Cara Mendaftar Ojek Online 2018

Selamat datang, calon ojek online..!

Saya akan memberitahukan Anda dua hal sebelum mendaftar:

  • Kalau sekedar mendaftar jadi ojek online, caranya sangat mudah
  • Tapi untuk sukses sebagai pengojek online, bisa jadi lebih sulit

Anda mungkin tertarik untuk daftar ojek online karena melihat beberapa orang atau bahkan teman Anda yang sudah lebih dulu mendaftar dan telah resmi menjadi pengojek online.

Apapun itu alasannya, Anda telah berada di tempat yang tepat saat ini. Karena saya akan menjelaskan secara terperinci apa-apa yang menjadi persyaratan saat daftar ojek online.

Cara Daftar Ojek Online

Ada 3 panduan mendaftar ojek online di bawah ini, dan itu sangat mudah dilakukan. Ke-3 nama ojek online ini adalah yang sedang populer di Indonesia saat ini.

Silahkan Anda pilih salah satu untuk mendaftar atau Anda scroll ke bawah jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai ojek online.

daftar ojek online

Kalau mau kita telusuri artinya, Ojek online adalah sebuah transportasi umum berupa motor yang menggunakan internet ketika memesannya. Layanannya sangat modern karena berbasis aplikasi android dan iOS.

Saat memesan, pelanggan harus mendownload aplikasi ojek online terlebih dahulu lewat Play Store ataupun App Store.

Bukan hanya itu, pelanggan juga tidak mesti repot untuk menawar harga seperti yang biasa dilakukan ketika menggunakan jasa ojek pangkalan.

Seluruh biaya sudah dihitung secara otomatis melalui aplikasi tersebut sesuai dengan jarak tempuh.

Karena cara memesannya yang sangat mudah tersebut, makanya saat ini ojek online tentu saja jauh lebih populer dibanding ojek biasa.

Hal itu juga yang menjadikan banyak orang berbondong-bondong untuk daftar ojek online.

[su_box title=”Harusnya sih ini penting untuk Anda!”][su_button url=”https://aink.web.id/denda-pajak-kendaraan-bermotor/” target=”blank” style=”flat” size=”5″ wide=”yes” center=”yes” icon=”icon: check-square” desc=”Bingung menghitung berapa denda pajak kendaraan Anda, disinilah solusinya dijelaskan!”]Cara Mudah Menghitung Denda Pajak Motor dan Mobil[/su_button][/su_box]

Jika saya melihat cerita ke belakang,

Pada akhir 2014 lalu, hampir tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan bila layanan ojek online akan menjadi sesuatu yang besar.

Namun kehadiran aplikasi Go-Jek pada Januari 2015 dan GrabBike empat bulan setelahnya membuat ojek online menjadi salah satu bisnis startup yang paling trend saat ini.

Makanya Go-Jek disebut-sebut sebagai pelopor ojek online di Indonesia.

Inilah penjelasana selengkapnya,

1. Go-Jek

daftar ojek online

Saking populernya, hampir banyak orang ketika menyebut nama ojek maka langsung teringat nama Go-Jek.

Walaupun baru berhasil meraih popularitas pada 3 tahun terakhir ini, Go-Jek sebenarnya sudah dibangun sejak tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim.

Layanan Go-Jek tersedia di beberapa kota besar di Indonesia diantaranya : Jabodetabek, Bali, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Solo, Malang, Yogyakarta, Balikpapan, Manado, Bandar Lampung, Padang, Pekanbaru dan Batam.

Dan hebatnya lagi, hingga bulan Juni 2016, aplikasi Go-Jek sudah diunduh sebanyak hampir 10 juta kali.

Menjamurnya penggunaan jasa Go-Jek membuat adanya kecemburuan di antara tukang ojek pangkalan. Dengan banyaknya pro dan kontra justru membuat nama Go-Jek semakin dikenal masyarakat.

