antara lain : Best Match, Interface Features, Media Features, Instant Answer, Bing Maps, Bing Travel.

Inilah penjelasan detail mengenai Bing menurut Wikipedia.

Tampilan depan Search Engine Bing seperti di bawah ini,

cara kerja mesin pencari google

2. Yahoo

Nama ini sudah tidak asing lagi. Yahoo adalah layanan mesin pencari terkemuka yang diemban oleh Yahoo. inc. Search engine Yahoo yang dirilis pada tahun 1996 ini memiliki cukup banyak kelebihan yang tidak kalah baiknya dengan mesin pencari lain.

Kelebihan yang paling menonjol adalah adanya fitur shopping.

Bagi pebisnis online, mesin pencari Yahoo ini kerap digunakan dalam aksi bisnis mereka. Pengguna akan dimudahkan dalam mencari jenis barang dengan harga yang telah dicantumkan.

Yahoo sendiri memiliki sejumlah layanan mode pencarian, antara lain Yahoo Image, Yahoo Video, Yahoo Local, Yahoo News, dan Yahoo Shopping Search.

Secara rinci dijelaskan pada halaman ini.

Inilah penampakan dari Search Engine Yahoo,

cara kerja mesin pencari google


Itulah uraian bagaimana cara kerja mesin pencari Google dan beberapa manfaat serta hal yang berkaitan dengan mesin pencari atau search engine.



Saya lebih menyarankan untuk Anda dalam mengakses mesin pencari Google agar menggunakan browser Google Chrome yang recomended sebagai produk yang sama-sama dari Google.

Namun, jika ada sesuatu yang mengganggu Anda saat membuka Search Engine Google pada browser Chrome seperti tampilan CSE (Google Custom Search), silahkan baca : Cara Menghilangkan Custom Search pada Browser Chrome.

Atau,

Google Chrome Anda mengalami masalah, coba baca artikel Cara Mengatasi Google Chrome Error sebagi solusinya.

Semoga bermanfaat.

10 thoughts on “Mengenali Secara Detail Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Google”

    • Halo Mustian,

      Terima kasih koreksinya, InsyaAllah ke depannya akan saya perbaiki dalam penulisan artikel berikutnya.

      Saran dan kritiknya akan sangat berharga buat saya.

      Salam

Leave a Comment