Cara Membuat Google Bisnisku (Google My Business) dengan Mudah

Daftar Google Bisnisku adalah salah satu cara agar usaha Anda diketahui banyak orang di Google Penelusuran dan Google Maps, sehingga kehadiran bisnis Anda bisa dengan mudah ditemukan pelanggan di internet.

Namun sebelum mendaftar, 3 hal ini seharusnya Anda pahami terlebih dahulu :

  1. Google Bisnisku hanya menampilkan usaha dilingkup wilayah lokal.
  2. Walau demikian, Google Bisnisku bisa sangat efektip dalam meningkatkan penjualan produk usaha Anda.
  3. Fitur ini 100% gratis.

Saya sendiri benar-benar telah merasakan manfaat dari Google Bisnisku. Karena itulah saya ingin membagikan untuk Anda bagaimana cara membuat atau mendaftar Google Bisnisku secara benar hingga verifikasi.

Dengan Anda mendaftar, ada beberapa keuntungan lain yang bisa diperoleh, diantaranya :

  • Bisnis Anda akan mudah ditemukan pada mesin pencari Google
  • Usaha Anda juga bisa dengan mudah dikenali pelanggan pada Google Maps
  • Anda bisa mendapat informasi secara rinci tentang data pengunjung bisnis Anda
  • Bisa meningkatkan penjualan Anda
  • Dan otomatis Anda akan mendapatkan profit bahkan diluar dugaan Anda

O iya, mungkin ada yang masih bingung dengan istilah penelusuran lokal itu seperti apa. Karena memang dalam Google Bisnisku hanya memberikan data di wilayah lokal saja.

Saya kasih gambaran agar Anda lebih mudah memahami,

Saya berada di wilayah Jakarta Barat, ketika saya mengetikkan keyword “undangan pernikahan” di mesin pencari, maka Google akan menampilkan usaha-usaha yang berkaitan dengan undangan pernikahan khusus di wilayah sekitaran Jakarta Barat saja.

Seperti gambar berikut :daftar google bisnisku

Jika Anda tertarik, Anda boleh mulai mendaftar sekarang. Silahkan ikuti panduannya.

Cara mendaftar yang saya lakukan adalah melalui desktop (PC). Namun jangan khawatir, ketika Anda mendaftar Google Bisnisku melalui smartphone Anda, semua tahapannya tetap sama.

Hanya beberapa tampilannya saja yang mungkin sedikit berbeda.

Cara Daftar Google Bisnisku dengan Beberapa Langkah Mudah

1. Login dengan Akun Gmail

Tentu saja, hal pertama yang harus dilakukan adalah login ke Google Bisnisku dengan menggunakan akun gmail. Jika Anda belum punya akun atau ingin membuat akun baru, silahkan kunjungi halaman ini : Buat Akun Gmail

Isi data yang diminta, lalu ikuti tahapan-tahapan selanjutnya.Karena membuat akun gmail sangat mudah, jadi saya tidak akan menjelaskannya lagi.

2. Isi Data

Setelah login, akan terbuka sebuah halaman dengan form pendaftaran yang semua datanya wajib Anda isi secara benar dan valid. Seperti gambar ini,

daftar google bisnisku

  1. Business name = Nama bisnis Anda
  2. Country / Region = Negara dimana usaha Anda berada
  3. Street address = Alamat jalan tempat bisnis Anda
  4. City = Kota tempat bisnis Anda
  5. Province = Kota provinsi tempat bisnis Anda
  6. Postal code = Kode post
  7. Main business phone = Nomor telepon bisnis Anda
  8. Category = Jenis kategori bisnis Anda
  9. Website = Blog atau situs bisnis Anda

I deliver goods and services to my customers at their location (Saya mengantarkan barang dan jasa kepada pelanggan saya di lokasi mereka.) = Anda boleh mengisi Yes atau No.

Lalu klik Continue,

3. Atur Posisi Maps

Anda diarahkan untuk menentukan posisi maps Anda dengan tepat. Klik Cancel jika ingin membatalkan, Reset untuk mengulang atau klik Done jika telah sesuai.

cara daftar google bisnisku

Pada pop up berikutnya, centang kotak : I am authorized to manage this business and i agree ..

Seperti pada gambar di bawah ini, lalu klik Continue.

cara daftar google bisnisku

Selanjutnya sebuah jendela kecil akan muncul dengan informasi mengenai alamat bisnis yang telah Anda isikan pada form di awal.

Google meminta Anda memverifikasi alamat tersebut dengan cara klik Mail/Surat atau memverifikasi nanti dengan klik tulisan Verify later.cara daftar google bisnisku

4. Masuk Dashboard Google Bisnisku

Ketika Anda meng-klik tulisan Verify later, maka Anda akan dibawa pada sebuah dashboard Google Bisnisku dimana Anda dapat mengedit dan mengelola bisnis Anda kapanpun melalui dashboard tersebut.

cara daftar google bisnisku

Sampai pada tahap ini, berarti Anda telah berhasil daftar Google Bisnisku dengan baik dan benar. Kini saatnya Anda melakukan Verifikasi kepemilikan Google Bisnisku.

Cara Verifikasi Google Bisnisku


Setelah mendaftar, maka langkah selanjutnya adalah memverifikasi kepemilikan Google Bisnisku yang telah sebelumnya Anda buat.

Silahkan ikuti tahapannya dengan baik.

[otw_shortcode_button href=”https://aink.web.id/cara-verifikasi-google-bisnisku/” size=”Large” icon_position=”left” shape=”radius”]Verifikasi Sekarang[/otw_shortcode_button]

Promosi Usaha Gratis dengan Google Bisnisku


Bagi para pelaku usaha, banyak cara dilakukan dalam mempromosikan usaha atau bisnisnya. Mulai dari cara yang gratis hingga yang berbayar.

Namun bagi pemula, tentu saja cara berbayar bukan pilihan terbaik. Sehingga promosi gratis selalu menjadi alternatifnya.

Ingin tahu cara mengelola Google Bisnisku secara tepat sehingga bisa menambah profit penghasilan Anda?

[otw_shortcode_button href=”https://aink.web.id/promosi-usaha-gratis-menggunakan-google-bisnisku/” size=”Large” icon_position=”left” shape=”radius”]Kelola Google Bisnisku[/otw_shortcode_button]

Leave a Comment