Kontroversi Go-Jek dengan ojek pangkalan terjadi karena adanya perbedaan logika.

Ojek pangkalan memegang teguh logika “sopan-santun”. Di dalam pangkalan ojek ada banyak norma-norma sosial yang harus dipatuhi, seperti harus antre ketika akan mengambil penumpang dan tidak diperbolehkan mengambil penumpang di wilayah yang bukan area-nya.

Sementara itu, logika Go-Jek adalah logika korporasi yang semua harus serba teratur dan pasti, baik dari segi harga, pelayanan, dan asuransi.

Ketika driver Go-Jek datang mengambil penumpang tanpa antre dan tanpa mematuhi batas-batas wilayah, ojek pangkalan menganggapnya sebagai tindakan yang tidak mematuhi norma sosial pangkalan.

Hal ini yang menyebabkan keduanya seringkali berkonflik. (Wikipedia)

Inilah beberapa fitur dan layanan yang diberikan Go-Jek:

  • Pengiriman Barang (GO-SEND)
  • Transportasi Motor (GO-RIDE)
  • Pesan makanan (GO-FOOD)
  • Berbelanja (GO-MART)
  • Antar barang banyak/besar (GO-BOX)
  • Bersih-bersih (GO-CLEAN)
  • Kecantikan (GO-GLAM)
  • Pijat/refleksi (GO-MASSAGE)
  • Jadwal Transjakarta, dan pengantaran dari/ke halte terdekat (GO-BUSWAY)
  • Pesan tiket (GO-TIX)
  • Transportasi Mobil (GO-CAR)
  • Montir (GO-AUTO)
  • Obat Kesehatan (GO-MED)
  • Pulsa (GO-PULSA)
  • Belanja Barang (GO-SHOP)
  • Taxi BlueBird (GO-BLUEBIRD)

Karena begitu populernya Go-Jek, tak sedikit warga Ibu Kota yang menaruh kepercayaan dengan memanfaatkan jasa ini guna membantu aktivitasnya sehari-hari.



Bahkan ada beberapa pengemudi Go-Jek yang mengaku mendapatkan penghasilan besar lebih dari saat dia menjadi tukang ojek pangkalan.

Coba baca ini : Cerita sopir ojek pendapatannya naik drastis berkat Go-Jek

Jika Anda berminat dan ingin bergabung menjadi driver Go-Jek, segera daftarkan diri Anda sekarang:

2. GrabBike

daftar ojek online

Kehadiran GrabBike pada 2015 lalu dituding meniru gaya Go-Jek. Hal ini disampaikan langsung CEO Go-Jek Nadiem Makarim.

Namun pihak GrabBike tidak serta merta menanggapi tudingan tersebut.

Justru seminggu setelah peluncuran Beta (Aplikasi GrabBike), pihak GrabBike mengklaim telah mendapatkan total 8.000 pemesanan dan lebih dari 1.000 pengendara.

Grab (sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi) adalah sebuah perusahaan asal Singapura yang melayani aplikasi penyedia transportasi dan tersedia di enam negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Filipina.

Grab memiliki visi untuk merevolusi industri pertaksian di Asia Tenggara, sehingga dapat memberikan keamanan serta kenyamanan bagi pengguna kendaraan seantero Asia Tenggara.

Hingga bulan Maret 2015, jumlah pengguna Grab mencapai 3,8 juta pengguna.Grab tersedia untuk sistem operasi Android, iOS, dan BlackBerry.

Di Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek, mobil, dan taksi. Saat ini Grab tersedia di seluruh Jakarta dan sekitarnya. (Wikipedia)

Jakarta adalah kota ketiga yang mengoperasikan GrabBike, setelah Ho Chi Minh dan Hanoi di Vietnam.

Dengan iming-iming penghasilan jutaan rupiah, berbondong-bondong orang ingin mendaftar menjadi pengemudi ojek digital termasuk GrabBike ini.

Ditaksir penghasilan rata-rata per bulan para pengemudi GrabBike diklaim cukup besar.

Menurut Kiki Rizki, Country Head Marketing GrabTaxi Indonesia, rata-rata penghasilan pengemudi GrabBike bisa mencapai Rp 8 juta per bulan, bahkan bisa lebih.

“Kami menerapkan sistem bagi hasil 90% untuk pengemudi dan 10% untuk perusahaan. Di luar itu, pengemudi juga akan mendapatkan bonus insentif,” papar Kiki ketika jumpa pers di Plaza Barat, Senayan, Jakarta, Rabu pada 2015 lalu.

Nah untuk Anda yang ingin menjadi bagian dari GrabBike, daftarkan segera diri Anda:

3. Uber Motor

daftar ojek online

Sama halnya dengan Go-Jek dan GrabBike, Uber Motor juga saat ini telah menjadi salah satu ojek ter-favorit di Jakarta.

Nama besarnya telah membuat masyarakat Jakarta khususnya begitu familiar ketika mendengar namanya.

Saat ini Uber mempunyai fitur baru bernama Hop-on.

Peluang ini didapatkan Uber ketika mengetahui banyak orang tak sabar menunggu ojek pesanan datang, sementara di sekitar sebenarnya banyak ojek yang sedang menunggu panggilan.

Fitur ini memungkinkan pengguna bisa langsung menyewa Uber Motor manapun yang ada di depan mata, tanpa perlu memesan lebih dulu menggunakan aplikasi dan menunggu driver datang.

Caranya mudah saja,

Buka aplikasi Uber, ketik destinasi, pilih “Uber Motor”, pilih metode pembayaran (tunai atau kartu kredit), tekan “pesan”, lalu yang paling penting tekan pilihan “Hop-on” yang muncul di layar berikut.

Sebuah PIN 6-digit akan ditampilkan di layar. Selanjutnya, pengguna cukup menunjukkan PIN ini ke pengemudi Uber Motor terdekat.

Setelah pengemudi memasukkan PIN, perjalanan bisa langsung dimulai.

Pembayaran dengan uang tunai bisa dilakukan di akhir perjalanan seperti biasa.

Dan kerennya lagi, fitur Hop-on juga bisa dipakai oleh pemilik smartphone yang tidak memiliki aplikasi Uber, alias bukan pengguna Uber.

Caranya adalah dengan mengirimkan SMS ke nomor 2000 dengan format sebagai berikut:

UBER<SPASI>NOMOR PONSEL

Sebagai contoh, UBER 08123456789. Lalu, kirimkan ke nomor 2000. Sebuah tautan ke laman internet Uber akan dikirimkan via balasan SMS dari nomor 2000.

Tautan ini harus di-klik untuk mendapatkan nomor PIN.

Kemudian, nomor PIN tadi diperlihatkan ke driver Uber Motor terdekat untuk dimasukkan ke dalam aplikasi.

Driver akan menanyakan tujuan, lalu mencarinya lewat aplikasi (di ponsel milik driver) untuk mendapatkan informasi rute dan tarif.

Setelah tarif disepakati, perjalanan bisa langsung dimulai.daftar ojek online

Dengan melihat fitur di atas mungkin Anda tertarik untuk segera menjadi partner Uber, maka silahkan daftarkan diri Anda di bawah ini:

Dari sekian penjelasan di atas tentang bagaimana cara daftar ojek online dan beberapa hal terkait ojek online mudah-mudahan bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda setelah membacanya.

Memang, hingga saat ini masih saja terjadi perdebatan antara sebagian yang merasa kehadiran ojek online merupakan hal yang bermanfaat, namun sebagian lainnya merasa dirugikan.

Apapun itu, kembali kepada kepentingan masing-masing untuk bisa menilainya.

Bagaimana menurut Anda?
Silahkan isikan di kolom komentar tentang pendapat Anda mengenai ojek online.

(Sumber gambar : www.google.co.id)

Leave a Comment